15 Cara Diet Alami dan Mudah Dilakukan

cara diet alami
cara diet alami

Seruni.id – Sebagian orang menganggap bahwa menurunkan berat badan adalah hal yang mudah, namun banyak pula yang merasakan jika menurunkan berat badan merupakan hal yang sangat sulit untuk mereka lakukan. Bagi mereka yang susah menurunkan berat badan, terkadang merasa percuma saja melakukan hal tersebut. Namun, menyerah bukanlah jalan keluarnya. Banyak cara diet alami yang dapat membantu kamu dalam proses penurunan berat badan.

cara diet alami
cara diet alami

Cara diet alami yang akan Seruni bahas ini, tentunya sangat mudah dan sederhana, tanpa harus merasa stres apalagi menguras kantong. Kuncinya adalah menerapkannya dengan konsisten dan penuh komitmen. Dan agar mendapatkan berat badan ideal tanpa harus melalui jalan medis seperti ke dokter, sedot lemak, ataupun mengonsumsi pil pelangsing. Kamu bisa mencoba cara diet alami dan cepat berikut ini:

1. Menentukan Target

Sebelum melakukan diet, kamu harus lebih dulu menentukan target yang akan kamu capai. Namun, jangan teralalu terobsesi menurunkan berat badan secara cepat. Misalnya 1 kilogram per minggu rasanya sudah cukup. Tetapkan pula target-target kecil seperti tidak mengonsumsi gorengan, tidak mengonsumsi makanan cepat saji, dan lainnya.

2. Berpikir Optimis

Selain menentukan target, tentunya kamu harus bisa mengontrol pikiran untuk menurunkan berat badan. Tetapkan pikiran yang positif dan optimis bahwa kamu akan kurus. Dan sebaiknya jangan membayangkan makanan-makanan yang dapat menggagalkan diet selama diet berlangsung.

3. Aktif Bergerak

Apakah kamu adalah salah satu orang yang malas bergerak? Jika iya, sebaiknya hentikan kebiasaan ini sekarang juga, yuk. Sebab, ketika kamu malas untuk bergerak, tentu saja tidak ada energi yang dapat dikeluarkan dari tubuh. Untuk tetap aktif bergerak, caranya sangatlah mudah.

Cara yang paling mudah untuk kamu lakukan adalah dengan berjalan kaki. Jika lebih sering ke mana-mana menggunakan kendaraan, mulailah berjalan kaki. Jangan hanya diam dan duduk saja. Mulailah lakukan hal-hal yang kelihatannya remeh seperti memarkir mobil jauh dari tempat yang dituju sehingga harus berjalan kaki terlebih dahulu, tidak menggunakan llift atau eskalator.

4. Pilih Makanan yang Tepat

Selama menjalani deit, kamu harus bisa menghindari makanan-makanan berlemak, berminyak, asin, ataupun manis secara berlebihna. Dengan memilih makanan yang tepat, tentu sangat berperan penting untuk menyukseskan diet yang sednag kamu jalani. Alih-alih melakukan diet, kamu justru mengalami kenaikan berat badan karena tidak mengatur makanan yang akan dikonsumsid engan tepat. Makanan kemasan dan gorengan dapat menjadi musuh yang dapat membuat diet kamu gagal.

5. Kunyah Makanan dengan Benar

Cara diet alami dan sehat selanjutnya adalah dengan memperhatikan cara mengunyah. Sebisa mungkin, kunyahlah makanan dengan benar. Setiap kamu makan dengan terburu-buru dan tidak mengunyahnya dengan baik, artinya kamu tidak memberikan waktu pada perut untuk mengirimkan sinyal kenyang menuju otak.

Oleh sebab itu, mengunyah dengan benar dapat membantu kamu merasa kenyang dan tidak makan berlebihan. Cara mudahnya, kamu bisa mengatur durasi makan. Sebagai contoh, beri waktu 15 menit untuk menghabiskan makanan kemudian berhenti beberapa saat. Dengan metode ini, kamu dapat memberi jeda waktu yang cukup pada proses penyimpanan sinyak kenyang menuju otak.

6. Perbanyak Minum Air Mineral

Air mineral sangat penting bagi kesehatan tubuh. Karena dapat membantu metabolisme tubuh, meningkatkan kinerja ginjal, membuang racun yang masuk ke dalam tubuh, membuat kulit tampak lembut dan cerah, serta membantu meningkatkan kinerja kerja otak. Selain manfaat-manfaat di atas, air mineral juga sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan. Jadi sebelum makan, sebaiknya minumlah satu gelas air mineral sehingga porsi makan akan berkurang. Cara diet alami dengan air putih ini adalah metode yang paling mudah, loh.

7. Hindari Makan Lebih dari Jam 6 Sore

Sarapan tentu membutuhkan porsi yang lebih banyak sebagai asupan energi kita selama satu hari penuh. Begitu juga dengan makan siang. Porsi makan siang haruslah lebih sedikit daripada sarapan. Begitupun dengan makan malam, karena aktivitas sudah selesai, kamu tidak perlu lagi mengonsumsi makanan berat. Kamu bisa mengganti nasi dengan sebuah apel. Atau jika memang hendak makan malam, jangan langsung tertidur setelah makan.

8. Menghindari Snack dengan Kandungan Gula Tinggi

Selain itu, kamu juga harus menghindari makanan dengan kandungan gula tinggi. Bacalah tabel gizi yang ada pada setiap kemasan snack yang akan kamu konsumsi. Mengonsumsi makanan yang mengandung gula berlebihan memiliki banyak risiko seperti diabetes, kolesterol tinggi, kecanduan ingin mekana manis, obesitas, gigi berlubang, serta penyakit lainnya. Dan jangan lupa, untuk menghindari minuman bersoda karena dalam minuman bersoda mengandung gula yang snagat tinggi.

9. Perbanyak Makanan yang Mengandung Serat

Cara diet alami selanjutnya adalah dengan mengubah porsi makan menjadi lebih sedikit. Kamu bisa memulainya sedikit demi sedikit agat terbiasa. Awalnya mungkin akan sangat sulit dan menyiksa. Namun, ketika kamu sudah terbiasa, kamu akan terdorong untuk memakan dengan porsi lebih besar ketika lapar. Porsi makan yang besar akan menimbulkan risiko obesitas.

10. Perbanyak Konsumsi Sayuran

Untuk menurunkan berat badan secara alami, mengonsumsi sayuran segar menjadi salah satu hal yang penting. Jadi, perbanyaklah sayuran dan simpan di dalam lemari es. Dengan begitu, nutrisi yang dimiliki sayuran tidak akan terbuang dan segera terkunci. Dengan menyimpan banyak sayuran segar di dalam kulkas, kamu akan merasa sayang membuangnya hanya untuk pesan makanan cepat saji.

11. Diet dengan Jeruk Nipis

Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Cobalah meminum air perasan jeruk nipis dengan air hangat di pagi hari setelah bangun tidur. Karena jeruk nipis dan air hangat adalah salah satu solusi alami untuk menurunkan berat badan. Jeruk nipis memiliki kandungan yang bermnafaat bagi kesehatan, diantaranya kaya akan vitamin C, dan kaya asam sitrat. Jadi, jangan ragu untuk menambahkan jeruk nipis sebagai daftar minuman yang bisa menurunkan berat badan.

12. Diet dengan Lemon

Selain dengan jeruk nipis, kamu juga bisa melakukan cara diet alami dengan lemon, loh. Jeruk lemon terkenal dengan rasanya yang sangat asam. Buah lemon tidak hanya mengandung vitamin C saja, tapi juga bisa membantu meningkatkan sistem pencernaan sekaligus membantu fungsi hati. Untuk membakar lemak perut berlebih, kunci utamanya adalah sistem pencernaan dan hati kita harus dalam keadaan sehat.

Cara membuat air lemon yang kaya serat, bebas lemak, rendah sodium, serta rendah kolesterol dinilai sangat tepat untuk membantu menurunkan berat badan dan mengecilkan perut buncit. Mengonsumsi buah lemon juga bisa membantu tubuh mengeluarkan racun dan menjaga keseimbangan hormon.

Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk minum air lemon. Kenapa? Karena saat tubuh belum mengonsumsi apapun, tubuh bisa melakukan proses detoksifikasinya dengan minum air perasan lemon yang dilarutkan dengan air hangat. Kerja dan fungsi hati bisa lebih ringan dan bisa mengoptimalkan proses penurunan berat badan.

Saat air perasan lemon dan air hangat dikonsumsi bersamaan, metabolisme tubuh akan meningkat. Efeknya pun akan membantu mengontrol nafsu makan dengan kebih baik. Lemak berlebih pun bisa dipecah dengan lebih optimal lagi.

Lemon dapat meningkatkan metabolisme dan mendukung alkalinitas-kapasitas air untuk menetralkan tambahan asam tanpa penurunan nilai pH larutan dalam tubuh. Selain air perasan lemon dan air hangat, ada minuman lemon lainnya yang bisa kamu minum untuk diet.

13. Mengonsumsi Teh Hijau

Mengonsumsi teh hijau dengan teratur merupakan salah satu cara diet alami mengecilkan perut. Sejak zaman dahulu, teh hijau dipercaya mampu menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan dan mengecilkan perut. Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, minumlah teh hijau dengan teratur sebelum kamu makan. Jangan lupa untuk memastikan bahwa kamu mengonsumsinya tanpa gula.

Dengan meminumnnya sebelum makan, otomatis akan membuat perut kamu terasa lebih kenyang saat makan, dan tentunya bisa mengurangi porsi makanmu. Selain itu, teh hijau mampu melancarkan metabolisme tubuh, termasuk metabolisme lemak, sehingga akan membantu menghilangan lemak pada tubuh. Dan teh hijau juga mengandung anti oksidan yang bermanfaat untuk mencegah kanker dan menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh.

14. Mengonsumsi Madu dan Jahe

Madu memang dikenal memiliki beragam khasiat untuk mencegah dan mengobati beberapa penyakit. Madu juga dipercaya untuk mengecilkan perut serta menurunkan berat badan. Sebab, di dalam madu terkandung zat yang akan membakar lemak tubuh secara tak langsung yaitu fruktosa.

Sedangkan jahe, secara alami mampu menekan nafsu makan, sehingga kamu bisa mengurangi asupan makan dengan mudah karena merasa tidak terlalu lapar. Cara membuatnya pun cukup mudah. Hanya tinggal mencampurkan 3 sendok makan madu dan 2 sendok makan perasan jahe ke dalam gelas dan diseduh dengan air panas. Minumlah 2 kali sehari.

15. Tidur yang Cukup

Kurang tidur dapat memperlambat metabolisme yang berarti pembakaran lemak pada tubuh pun akan terhambat. Dengan tidur yang cukup, metabolisme akan bekerja dengan baik dan juga membuatmu terhindar dari rasa lapar di malam hari. Apalagi ketika kamu kurang tidur, hormon leptin (hormon yang merangsang rasa lapar) dan hormon ghrelin menjadi terganggu.

Itulah 15 cara diet alami yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Namun, ada gak sih hal-hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan diet?

Hal yang Perlu Dilakukan Ketika Ingin Memulai Program Diet

Menerima Kondisi Fisik

Kunci diet pertama yang harus dilakukan adalah menyadarkan diri bahwa tubuh kita memang gemuk dan tidak sehat. Banyak orang yang melakukan pembenaran bahwa gemuk itu tidak masalah jika kamu tinggi, sudah berkeluarga, makmur, dan sebagainya. Padahal, dalam lubuk hati yang paling dalam, kegemukan membuat kamu serba susah.

Maka sadar akan kondisi fisik kamu terlebih dahulu itu sangat penting. Agar kamu memiliki keinginan untuk bangkit dan memiliki komitmen untuk berubah. Komitmen dan disiplin, menjadi dua sikap yang harus dimiliki seseorang yang ingin menurunkan berat badan.

Memperbaiki Pola Pikir

Dalam melakukan diet, kamu perlu memperbaiki pola pikirmu. Tanamkan pada diri bahwa kamu perlu melakukan perubahan menjadi pribadi yang lebih sehat. Sehingga ketika kamu sudah siap untuk memulai diet, kamu akan tahan terhadap segala macam godaan. Jangan lupa untuk selalu ingat apa tujuan utamamu untuk menurunkan berat badan. Sebab, diet adalah tantangan untuk mengalahkan diri sendiri dari menjaga komitmen.

Misalnya, ketika kamu sudah merasa kenyang dan seseorang menawarkan makanan berat yang lain, kamu harus berani untuk menolak. Latihlah otak untuk tahu kapan harus berhenti saat makan. Dan selalu motivasi diri kamu sendiri untuk berubah.

Ketahui Asupan Kalori yang Diperlukan

Diet bukan sekadar soal ukuran porsi yang kamu makan, tapi juga seberapa besar kalori yang kamu butuhkan sehari-hari. Jika jumlah kalori yang masuk lebih banyak dari kalori yang dikeluarkan, maka akan terjadi penumpukan lemak. Alhasilnya, kamu akan mengalami kelebihan berat badan.

Sama halnya ketika olahraga, ketahui berapa banyak kalori yang kamu bakar dan jumlah kalori yang kamu serap ketika makan nanti. Misalnya ketika olahraga jalan cepat sejauh 6 kilometer selama satu jam, maka kamu akan membakar kira-kira 380 kalori. Dari sini kamu tinggal menentukan durasi olahraga yang diperlukan.

Cara mengetahui jumlah kalori bagi tubuh cukup mudah. Gunakanlah aplikasi yang tersedia di android untuk menghitung kalori. Pada aplikasi tersebut kamu cukup memasukkan jenis makanan dan aplikasi akan menghitung kalori yang dihasilkan dari makanan tersebut.

Kenali Apa yang Kamu Makan

Mulai biasakan untuk mengenali makanan yang kamu makan, apakah banyak mengandung serat, kaya gula, berlemak, berprotein tinggi, dan lain-lain. Jangan sampai, ketika diet nanti kamu mengurangi berbagai jenis makanan dan akhirnya kekurangan gizi. Diet berkaitan erat dengan zat gizi yang dikonsumsi oleh tubuh. Saat tubuh mengalami kekurangan zat gizi dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan.

Misalnya karena sedang diet, setiap sedang makan hanya dipilih satu jenis makanan secara sembarangan, kentang saja atau telur saja. Alhasil tubuh kekurangan mendapatkan vitamin, yang seharusnya bisa diperoleh dari sumber makanan lain. Padahal vitamin dibutuhkan sebagai zat pengatur atau memperlancar proses metabolisme dalam tubuh.

Pasang Target Berapa Lama Diet Berlangsung

Jika kamu sudah siap dengan dasar-dasar untuk melakukan diet, hal berikutnya adalah memasang target kapan diet kamu akan berlangsung. Dengan menyusun target, kamu dapat mengetahui dan mengukur pencapaian dietmu.

Seperti contoh, kamu memasang target diet selama 3 bulan. Untuk mempermudah penghitungan, kamu bisa membagi 3 bulan ini menjadi dalam minggu. Dari pembagian tersebut terlihat bahwa kamu mendapatkan waktu 12 minggu untuk 3 bulan (asumsinya 1 bulan = 4 minggu).

Nah, dalam waktu 12 minggu itu, kamu bisa menetapkan setiap dua minggu turun 1 kilogram dan kalau diukur tiap minggu target kamu harus turun 0.5 kilogram. Penghitungan ini juga dapat memudahkan kamu untuk mengukur jumlah kalori yang akan diserap sehari-hari.

Ketahui Jenis Olahraga yang Akan Dipilih

Olahraga merupakan cara yang efektif untuk menurunkan berat badan saat diet. Sebelumnya, ketahui dahulu berapa kalori kamu sehari-hari sebelum olahraga. Jika sudah, kamu akan dengan mudah dapat menentukan barapa lama waktu yang dibutuhkan untuk olah raga.

Misalnya bila kamu ingin memilih olahraga jenis cardio, yaitu lari ringan atau jalan cepat. Jalan cepat sejauh enam kilometer selama satu jam akan membakar kira-kira 380 kalori. Dari sini kamu dapat menentukan apakah perlu ditambah durasi jalan cepatnya atau tidak untuk membakar kalori sesuai jumlah yang diinginkan.

Untuk hasil yang maksimal kamu juga dapat mengkombinasikan olahraga cardio dengan latihan beban. Sebab, latihan beban dapat bermanfaat untuk membangun massa otot dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Jangan Pasang Target Berat Badan pada Satu Angka

Hal terakhir yang perlu kamu siapkan sebelum memulai diet adalah jangan lupa untuk berpikir realistis. Dalam menentukan angka berat badan nantinya jangan terlalu presisi, misal harus di angka 45 kilogram tepat. Dikhawatirkan kamu justru akan stress karena terpaku satu angka. Solusinya, buatlah target berat badan dengan rentang seperti 45-46 kilogram.

Sebab, untuk mengukur normal berat badan dengan perhitungan Indeks Massa Tubuh (IMT) juga menggunakan rentang yaitu 18,5-22,9m2/kg. Pasalnya kondisi tubuh manusia sifatnya memang berubah-ubah. Terutama bagi tubuh wanita, yang di waktu tertentu (karena sistem hormonal) dapat menahan cairan tubuh lebih banyak (retensi) yang ujung-ujungnya bisa menyumbang berat badan.

Berikan Dukungan Kepada Kami Dengan Memberikan Rating

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.