6 Cara Jitu Mengatasi Stres Menjelang Pernikahan

6 Cara Jitu Mengatasi Stres Menjelang Pernikahan
mamapapa.id

Seruni.id – Stres menjelang pernikahan sering kali dikeluhkan oleh para pasangan yang hendak menikah, begitu pun dengan keluarganya. Sebab, banyak sekali yang harus diurus mulai dari undangan, dekorasi, baju, hingga pernak-pernik keluarga besar yang juga dipikirkan. Belum lagi adanya perbedaan keinginan antara dua belah pihak, karena sejatinya pernikahan adalah tentang dua keluarga besar yang akan bersatu.

6 Cara Jitu Mengatasi Stres Menjelang Pernikahan
meramuda.com

Segala yang terkait persiapan pernikahan tak jarang membuat calon pengantin penat. Terlebih bagi mereka ayng memilih mengurusnya sendiri, tanpa bantuan wedding planner. Biasanya tingkat stres akan semakin tinggi. Nah, oleh karena itu, untuk bisa mengatasi stres menjelang pernikahan tersebut, berikut ini Seruni akan memberikan tipsnya yang bisa kamu coba.

1. Fokus pada Tujuan Pernikahan

Agar terhindar dari yang namanya stres menjelang pernikahan, kamu dan pasangan sebaiknya fokus saja pada tujuan kalian menikah, yakni semata-mata untuk menjalankan ibadah dan menyempurnakan separuh agama. Hindari memikirkan yang tidak penting, seperti keinginan atau ekspektasi dari orang lain. Sebab, hal tersebut hanya membuatmu merasa terbebani.

Tak ada larangan untuk melangsungkan pernikahan secara mewah atau sederhana. Namun, apa pun konsep yang ingin kamu terapkan pada pernikahan nanti sebaiknya dibicarakan terlebih dahulu, agar nantinya tidak menjadi perdebatan panjang. Tapi kembali lagi, tetaplah fokus pada tujuan menikah itu sendiri.

2. Tidak Mengurus Pernikahan Sepenuhnya

Meskipun ini adalah pernikahan kamu dan pasangan, bukan berarti kalian harus mengurus segala sesuatunya sendiri. Sejatinya kita hanyalah manusia biasa dengan segala keterbatasan. Kamu bisa mulai mempercayakan urusan acara pernikahan seutuhnya pada wedding organizer yang berpengalaman, tentu tetap sesuai dengan rahanmu.

Namun, jika budget tidak mencukupi, tak ada salahnya untuk meminta bantuan keluarga atau sahabatmu. Sehingga kamu tidak perlu menanggung beban tersebut berdaua saja. Bukankah hal ini akan menjadi lebih ringan?

3. Berpikir Positif

Mengatasi stres menjelang pernikahan, bisa kalian atasi dengan tetap berpikir positif. Meski tak bisa dipungkiri, rasa khawatir akan bermunculan. Seperti khawatir catering kurang, acara tak berjalan sesuai rencana, dan kekhawatiran lainnya.

Tapi, jangan biarkan hal tersebut terus berlarut dan memenuhi pikiranmu. Cobalah tenangkan dirimu dan berpikir positif. Karena berpikir negatif hanya akan membuatmu lebih stres menjelang pernikahan. Salah satu caranya adalah dengan menuliskan hal-hal apa saja yang membuatmu khawatir, kemudian sesuaikan dengan persiapan yang telah kamu lakukan.

4. Jalani Hari Seperti Biasa

Selain berpikir positif, untuk mengatasi stres menjelang pernikahan cobalah lakukan kegiatan seperti kamu menjalani hari dengan normal. Usahakan tidak memforsir diri dan pikiranmu. Di tengah kesibukan mempersiapkan pernikahan, luangkanlah waktu untuk me time, seperti berendam dengan air hangat, jogging, bersepeda, atau melakukan hal-hal yang menurutmu menyenangkan.

5. Lakukan Persiapan

Sebelum datangnya hari H pernikahanmu, persiapkanlah dirimu terlebih dahulu untuk segala kemungkinan yang akan terjadi. Sebab, sekalipun semua sudah dipersiapkan dengan matang, belum tentu berjalan dengan lancar dan sempurna.

Jadi, berpikirlah realistis tentang apa yang bisa terjadi. Misalnya cuaca buruk, jerawat yang tiba-tiba muncul, penghulu yang datang terlambat, atau pengisi acara yang tiba-tiba berhalangan hadir. Selalu persiapkan planning B untuk berjaga-jaga jika ada hal buruk terjadi. Dengan begitu, stres menjelang pernikahan pun akan berkurang.

6. Istirahat

Stres menjelang pernikahan seringkali terajdi akibat kurangnya istirahat dan tubuh terlalu diforsir. Cara paling jitu untuk mengatasi stres menjelang pernikahan adalah dengan istirahat. Bukan sekadar istirahat fisik saja, tapi cobalah untuk membebaskan pikiranmu dari segala hal yang berakaitan dengan pernikahan untuk sementara waktu.

Baca Juga: 8 Tema Pernikahan Paling Berkesan untuk Hari Spesialmu

Itulah cara jitu mengatasi stres menjelang pernikahan yang bisa kamu dan pasangan lakukan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk para calon pengantin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.