6 Cara Melawan Rasa Kantuk Ketika Puasa

okaydoc.com

Seruni.id – Ketika sedang berpuasa, rasa ngantuk selalu menyapa. Salah satu faktor penyebabnya adalah siklus tidur yang berubah. Jika biasanya kopi menjadi penangkal rasa kantuk tersebut. Di bulan Ramadan ini, tentu kamu harus mencari cara lain. Kira-kira bagaimana cara yang ampuh untuk mengatasi rasa kantuk ketika puasa? Simak tips-tipsnya berikut ini, ya.

Hasil gambar untuk rasa kantuk saat berpuasa
wartabromo.com

Bergerak atau Berjalan Kaki

Biasanya, rasa kantuk yang kita rasakan di siang hari disebabkan karena otak kekurangan oksigen. Nah, untuk menangkal rasa ngantuk tersebut, kamu bisa menggerakkan tubuh ataupun berjalan kaki. Sebuah survei ratusan orang di Amerika membuktikan, bahwa berjalan kaki selama 10 menit dapat meningkatkan energi tubuh hingga dua jam ke depan. Selain itu, jalan-jalan juga mampu memompa oksigen menuju pembuluh darah, otak, serta otot.

Latihan Pernapasan

Selain bergerak dan berjalan kaki, juga membutuhkan latihan pernapasan, loh. Caranya, carilah posisi tubuh senyaman mungkin. Lalu, duduk dengan punggung tegak dan tangan memegangi perut. Kemudian, tarik napas dalam-dalam secara perlahan sampai perut terisi udara cukup penuh. Dan hembuskan perlahan melalui mulut. Lakukan cara ini selama beberapa kali sampai tubuh dan pikiran terasa lebih tenang.

Mencuci Muka atau Basuh Kaki dengan Air Dingin

Jika rasa kantuk masih tetap dirasakan, kamu bisa mencuci muka. Atau agar ibadah puasa bisa lebih bermanfaat lagi, kamu bisa berwudu dan menunaikan salat dhuha misalnya. Selain itu, kamu juga bisa mencoba mencuci kaki dengan air dingin untuk membuat tubuh menjadi segar kembali. Wajah yang semula kusut karena ngantuk yang tak tertahankan, bisa kembali tampak segar setelah dibasuh air dingin, loh.

Keluar dari Ruangan dan Mencari Suasana yang Berbeda

Seringkali rasa kantuk datang disebabkan karena rasa bosan kita terhadap sesuatu hal. Seperti kita melihat objek yang itu-itu saja. Untuk menghilangkan rasa mengantuk itu, cobalah keluar dari ruangan dan mencari suasana baru, carilah pemandangan yang berbeda atau lihat tanaman hijau yang membuat mata kembali segar. Lakukan cara ini berulang-ulang sampai kantukmu menghilang.

Meditasi Sejenak

Meditasi dapat membuat tubuh kita menjadi rileks dan juga membuat tubuh segar kembali, loh. Saat didera rasa kantuk saat berpuasa, kamu bia melakukan meditasi sederhana dengan melakukan beberapa latihan pernapasan yang efeknya nanti tubuhmu akan terasa lebih segar. Kemudian, mendengarkan musik-musik dengan ritme yang membuatmu lebih bersemangat.

Mengobrol dan Tertawa

Berdiam diri dan hanya terfokus pada suatu hal tentu akan membuat mata kita menjadi lelah dan cepat mengantuk. Nah, jika ingin menghilangkan rasa kantuk ketika sedang berpuasa, luangkanlah waktu sejenak untuk mengobrol dengan rekan kerja. Tapi ingat, mengobrol yang dimaksud di sini, bukan untuk mengghibah, ya. Tapi membicarakan sesuatu hal yang bisa membuat suasana mencair. Jika tidak memungkinkan, kamu bisa mencari tempat yang nyaman lalu menonton video lucu. Dengan mengalihkan perhatian melalui obrolan dan tawa, rasa kantuk akan hilang dengan sendirinya, loh.

Untuk mengantisipasi atau mencegah rasa kantuk berlebihan selama puasa, kita bisa melakukan bebrapa hal. Seperti mengatur jam tidur yang cukup setiap malam, makan sahur yang cukup (tidak sampai terlalu kenyang), serta meluangkan waktu beberapa menit olahraga ringan setiap hari. Tetap semangat ya menunaikan ibadah puasa selama Ramadan. Semoga semua ibadah yang kita lakukan berbuah berkah dan pahala berlipat. Aamiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.