5 Cara Membuat Amplop Lebaran Sendiri, Simpel dan Lucu

  • Bagikan
5 Cara Membuat Amplop Lebaran Sendiri, Simpel dan Lucu
journal.moselo.com

Seruni.id – Salah satu tradisi saat idulfitri adalah memberikan Tunjangan Hari Raya alias THR. Biasanya, orang yang lebih tua akan menyiapkan amplop yang berisi sejumlah uang, untuk diberikan kepada adik, keponakan, tetangga, atau kerabat lainnya. Nah, agar kamu lebih hemat, cobalah membuat amplop lebaran sendiri di rumah. Untuk membuatnya, kamu tak perlu menggunakan banyak bahan-bahan kok. Berikut ini beberapa ide DIY (Do It Yourself) amplop lebaran bermodalkan barang sederhana, yang unik dan simpel.

1. Amplop Lebaran dari Kertas Kado

Sebenarnya, membuat amplop berbahan kertas kado itu sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan kertas kado bermotif, kemudian buatlah pola di atas kertas kado tersebut. Setelah itu, guntinglah sesuai pola, lalu lipat. Nah, agar kertas tidak mudah terbuka, jangan lupa untuk memberikan lem, ya.

 

2. Amplop Lebaran Berbahan Kertas Origami

Kalau kamu punya banyak stok kertas origami, tak ada salahnya untuk dimanfaatkan menjadi amplop yang unik dan lucu. Untuk membuat amplop lebaran berbahan origami ini, sangat mudah, loh. Kamu cukup memberikan sedikit lipatan pada setiap sisinya dan juga memberikan lem untuk merekatkannya. Lalu, kertas origamimu siap untuk digunakan kembali menjadi barang yang berguna di hari raya nanti. Agar lebih menarik, kamu juga bisa memberikan stiker atau gambar di bagian depan amplop.

 

3. Amplop Lebaran dari Kain Flanel

Tahukah kamu? Ternyata kain flanel juga bisa kamu manfaatkan untuk membuat amplop, loh. Kamu bisa mengkreasikan kain flanel menjadi berbagai bentuk yang lucu. Kamu hanya membutuhkan kain flanel, gunting bergerigi, lem tembak, dan aksesoris tambahan jika diperlukan. Amplop berbahan flanel ini tentu berbeda dari yang lainnya. Terlebih, amplop ini juga lebih awet daripada yang berbahan kertas.

 

4. Amplop Lebaran dari Korab atau Majalah Bekas

Kamu punya koran atau majalah yang sudah tidak terpakai? Jangan dibuang dulu, ya. Koran atau majalah tersebut ternyata masih bisa kamu manfaatkan, loh. Salah satunya bisa dijadikan sebagai amlop. Bukan hanya hemat, amplop ini juga akan memberikan kesan yang estetik dan berbeda dari yang lainnya. Untuk membuatnya, kamu hanya memerlukan bahan-bahan sederhana, seperti lem, gunting, koran atau majalah, dan stiker untuk mempercantik.

 

5. Amplop Lebaran dari Kertas HVS

Membuat amplop sendiri, tentunya akan lebih menyenangkan. Karena kamu bisa berkreasi sesuai dengan keinginanmu. Selain dari bahan-bahan di atas, kamu juga bisa menggunakan kertas HVS berwarna yang sudah tidak terpakai untuk dijadikan amplop. Cara membuatnya, kamu hanya perlu melipat bagian setiap sudut hingga membentuk seperti amlpop. Kemudian beri lem pada bagian yang diperlukan sehingga membentuk lidah amplop. Setelah itu, amplop siap digunakan.

Baca Juga:

Jadi, itulah lima cara membuat amplop lebaran sendiri di rumah, yang unik dan mudah. Selamat mencoba, ya!

  • Bagikan