Cara Membuat Scrub dari Bahan Alami untuk Membasmi Komedo

Cara Membuat Scrub dari Bahan Alami untuk Membasmi Komedo

Seruni.id – Komedo dan bintik hitam pada wajah kerap membuat tidak nyaman. Seperti halnya jerawat, komedo juga sangat memengaruhi tampilan wajah. Namun, kamu bisa loh membasminya hanya dengan scrub dari bahan alami, yang aman dan pastinya ampuh untuk menghilangkan masalah komedo yang membandel.

Apalagi bahannya sangat mudah kamu dapatkan. Tentunya kamu sudah tak sabar kan untuk menghilangkannya secara cepat? Maka dari itu, yuk simak cara pembuatannya berikut ini.

1. Campuran Garam dan Lemon

Cara Membuat Scrub dari Bahan Alami untuk Membasmi Komedo

Kedua bahan ini dikenal sebagai srcub wajah antibakteri, baik untuk membersihkan kulit dan menjadikannya lebih segar, serta bebas dari kotoran. Lemon sangat efektif untuk membersihkan kotoran dan debu yang menempel pada wajah, karena menagndung asam sitrus, sehingga tidak hanya bisa mencegah komedo, tapi juga jerawat.

Selain itu, aroma buah lemon pun bisa membuat wajahmu jadi lebih segar. Sedangkan garam mengandung sifat antibacterial yang dapat membunuh kuman dan bakteri penyumbat pori, dan juga mengangkat kotoran dan sel kulit mati yang ada pada wajah.

Cara membuat:

  • Campurkan satu sendok teh garam dengan setengah sendok teh perasan air jeruk lemon. Kemudian tambahkan satu sendok teh air bersih dan aduk hingga merata.
  • Setelah itu, kamu bisa langsung mengaplikasikan scrub ke area wajah dengan lembut sambil memijat halus. Bilsa dengan air hangat kemudian air dingin, sebelum akhirnya mengusap dengan handuk bersih yang lembut.

2. Oatmeal

Cara Membuat Scrub dari Bahan Alami untuk Membasmi Komedo

Menurut sebuah artikel yang dimuat oleh Journal of Drugs in Dermatology, oatmeal kaloid memiliki sifat anti-inflamasi, penglupasan kulit, serta menenangkannya. Oatmeal bisa kamu jadikan sebagai scrub dari bahan alami yang sangat efektif dalam membasmi komedo pada wajahmu, loh.

Cara membuat:

  • Campurkan dua sendok makan oatmeal, tiga sendok yogurt alami, dan 1 sendok makan minyak zaitun.
  • Kemudian, oleskan pada kulit yang sudah kamu bersihkan sebelumnya hingga sedikit lembap.
  • Biarkan selama lima menit, kemudian bilas hingga bersih.

3. Brown Sugar dan Madu

Cara Membuat Scrub dari Bahan Alami untuk Membasmi Komedo

Madu mengandung antiseptik alami yang akan membunuh kuman dan bakteri penyumbat pori, juga sebagai pelembap alami. Sedangkan brown sugar mampu mengelupas sel kulit mati serta mengandung alpha hydroxyl acids yang dapat menghilangkan racun dan kuman pada pori-pori kulit wajah.

Cara membuat:

  • Pertama-tama, campurkan satu sendok makan brown sugar dan satu sendok makan madu.
  • Aplikasikan pada aera wajah tanpa mengenai mata dan mulut, lalu gosok-gosok lembut dengan gerakan memutar selama 2-5 menit.
  • Jika sudah, kamu bisa langusng membilasnya dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih. Jika kulit terasa kering, kamu bisa mengoleskan sedikit minyak zaitun setelahnya.

4. Beras

Cara Membuat Scrub dari Bahan Alami untuk Membasmi Komedo

Selain menjadi makanan pokok kita sehari-hari, beras juga bisa dijadikan sebagai srcub dari bahan alami, loh. Scrub yang satu ini sangat ampuh untuk membersihkan sel kulit mati serta komedo yang membandel. Cara membuat srcub dari bahan alami yang berikut ini sangat simpel, apalagi bahannya pun mudah ditemukan.

Cara membuat:

  • Rendam beras semalaman atau setidaknya kurang lebih lima jam.
  • Jika sudah, haluskan beras hingga menjadi adonan kental, selanjutnya gunakan untuk menglupas kulit mati dengan mengaplikasikannya merata ke seluruh wajah sambil menggosoknya secara perlahan.
  • Setelah itu, bilas wajahmu hingga bersih.

5. Bubuk Kunyit dan Mint

Cara Membuat Scrub dari Bahan Alami untuk Membasmi Komedo

Scrub dari bubuk kunyit dan daun mint juga ampuh mengurangi bintik-bintik kecil yang tersebar di permukaan kulit wajah

Cara membuat:

  • Campurkan bubuk kunyit dengan dua sendok makan sari daun mint, aplikasikan padabagian yang terdapat banyak komedo, lalu pijat halus.
  • Biarkan mengering selama beberapa menit dan bersihkan dengan air hangat kuku.

6. Putih Telur

Cara Membuat Scrub dari Bahan Alami untuk Membasmi Komedo

Bagian putih telur memiliki sifat untuk mengencangkan kulit, sehingga dapat membantumu dalam mengurangi munculnya komedo yang menganggu.

Cara membuat:

  • Campurkan tiga putih telur dengan dua sendok makan air perasan lemon.
  • Oleskan masker (akan berantakan) untuk membersihkan kulit menggunakan jari tangan atau kuas cat yang bersih dan lembut.
  • Biarkan masker mengering dan aplikasikan lapisan kedua. Bilas setelah 20 menit.

Baca Juga: 8 Makanan Penyebab Komedo yang Sering Tak Disadari

Meskipun scrub dari bahan alami bisa berguna untuk membersihkan dan menutrisi kulit, akan tetapi penggunaan secara berlebihan justru dapat memperparah kondisi komedo.

Agar perawatan untuk menghilangkan komedo dengan menggunakan scrub dari bahan alami menjadi efektif, sebaiknya gunakan scrub tidak lebih dari 2-3 kali dalam seminggu. Selamat mencoba, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.