7 Cara Memuliakan Orangtua Menurut Islam

7 Cara Memuliakan Orangtua Menurut Islam
hipwee.com

Seruni.id – Sebagai seorang anak, semestinya kita sudah tahu bagaimana cara memuliakan orangtua. Sebab, menghormati dan memuliakan orangtua menjadi pedoman bagi umat muslim, terlebih lagi berbuat baik kepada ibu yang sudah melahirkan dan merawat kita sejak kecil.

7 Cara Memuliakan Orangtua Menurut Islam

 

 

Perlu dipahami, bahwa memuliakan orangtua termasuk ke dalam amalan utama yang harus dilakukan. Hal ini sebagaimana yang terkandung dalam Al-Qur’an dan hadis berikut,

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada Ibu Bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ‘ah’ dan janganlah kamu membentak mereka, dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah, “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.” – (QS. Al Isra: 23-24).

Nah, pada kesempatan kali ini, Seruni akan merangkum beberapa cara dan contoh memuliakan dan berbakti kepada orang tua. Yuk disimak ulasannya berikut ini:

1. Bersikap Rendah Hati dengan Bertutur Kata Baik

Cara memuliakan orangtua yang pertama adalah dengan bersikap rendah hati dan bertutur kata lembut. Namun sayangnya, sikap anak kepada orangtua menurut Islam ini, sering kali terbaikan. Terlebih, saat mengalami konflik dengan orangtua. Gejolak emosi yang membara, kerap membuat seseorang tak kuasa menahan kata-kata kasarnya, bahkan melakukan hal yang mungkin tidak disukai oleh orangtuanya.

Sedangkan, Islam telah memberikan cara memuliakan orangtua dan menghormatinya, loh. Yakni dengan bersikap endah hati dengan bertutur kata yang baik. Berkomunikasilah menggunakan kalimat positif dan sopan santun. Allah pun berfirman:

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia” – (QS. Al Isra: 23).

2. Mendoakan Mereka

Mendoakan orangtua merupakan salah satu cara memuliakan mereka, loh. Kalian bisa mendoakannya pada selesai shalat maupun setiap saat. Berdoalah kepada-Nya agar orangtua diberikan usia yang berkah, kesehatan, hingga rezeki yang melimpah. Meski mereka telah tiada, doa yang dipanjatkan tidak boleh terputus. Sebab, doa anak sholeh pahalanya akan terus mengalir, walaupun orangtuanya telah meninggal dunia.

“Apabila seseorang mati, seluruh amalnya akan terputus kecuali 3 hal: sedekah jariyah, ilmu yang manfaat, dan anak sholeh yang mendoakannya.” (HR. Muslim 1631, Nasai 3651, dan yang lainnya).

Adapun doa memohonkan ampunan untuk kedua orang tua kita ;

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ،اَلْاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Artinya: “Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu.”

3. Berbuat Baik dan Memprioritaskan Orangtua

Salah satu cara memuliakan orangtua, yakni selalu berbuat baik kepada mereka dan selalu memprioritaskan kebutuhannya. Usahakan agar mendahulukan kepentingan orangtua, daripada kepentingan diri sendiri.

Perlu diingat, bahwa menghormati dan mengutamakan terhadap kedua orangtua merupakan sumber berkah dan rida dari Allah. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang menyebutkan bahwa surga berada di bawah kedua kaki seorang ibu, sehingga anak pun harus selalu mengabdi kepadanya.

4. Membantu Mewujudkan Impian Orangtua

Bayangkan deh berapa banyak waktu, materi, dan tenaga yang dimiliki orangtua untuk mengurus kita sejak kecil? Sebanyak apa pun uang yang kita miliki, rasanya tak cukup untuk membalas jasa tulus mereka yang membesarkan dan mendidik kita tanpa lelah.

Oleh sebab itu, sebaiknya selalu berbuat baiklah dengan berusaha menyenangkan hati keduanya, ya. Lakukanlah setiap apa yang orangtua minta. Bahagiakanlah mereka dan berikan dukungan agar bisa mencapai impian mereka yang tertunda. Menjelang masa tua, banyak-banyaklah membantu orangtua untuk mewujudkan keinginan mereka yang mungkin belum tercapai.

5. Melaksanakan Segala Perintah Orangtua

Berbakti dan memuliakan orangtua memang sudah semestinya dilakukan oleh seorang anak. Salah satu caranya adalah dengan menghormati mereka dan melaksanakan segala apa yang diperintahkannya.

Selama perintah tersebut tidak keluar jalur dan tidak bertentangan dengan syariat Islam, maka wajib untuk mengikuti dan mematuhinya. Sebagaimana berbakti kepada kedua orangtua sangat berpengaruh dalam kunci kesuksesan anak-anaknya. Rasulullah SAW bersabda:

“Doa orangtua untuk anaknya sama seperti doa nabi terhadap umatnya.” – (HR. Ad Dailami).

6. Merawat Saat Usia Senja

Cara memuliakan orangtua berikutnya adalah dengan merawatnya ketika memasuki usia senja. Jangan biarkan mereka hidup telantar dan berjuang sendirian. Meskipun merawat orang tua memang tidaklah mudah tapi setiap usaha yang dilakukan percayalah akan mendatangkan pahala yang berlipat.

“Sungguh terhina, sungguh terhina, sungguh terhina.” Ada yang bertanya, “Siapa, wahai Rasulullah?” Beliau bersabda, ”(Sungguh hina) seorang yang mendapati kedua orang tuanya yang masih hidup atau salah satu dari keduanya ketika mereka telah tua, namun justru ia tidak masuk surga.” (HR. Muslim no. 2551)

7. Memberi Nafkah dan Memberikan Kehidupan yang Layak

Tidak ada yang bisa menggantikan atau membayar pengorbanan orangtua. Meski begitu menjadi kewajiban bagi setiap anak untuk memberikan nafkah yang halal kepada orang tuanya.

“Mereka bertanya kepadamu tentang apa yang mereka infakkan. Jawablah, “Harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu bapakmu, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan. Dan apa saja kebajikan yang kamu perbuat sesungguhnya Allah maha mengetahui” (Al-Baqarah: 215).

Baca Juga: 35 Kata-kata Cinta untuk Orangtua dari yang Termanis Hingga Tersedih

Demikianlah ketujuh cara memuliakan orangtua menurut ajaran agama Islam yang bisa dijadikan panutan. Yuk, menjaga dan menyayangi mereka sebagaimana kasih sayang mereka sejak kecil hingga sekarang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.