7 Cara Menabung Yang Benar dan Mudah

cara menabung yang benar
cara menabung yang benar

Cara Menabung yang Benar

Seruni.id – Kita pasti pernah mendengar pepatah “hemat pangkal kaya“. Meskipun hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena investasilah yang membuat kaya.

Tetapi, bagaimana bisa berinvestasi kalau kita saja masih malas untuk menabung? Itulah pentingnya untuk menabung sejak dini. Nah, untuk yang masih bingung gimana cara menabung yang benar, kali ini Seruni akan membagikan tipsnya berikut ini:

Sisihkan Pendapatan

Banyak orang yang berpikir untuk menyisihkan pendapatan mereka jika kebutuhannya telah terpenuhi. Sayangnya, hal tersebut bukanlah cara yang tepat. Jika kamu terus berpikir seperti itu, kamu tidak akan bisa menyisihkan uang untuk menabung, karena pasti ada saja pengeluaran yag datang tiba-tiba. Cara menabung yang benar yaitu, saat kamu menerima gaji atau keuntungan dari usaha yang kamu jalani, segera sisihkan untuk ditabung. Simpan uang tabungan itu di bank agar tidak mudah terpakai. Usahakan untuk menyisihkan uang tabungan dengan nominal yang cukup, jangan terlalu kecil.

Hemat

Salah satu cara menabung yang benar adalah dengan belajar berhemat. Bagi kamu yang boros dan gemar belanja, berhemat merupakan hal yang berat dan sulit dilakukan. Namun, jika sudah memiliki niat, maka tidak akan sulit untuk berhemat. Dari kebiasaan berhemat inilah kamu bisa lebih pandai memilih suatu hal yang memang benar-benar dibutuhkan atau sekedar memenuhi hasrat keinginan semata.

Jangan Menggunakan Kartu Kredit

Hindari penggunaan kartu kredit jika kamu berniat untuk menabung. Karena dengan menggunakan kartu kredit, kita tidak akan merasa bahwa jumlah uang kita sedikit dan kita akan merasa bebas belanja tanpa takut kahabisan uang. Memang akan lebih mudah, akan tetapi kamu harus ingat dengan tagihan hutang di akhir bulan. Menggunakan kartu kredit itu bagaikan “ngutang” dan sangat mematikan finansialmu. Jadi, gunakan kartu kredit dengan bijak, ya.

Beli Barang yang Memiliki Nilai Jual Kembali

Cara menabung yang benar selanjutnya yaitu dengan membeli barang yang memiliki nilai jual kembali. Contohnya, kamu bisa menyisihkan uang untuk membeli sepeda motor, atau bisa juga dengan membeli perhiasan. Dengan begitu, uang yang kamu miliki tidak akan terbuang sia-sia tanpa hasil. Kamu bisa melihat uangmu dalam bentuk barang tertentu yang lebih berharga.

Membuat Skala Prioritas

Membuat skala prioritas sangatlah penting untuk mengetahui dan menetukan mana kebutuhan yang sangat penting dan mendesak dan mana yang tidak. Cobalah untuk membuat list semua kebutuhan dan keinginan secara terpisah. Kamu bisa menjadikan daftar tersebut sebagai pedoman untuk belanja lebih bijak. Belilah mulai dari kebutuhan yang memang benar-benar sedang dibutuhkan.

Menabung Emas

Menabung emas tidak harus memiliki biaya yang banyak besar kok. Kamu bisa datang ke pegadaian ataupun bank dan kemudian membuat rekening tabungan emas. Tapi sebelumnya kamu bisa membuat target berapa emas yang ingin kamu miliki dalam waktu satu tahun.

Menyisihkan Uang Receh

Jika beberapa cara di atas masih sulit kamu lakukan, kamu bisa menggunakan cara yang terkahir ini, yaitu menabung uang receh. Cukup mudah, kan? Nilainya memang terlihat kecil, tetapi kalau kamu rajin dan rutin tabungannya pun akan menjadi banyak. Dan dengan uang tersebut kamu bisa membeli apa saja yang dibutuhkan. Agar lebih mudah, kamu bisa menyiapkan wadah dengan beragam ukuran buat nampung uang kamu itu. Pertama kamu bisa sediakan wadah kecil biar makin semangat karena lihat wadah tersebut makin penuh. Kemudian, lanjutkan dengan wadah lebih besar dan lebih besar lagi.

Itulah cara menabung yang benar. Semoga bisa membantu kamu yang selama ini masih kesulitan untuk menabung.

Kamu telah membaca artikel berjudul :

7 Cara Menabung Yang Benar dan Mudah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.