Cara Mencatok Rambut Curly yang Tahan Hingga Tiga Hari

  • Bagikan
Cara Mencatok Rambut Curly yang Tahan Hingga Tiga Hari
diary.marshabeauty.com

Seruni.id – Cara mencatok rambut curly itu sebenarnya tidak sulit. Hanya saja, kita sering menggunakan teknik yang kurang tepat, sehingga hasil catokan tidak bertahan lama. Dengan teknik yang tepat, tidak hanya menghasilkan rambut bergelombang indah saja, tapi juga tahan lama.

Cara Mencatok Rambut Curly yang Tahan Hingga Tiga Hari
cewekbanget.grid.id

Walaupun catokan adalah alat khusus yang kerap digunakan untuk meluruskan rambut. Namun, dengan teknik yang tepat, catokan juga bisa menjadi alat untuk membuat rambut menjadi bergelombang. Bagaimana caranya? Langsung saja simak langkahnya berikut ini.

 

1. Beach Wave Tutorial by HeyKayli

Cara mencatok rambut curly yang pertama ini direkomendasikan oleh HyKayli. Dengan tutorial beach wave ini, akan membuat rambut lebih bertekstur dan bervolume tanpa harus melakukan hair extention. Taknik ini dapat diterpakan oleh pemilik rambut panjang maupun pendek, tentunya dengan hasil yang sempurna. Cara melakukannya cukup mudah.

Langkah-langkah:

  • Jepit sebagain rambut sebelum menatoknya.
  • Kemudian, putar catokan setengah putaran, dan tarik ke bawah.
  • Lakukan pada seluruh bagain rambut.
  • Agar mendapatkan hasil maksimal dan natrual, sisir rambut dengan jari-jari tangan.

 

2. Easy Lower Curls

Cara mencatok rambut curly berikut ini direkomendasikan oleh Molita Lin, yaitu seorang beauty vlogger asal Indonesia. Dengan teknik ini, akan membuat rambutmu bervolume seketika dengan rambut bagian bawah terlihat curly. Teknik ini cocok sekali diterapkan oleh kamu yang memiliki rambut dengan potongan layer, sehingga bagian yang curly akan membentuk rambut menjadi lebih indah.

Langkah-langkah:

  • Pertama-tama, jepit sebagian rambut.
  • Catok rambut dari ujung menuju bagian bawah.
  • Setelah hampir sampai pada bagian bawah, putarlah catokan ke bagian dapat untuk menciptakan kesan curly.
  • Lakukan pada seluruh bagian rambut.
  • Lagi-lagi kamu harus menyisirnya menggunakan jari untuk mendapatkan hasili yang maksimal dan rambut tidak rusak.

 

3. Loose Curl

Tutorial mencatok rambut curly terakhir yang dibagian oleh seorang YouTuber bernama Melissa ini, tak kalah cantik dengan tutorial sebelumnya. Melissa menunjukkan bagaimana cara membuat rambut agar bergelombang atau loose curls. Jika sebelumnya pada tutorial Molita Lin, bagian gelombang hanya terdapat di bagian bawah. Maka di tutorial ini akan diajarkan cara membuat gelombang dari bagian tengah rambut.

Langkah-langkah:

  • Jepit sebagian rambut.
  • Lakukan pencatokan rambut dari ujung dan putar catokan 2 kali putaran.
  • Lalu, tarik catokan ke bagian bawah rambut.
  • Agar mendapatkan hasil sempurna, disarankan untuk menggunakan catokan dengan plat lebar.

 

Tips Agar Hasil Catokan Rambut Curly Bertahan Lama

Tahu cara mencatok rambut curly saja ternyata tidaklah cukup. Kamu juga harus tahu bagaimana cara membuat hasil catokan bisa bertahan lama. Seruni juga ingin membagikan tips agar hasil catokan bertahan lama, langkah yang bisa kamu lakukan adalah:

 

1. Hindari Meng-curly Rambut Setelah Keramas

Sesaat setelah keramas, jangan coba-coba untuk melakukan curly rambut, ya. Sebaiknya lakukanlah setelah beberapa hari keramas. Sebab, minyak alami di rambut akan memberikan tekstur lebih halus, sehingga hasil curly akan tahan lama. Kalau kamu khawatir akan mengalami penumpukan minyak yang memicu munculnya bau, kamu bisa menyemprotkannya dengan dry shampoo sebelum bepergian. Tidak disarankan untuk menggunakan kondisioner setelah keramas, karena membuat rambut lebih lembut dan susah untuk dibentuk.

 

2. Gunakan Hair Spray

Saat hendak mencatok rambut curly, gunakanlah semprotan rambut agar mendapatkan hasil yang tahan lama. Selain itu, menggunakan semprotan rambut sebelum, selama, atau sesudah proses curly akan membuat tekstur rambut menjadi lebih halus. Namun, kamu harus tetap hati-hati saat menggunakan hair spray, ya. Usahakan tidak terlalu dekat dan jangan terlalu banyak. Setelah menyemprotkan hair spray, biarkan beberapa saat sebelum memulai untuk menggunakan catokan.

 

3. Gunakan Alat yang Berkualitas

Tips mendapatkan hasil catokan rambut yang curly berikutnya adalah dengan menggunakan alat yang berkualitas. Pastikan alat yang kamu gunakan memiliki kualitas yang terjamin. Untuk alat terbaik, pilih catokan dengan kramik turmalin, kemarik, atau titanium murni. Walaupun memiliki harga yang lebih mahal, tapi tentu saja lebih tahan lama. Apalagi, catokan tersebut mampu menghantarkan panas dengan baik, sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk menunggu.

 

4. Gunakan Ukuran yang Tepat

Catokan tersedia dalam berbagai ukuran lebar. Dengan lebar penghantar panas yang kecil, maka gelombang curly yang dihasilkan juga lebih kecil. Untuk hasil yang natural, pilih catokan dengan ukuran penghantar panas yang lebih lebar. Ukuran yang lebih lebar dapat membuat gelombang rambut lebih besar.

Baca Juga: 

Itulah cara dan tips agar hasil catok rambut curly lebih tahan lama. Kira-kira kapan kamu akan mencobanya?

  • Bagikan