4 Kiat Menjadi Crazy Rich dengan Cara Halal dan Aman

  • Bagikan
4 Kiat Menjadi Crazy Rich dengan Cara Halal dan Aman
clevergirlfinance.com

Seruni.id – Crazy rich menjadi istilah yang tengah ramai diperbincangkan. Crazy rich adalah istilah yang memiliki arti super kaya. Dalam hal ini, siapa pun orang yang memiliki harta berlimpah, bisa disebut sebagai dengan istilah crazy rich atau sultan. Namun sayangnya, istilah tersebut menjadi negatif ketika munculnya fenomena pamer harta yang berujung menjadi tersangka, karena rupanya dalam memperoleh kekayaan, orang-orang tersebut menggunakan cara yang merugikan banyak orang.

4 Kiat Menjadi Crazy Rich dengan Cara Halal dan Aman
idxchanel.com

Namun, bukan berarti semua orang kaya seperti itu, ya. Justru banyak sekali orang yang benar-benar bergelimang harta, tapi tidak pernah memamerkannya ke publik. Kalau kamu tidak terlahir dari keluarga konglomerat, jangan patah semangat dulu, kamu bisa saja berpeluang menjadi salah satu crazy rich. Tentunya dengan cara yang halal dan aman tanpa perlu merugikan orang lain. Bagaimana ya caranya?

 

1. Melek Keuangan

Memiliki keuangan yang cukup akan sangat membantu di masa depan. Mungkin kamu juga sudah tak asing lagi dengan pernyataan, ‘semakin besar pemasukkan, maka akan semakin besar pula pengerluarannya’. Hal ini sebagaimana yang dikatakan oleh Robert Kiyosaki dalam bukunya yang berjudul Rich Dad Poor Dad. Maka dari itu, kamu harus mulai melek keuangan.

Caranya dengan membagi pemasukkan menjadi beberapa pos yang tidak hanya digunakan untuk sekadar memenuhi keinginan saja. Namun, juga untuk kebutuhan masa kini dan masa depan, yang justru bisa menambah nilai asetmu. Dengan melek keuangan, kamu akan menjadi lebih bijak dan tidak akan membuat ‘uang kaget’ yang misal kamu dapati suatu hari nanti, kemudian habis begitu saja. Contohnya, mendapatkan hadiah, doorprize, warisan, uang ganti rugi, dan lainnya.

 

2. Berinvestasi

Investasi adalah salah satu cara untuk menjadi crazy rich. Tapi harus diingat, lakukanlah investasi yang aman, bukan investasi bodong. Meski penipuan berkedok investasi sempat marak, semoga saja tidak membuat kamu takut untuk berinvestasi. Sebab, pada kenyataannya, berinvestasi akan membantumu menuju tujuan keuanganmu.

Misalnya, saat kamu hendak membeli rumah beberapa tahun lagi, nah dengan investasi yang tepat, kamu akan sangat mungkin mewujudkannya. Namun, sebelum memulainya, pastikan kamu telah mempelajarinya terlebih dahulu. Dan jangan lupa untuk selalu memastikan legalitasnya. Oh ya, investasi tak melulu tentang uang, ya. Kamu bisa berinvestasi seperti epningkatan skill, dan lainnya.

 

3. Mulai dengan Berbisnis

Kiat menjadi crazy rich berikutnya adalah dengan berbisnis. Meski memulai bisnis membutuhkan proses yang panjang, tapi kamu akan merasakan hasilnya jika kamu tekun dan bersungguh-sungguh. Menurut Perencana Keuangan Advisors Allliance Group Indonesia, Andy Nugroho, berbisnis adalah salah satu langkah untuk memupuk kekayaan. Apalagi, bisnis memiliki tipe yang beragam. Namun, pilihlah bisnis yang sesuai dengan keinginanmu dan juga sesuai dengan mangsa pasar yang dituju.

“Kalau bisnis kita sebagai bosnya, waktu juga sangat fleksibel,” katanya.

Segala hal pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, begitupun dengan bisnis, yang kamu rasakan tidak soal kelebihannya saja, tapi kamu juga harus tahu kekurangannya. Di antaranya merancang pola dan sistem kerja yang ingin dilakukan, hingga membutuhkan modal yang tidak sedikit. Ia melanjutkan menjadi seorang marketer dan trader juga bisa digeluti supaya kamu jadi crazy rich. Tapi tentu bukan yang legalitasnya terjamin, ya.

 

4. Memanfaatkan Produk Asuransi

Asuransi menjadi bagian penting ketika kamu ingin menjadi seorang crazy rich. Meskipun kabar negatif tentang asuransi sempat ramai diperbincangkan oleh masyarakat. Seperti dana yang sulit untuk dicairkan. Padahal, esensi dari asuransi itu sendiri bermaksud baik, yaitu memproteksi aset.

Sebagai gambaran, ketika kamu sudah bekerja keras dan uang yang dikumpulkan sudah cukup banyak, tapi karena tidak memiliki asuransi, maka terpaksa kamu harus menggunakan uang tersebut untuk membiayai. Biaya rumah sakit dan pengobatan yang sangat mahal, biasa saja akan membuat uangmu habis seketika.

Kendati demikian, tak sedikit mayarakat yang masih menganggap asuransi sebagai investasi maupun terlanjur memandang asuransi sebelah mata. Nah, sebelum menggunakan asuransi, sebaiknya kamu mempelajarinya terlebih dahulu.

Baca Juga: 5 Jenis Investasi yang Cocok untuk Pemula

Jadi, itulah beberapa kiat untuk menjadi crazy rich. Lagi-lagi Seruni ingin mengingatkan untuk lebih berhati-hati dalam melakukan cara-cara di atas, ya. Pastikan langkah yang kamu pilih itu aman dan tidak merugikan orang lain. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan