Cara Mengatasi Lupa Pin ATM untuk Berbagai BANK

  • Bagikan
Cara Mengatasi Lupa Pin ATM untuk Berbagai BANK
thejakartapost.com

Seruni.id – Lupa pin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) sering sekali dirasakan oleh banyak orang. Padahal, pin ATM sudah seharunya selalu diingat, karena nomor tersebut sangat penting sekali untuk bisa mengakses rekening yang kita miliki. Terlebih, jika kita telah memasukkan nomor pin berkali-kali, dampaknya kartu ATM tersebut akan otomatis terblokir.

lupa pin atm
lupa pin atm (liputan6.com)

Pemblokiran tidak langsung dilakukan ketika kamu baru salah sekali dalam memasukan pin, namun jika sudah salah sebanyak 3 kali. ATM yang sudah terblokir sudah tentu tidak dapat digunakan lagi, kecuali kamu melakukan penggantian pin atau meresetnya di Bank tersebut. Bagi kamu yang hendak mengatasi hal ini, namun malas untuk datang ke Bank atau waktu yang tidak memungkinkan, kamu bisa kok melakukannya di rumah. Berikut ini Seruni akan membagikan cara mengatasi lupa pin ATM untuk berbagai rekening Bank.

1. BCA

lupa pin atm bca
lupa pin atm bca

Jika kamu lupa pin ATM BCA dan terblokir akibat 3 kali salah memasukkan nomor pin, maka secara otomatis sms banking dan internet banking yang terinstal di handphonemu akan ikut tidak bisa diakses. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa membuka blokirannya hanya cukup dengan menelpon Call Canter BCA. Namun, kamu harus menghubungi nomor Call Center yang asli. Biasanya Call Center tersebut disebut Halo BCA dengan nomor 1500888.

Namun perlu diketahui, yang bisa diatasi dengan cara ini hanyalah, jika kamu ingat pin yang sebelumnya. Misalnya setelah terblokir, kamu menemukan kembali catatan di buku yang berisi pin. Jika kamu sama sekali lupa pinnya, maka cara ini tidak dapat digunakan, ya. Sebelum menghubungi Halo BCA, sebaiknya kamu menyiapkan beberapa hal berikut ini:

• Sediakan pulsa minimal Rp. 20.000,00 (jika menggunakan telepon genggam)
• Catat nomor yang tertera pada kartu ATM
• Catat nomor rekening

Meski lokasimu beradi di luar Jakarta, langsung menghubungi nomor 1500888 tanpa menambahkan kode area 021 di depannya. Biasanya jika sudah tersambung, kamu akan berbicara dengan robot, maka ikuti saja petunjukkanya sampai ia berkata “Tekan angka 9 untuk berbicara dengan call center kami”, maka pencetlah angka tersebut.

Setelah itu, barulah call cnter tersebut yang berbicara. Utarakanlah tujuanmu menelponnya, yaitu untuk mengaktifkan kembali kartu ATM BCA yang terblokir. Sebelum permohonanmu dipenuhi, nanti CS tersebut akan menanyakan beberapa pertanyaan yang tujuannya untuk memcerifikasi bahwa kartu yang terblokir tersebut memang benar-benar milikmu.

Pertama, ia akan menanyakan nomor kartunya. Kemudian akan disusul dengan pertanyaan-perntanyaan lain seperti, nomor rekening. tempat tanggal lahir, nama ibu kandung, terakhir transaski, serta jumlah sisa saldo yang kamu miliki. Sebanyak apapun pertanyaan yang diajukan oleh CS, namun mereka tidak memiliki hak untuk menanyakan nomor pinmu. Jika ada CS yang menanyakan seperti ini, kamu wajib waspada, karena dalam urusan seperti ini nomor pin tidalah dibutuhkan.

Apabila semua pertanyaan sudah terjawab, maka kamu akan diminta untuk menunggu sebentar. Tidak sampai lima menit, CS pun akan kembali berbicara dan memberitahukan bahwa kartu ATM BCA milikmu telah sukses diaktifkan kembali atau dibuka blokirannya. Itulah cara mudah mengatasi lupa pin atm bca tanpa ke bank.

2. BRI

lupa pin atm bri
lupa pin atm bri

Sama seperti bank pada umumnya, saat lupa pin ATM BRI atau ketika salah memasukkan nomor pin sebanyak 3 kali, otomatis kartu ATM kamu akan terblokir. Tak ada jalan dan cara lain untuk mengatasi hal ini selain mendatangi kantor cabang BRI untuk mengurusnya di tempat pertama kali kamu membuka rekening. Untuk mengurusnya, kamu diharuskan membawa beberapa persyaratan seperti buku tabungan BRI, kartu ATM BRI yang terblokir serta KTP.

Di sana, kamu bisa langsung menemui CS bank BRI. Segela persyaratan yang telah kamu bawa nantinya digunkan untuk dicocokan dengan database di bank BRI. Biasanya mereka akan mengecek kebenaran data tersebut dengan menanyakan nama ibu kandung. Nasabah pun akan disodori formulis yang harus diidi dan membayar biaya reset pin sebenar Rp. 5.000.

Kemudian, nasabah dipersilahkan untuk membut pin yang baru dengan mengetikkannya ke alat EDC sebanyak dua kali. Setelah semua langkah telah dilakukan, maka kartu ATM yang terblokir sudah dapat diakses kembali dengan pin baru. Kamu sudah bisa menggunakannya kembali di mesin ATM.

Namun, bagaimakan jika kita lupa pin ATM BRI dan buku tabungan hilang? Jika kamu mengalami keduanya, maka kamu diwajibkan untuk mengurusnya dengan membawa surat kehilangan dari polisi, KTP, dan kartu ATM. Tak membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan buku tabungan baru sebagai pengganti. Untuk masalah saldo dan nomor rekening, semua masih tetap aman dan kamu masih bisa menggunakan nomor rekening yang sama.

3. BNI

lupa pin atm bni
lupa pin atm bni

Terdapat tiga cara untuk mengatasi lupa pin ATM BNI. Dari ketiga cara berikut ini, kamu bisa memilih salah satunya yang menurutmu paling mudah dan praktis. Cara berikut ini bisa kamu lakukan jika kartu ATM kamu masih dalam keadaan aktif namun lupa passwordnya.

1. Mengetahui Pin ATM BNI Melalui SMS Banking

Cara yang pertama ini paling mudah untuk kamu lakukan, sebelumnya kamu harus memasukkan kode dan mengirim sms ke nomor yang sudah ditetapkan oleh Bank BNI. Berikut format smsnya:

Ketik: RPIN NOMOR <spasi> TEKENING BNI <spasi>TANGGAL LAHIR
Kirim ke: 3346
Contoh: RPIN 082112345678 12051997

Cara di atas hanya bisa dilakukan jika kartu ATM BNI kamu sudah terdaftar dengan layanan SMS Banking BNI. Jika belum terdaftar, maka Seruni sarankan kamu melakukan caara yang kedua.

2. Mengecek Pin ATM dengan Menghubungi Call Center

Kamu bisa menghubungi Call Center untuk mengetahui pin ATM-mu, meski tidak terdaftar dalam layanan SMS Banking. Namun kamu harus menyediakan pulsa yang cukup, ya. Dengan begitu kamu bisa mengetahui pin yang lupa dengan menghubungi nomor ini 1500046.

Biasanya Call Center aktif dan melayani nasabahnya selama 24 jam. Nantinya Call Center akan menanyakan beberapa informasi penting yang dibutuhkan untuk mengkonfirmasi pemberitahuan pin ATM. Seperti nama pemiliki rekening, nomor rekening, dan tanggal lahir pemiliki rekening.

3. Cek Pin ATM BNI Melalui Customer Service

Cara terkahir ini paling direkomendasikan. Meskipun terbilang cukup rumit dan kamu harus mendatangi kantor Bank BNI. Sebelum mendatangi kantor tersebut, kamu harus menyiapkan beberapa persyaratan yang dibutuhkan seperti:

  • Kartu keluarga
  • KTP, SIM, atau paspor yang digunakan sebagai identitas
  • Buku tabungan rekening

Namun ketika ingin mendatangi kantor cabang BNI, sangat disarankan sekali mendatanginya lebih awal jika tidak ingin mengantr dalam waktu yang lama. Sebab, setiap harinya Bank BNI akan dipenuhi oleh para nasabah yang datang dengan kepentingannya masing-masing.

4. Mandiri

lupa pin atm mandiri
lupa pin atm mandiri

Apabila kamu baru membuka rekening dan membuat pin ATM Mandiri, namun sayangnya sesampai di rumah kamu justru lupa berapa nomor pin yang telah dibuat. Lantas, bagaimanakah cara mengatasinya jika lupa pin ATM Mandiri? Seruni saranin, sebelum kamu membuat pin ATM, lebih baik catat dulu berapa nomor pin yang akan kalian gunakan. Jadi, jika kamu lupa, kamu bisa langsung melihat catatan saja.

Tidak ada cara mengetahui pin ATM dari buku tabungan. Sebab, dalam buku tersebut tidak tertulis. Solusinya yakni kamu harus mengurus kembali ke CS Bank Mandiri terdekat dengan membawa syarat yang diperlukan seperti kartu ATM, buku tabungan, dan kartu identitas berupa EKTP.

Sampai di sana, utarakan maksud kamu, yakni bahwa kamu lupa dengan pin ATM kalian. Selanjutnya, CS pun akan memproses penggantian pin kamu. Ikuti saja intruksinya sampai selesai. Jika lupa pin ATM Mandiri, mau tidak mau kamu harus meruabhanya, dan cara tersebut hanya bisa dilakukan di CS Bank Mandiri saja. Setelah penggantian pin sukses, kamu akan dikenakan biaya sebesar 5 ribu rupiah (ketentuan biaya dapat berubah sewaktu-waktu).

5. CIMB

lupa pin atm cimb niaga
lupa pin atm cimb niaga

Apabila kamu lupa pin ATM CIMB Niaga, kamu bisa mendatangi kantor cabang bank tersebut. Kamu bisa menemui CS-nya dengan membawa beberapa syarat sebagai pelengkap. Diantaranya, seperti kartu ATM, buku tabungan, serta KTP asli dengan biaya penggantian sebesar Rp. 20.000.

6. Bank Danamon

lupa pin atm danamon
lupa pin atm danamon

Ketika kamu hendak menarik uang melalui mesin ATM, namun setibanya di sana, kamu justru lupa berapa nomor pinnya. Salah-salah, kartu ATM kamu bisa terblokir. Sebelum kartu ATM terblokir, sebaiknya kamu mendatangi kanto Bank Danamon terdekat. Nantinya kamu bisa menemui customer service yang ada. Jika sudah dilayani dengan CS-nya, maka kamu dapat menyebutkan apa masalah yang sedang dialami. Katakanlah bahwa kamu lupa pin ATM Danamon-mu.

Apabila kamu sudah selesai menyebutkan keluhannya, maka CS akan meminta identitas yang masih berlaku, misalnya KTP atau SIM yang terpenting sama dengan data yang ada di rekening dan juga kartu ATM. Kemudian setelah itu, kamu akan diminta menyebutkan nama ibu kandung, nomor telepon, serta tempat tanggal lahir. Jika data sudah sesuai dengan yang dibutuhkan, maka CS akan langsung memproses penggantian pin ATM, kamu akan dipandu untuk merubah pin yang baru hingga proses penggantian pin selesai dan dapat diakses kembali.

Kamu akan dipungut biaya penggantian pin sebesar Rp. 25,000. Nah, kalau pin ATM sudah diganti, maka otomatis fasilitas seperti SMS Banking tidak dapat dignakan lagi. Untuk dapat menggunakannya kembali, perlu dilakukan setting ulang dengan mengganti kode pengamanan dan kata sandi yang baru, untuk biayanya dikenakan sebesar Rp. 60,000.

Tips Agar Tidak Lupa Pin ATM

Lupa pin ATM bisa sangat merepotkan diri sendiri, kan? Sebab, kartu ATM memiliki fungsi yang sangat signifikan. Agar kamu tidak melulu lupa pin ATM, terlebih jika kmau memiliki rekening bank lebih dari satu, cara-cara berikut ini mungkin bisa menjadi solusinya:

1. Jangan Buat Pin Berdasarkan Tanggal Lahir atau Alamat Rumah

Tanggal lahir bisa sangat mudah untuk ditebak. Katakanlah jika kartu ATM kamu dicuri oleh orang yang kamu kenal. Bisa saja yang pertama ia coba adalah enam digit nomor pin yang sesuai dengan tanggal lahir. Hal yang sama juga berlaku kepada tanggal lahir anak atau tanggal lahir istri pun suami. Intinya, jangan pernah menjadikan tanggal lahirmu sebagai nomor pin ATM.

2. Pin yang Mengingatkanmu Kepasa Sesuatu Namun Hanya Kamu yang Mengetahuinya

Misalnya dengan menggunakan tanggal di mana kamu perta kali bertemu dengan pasangamu. Atau tanggal di mana kamu memiliki rumah sendiri. Atau bisa dengan menggunakan tanggal pertama kali kamu diterima bekerja. Pokoknya buatlah pin serumit mungkin agar tidak mudah ditebak oleh orang lain.

3. Tanggal Lahir Idola

Ini dapat anda gunakan. Pikirkan siapa orang terkenal yang menjadi idola kamu selama ini. Katakanlah kamu sangat kagum dengan ilmuwan ternama Stephen Hawking. Jadikan tanggal lahirnya sebagai pin ATM-mu. Atau jika kamu tergila-gila dengan Julia Roberts, misalnya. Maka kamu bisa menggunakan tanggal lahirnya sebagai pin anda. Yang perlu kamu lakukan adalah jangan sampai orang mengetahui bahwa mereka adalah idolamu.

4. Simpan Pin Tersebut Baik-baik

Untuk menyimpan pin ATM, sebaiknya gunakanlah cara yang tidak biasa. Misalnya dengan menuliskannya di folder laptopmu atau dokumen di hpmu. Namun, jangan menuliskan nomor pin secara langsung, melainkan menggunakan kode yang dapat kamu mengerti. Misalnya apabila kamu memiliki ATM Bank BNI dengan nomor pin yang diambil dari tanggal kamu pertama kali masuk kuliah. Sehingga, jika kamu lupa, kamu akan mengingat bahwa pin ATM-mu adalah tanggal di mana kamu masuk kuliah. Demikian seterusnya dan cara ini dapat kamu modifikasi sesuai selera. Jangan lupa cadangkan dokumen tersebut di cloud, ya, agar tidak hilang sewaktu-waktu laptop atau hpmu rusak.

Baca Juga: 15 Cara Hemat dalam Membelanjakan Uang Jajan

Itulah seputar tips cara mengatasi lupa pin ATM semua kartu debit bank. Bagi kalian yang belum mengetahuinya, semoga bisa menjadi ilmu yang bermanfaat.

  • Bagikan