6 Cara Mengatasi Mata Sembab Setelah Menangis

  • Bagikan
6 Cara Mengatasi Mata Sembab Setelah Menangis
hellosehat.com

Seruni.id – Mata sembab setelah menangis? Sebenarnya ini adalah hal wajar terjadi. Namun kadang kala, mata yang sembab membuat kita malu untuk bertemu orang lain. Sehingga, untuk mengantisipasi agar orang lain tidak mengetahuinya, dibutuhkan cara cepat untuk menghilangkan mata bengkak. Nah, untuk membantumu mengatasi mata sembab setelah menangis, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut ini:

6 Cara Mengatasi Mata Sembab Setelah Menangis
journal.sociolla.com

 

1. Kompres Dingin Area Mata

Ketika mata sembab setelah menangis, cobalah untuk melakukan kompres dingin pada area mata yang bengkak. Caranya, cukup ambil kain bersih lalu basahi dengan air dingin. Kemudian, posisikan tubuh dengan nyaman, sambil duduk ataupun berbaring. Tempelkan kompres tersebut di sekitaran mata, sambil ditekan-tekan dengan lembut.

 

2. Manfaatkan Irisan Mentimun

Karena mentimun memiliki kandungan air yang cukup tinggi dan cenderung dingin, maka kamu juga bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan mata sembab setelah menangis. Selain itu, mentimun juga memiliki anti-inflamasi dan antioksidan, serta mengandung vitamin K yang dapat membantu mengurangi lingkar hitam pada mata.

 

3. Melakukan Pijatan Lembut

Langkah mengatasi mata sembab setelah menangis yang berikutnya adalah dengan memijat lembut area tersebut. Tujuannya adalah untuk meningkatkan aliran darah di sekitaran mata. Nah, langkah yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut:

  • Tekan beberapa titik di alis selama bebereapa saat. Lalu, urut dari sudut dalam mata ke luar.
  • Tekan area sinus menggunakan jari telunjuk dan tengah di masing-masing tangan. Lakukan gerakan mulai dari kedua sisi hidung ke arah luar.
  • Pijat kelenjar getah bening di leher dengan lembut. Pijat dengan gerakan dari atas ke bawah.

Sejumlah langkah tersebut dapat dilakukan selama 3 menit dalam masing-masing sesi. Kamu juga bisa mengulanginya sesering mungkin, sesuai dengan kebutuhan.

 

4. Menggunakan Air Rendaman Witch Hazel

Selain bermanfaat untuk mengencangkan kulit, ternyata witch hazel juga memiliki zat alami dan antioksidan yang dapat mengurangi mata sembab setelah menangis, loh. Caranya, cukup rendam kapas ke dalam witch hazel dingin. Lalu, peras kapas tersebut dan kompres ke area yang bengkak selama kurang lebih 5-10 menit. Namun, kamu perlu berhati-hati dalam menggunakan metode ini, agar witch hazek tidak masuk ke mata.

 

5. Gunakan Roller Mata

Langkah selanjutnya, kamu bisa memanfaatkan gel pendingin mata, lalu menggunakan roller logam. Tujuannya adalah membantu mengatasi peradangan di area tersebut, dengan cara mendinginkan dan menghidrasi kulit. Oleskan bolak balik di area mata memiliki efek yang sama dengan memijat.

 

6. Menggunakan Krim Wajah atau Eye Cream

Selanjutnya, gunakanlah krim wajah atau eye cream yang dapat membantu mengatasi mata sembab setelah menangis, mendinginkan area mata, dan menyempitkan pembuluh darah. Dalam eye cream mungkin mengandung retinol, vitamin C, phenylephrine, dan hyaluronic acid yang dapat memperbaiki bengkak di sekitar mata dan mencerahkan mata panda.

Baca Juga: 5 Jenis Makanan yang Dapat Mengurangi Dark Circle di Bawah Mata

Itulah ulasan Seruni mengenai cara mengatasi mata sembab setelah menangis yang bisa kamu coba di rumah. Biasanya, kamu menghilangkan mata bengkak dengan cara apa sih? Boleh share di kolom komentar, ya.

  • Bagikan