18 Cara Mengecilkan Paha dan Betis dengan Mudah

  • Bagikan
18 Cara Mengecilkan Paha dan Betis dengan Mudah
aladokter.com

Seruni.id – Memiliki paha dan betis yang besar, membuat seseorang terkadang kehilangan kepercayaan dirinya, terutama bagi para wanita. Untuk kamu yang ingin tahu bagaimana cara mengecilkan paha dan betis dengan mudah, sangat disarankan untuk menyimak artikel ini sampai selesai, ya.

18 Cara Mengecilkan Paha dan Betis dengan Mudah
liputan6.com

Betis dan paha sering kali dijadikan sebagai tolak ukur penampilan seseorang, baik pria maupun wanita. Jika betis dianggap tidak proposional, hal tersebut pastinya akan mengurangi kepercayaan dirinya. Apalagi saat menggunakan pakaian yang kurang serasi. Umumnya untuk mendapatkan tubuh yang ideal diperlukan pola hidup yang tepat, misalnya dengan olahraga secara rutin dan memerhatikan makanan yang dikonsumsi.

Agar kita dapat memperoleh tubuh yang proposional, khususnya bagian paha dan betis, berikut ini Seruni akan memberikan cara mengecilkan paha dan betis dengan mudah. Namun, sebelum masuk ke dalam pemabahsan cara mengecilkan paha dan betis, alangkah baiknya kita mengetahui lebih dulu apa saja penyebab lemak tertimbun pada area tersebut. Berikut adalah penjelasannya:

Penyebab Paha dan Betis Membesar

1. Faktor Genetik

Penyebab paha dan betis membesar bisa terjadi karena adanya faktor genetik. Apabila genetikmu memang seperti itu, maka hal tersebut tidak dapat diubah, karena sudah terbentuk secara alami.

2. Kurang Bergerak

Kurang beregrak bisa menjadi salah satu penyebab paling umum betis dan paha membesar. Umumnya kebanyakan dari mereka yang malas berolahraga dan terlalu sering duduk, memiliki lemak berlebih di area paha.

3. Obesitas

Obesitas merupakan kondisi di mana seseorang memiliki berat badan yang berlebihan. Orang dengan kondisi ini, sudah pasti memiliki paha dan betis yang besar.

4. Beban

Cobalah sesekali perhatikan gaya berjalanmu, siapa tahu kamu menggunakan otot betis secara berlebihan ketika berjalan. Hal ini bisa saja terjadi karena otot pada area betis terlalu lemah. Jika otot kaki bagian depan (tibialis anterior) lemah atau kaku, lakukanlah pemanasan sehingga membantu memperpanjang otot betis.

5. Jaringan Lemak

Penyebab berikutnya yakni terlalu banyak jaringan lemak pada area tersebut, sehingga menyebabkan paha dan betis tampak besar. Biasanya hal ini terjadi seiring bertambahnya berat badan. Jika kamu mengalami hal ini, sebaiknya mengecek presentase lemak tubuh secara keseluruhan.

6. Penggunaan High Heels

Selain itu, paha dan betis yang membesar juga bisa terjadi karena aktivitas berulang yang menekan bagian depan telapak kaki, seperti memakai heels.

Cara Mengecilkan Paha dan Betis

Setelah mengetahui apa saja penyebab paha dan betis membesar, kini saatnya Seruni jelaskan bagaimana cara mengecilkan paha dan betis dengan cepat berikut ini:

1. Jogging

Lari laun alias jogging adalah bentuk berlari dengan langkah yang santai. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kebugaran fisik dengan tekanan yang lebih sedikit pada tubuh daripada berlari cepat. Jogging juga menjadi salah satu cara mengecilkan paha dan betis dengan mudah dan cepat.

Olahraga yang satu ini sangat cocok dilakukan bagi kalian yang memiliki kativitas padat, karena olahraga ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Kalau kamu rutin melakukannya, maka betis dan paha akan lebih kencang dan kecil, karena tubuh bagian baah atau kaki menjadi tumpuan dari olahraga fisik ini.

2. Naik Turun Tangga dengan Rutin

Kalau kamu tidak ada waktu untuk olahraga, sebagai alternatifnya kamu bisa naik turun tangga dengan rutin. Jika kamu terbiasa melakukannya dengan rutin, pastinya hasil yang didapat pun akan maksimal, betis dan paha akan mengecil dan lebih kencang.

3. Bersepeda

Kalau kamu ingin melakukan olahraga yang santai dan menyenangkan untuk mengecilkan paha dan betis, kamu bisa bersepeda secara rutin. Selain menyenangkan, bersepeda juga membantu mengencangkan otot-otot pada bagian paha dan betis. Kalau kamu bersepeda secara rutin, kamu akan mendapatkan bonus, loh. Yakni pikiran menjadi lebih fresh, menurunkan tingkat srtes, dan melancarkan sirkulasi darah.

4. Lompat Tali

Salah satu cara mengecilkan paha dan betis paling mudah berikutnya adalah dengan lompat tali alias skipping. Gerakan melompat yang dilakukan sekitar 20-30 menit setiap harinya akan membakar lemak pada bagian paha dan betis, loh. Bukan hanya itu saja, dengan melakukan skipping kamu akan mendapatkan lengan yang kencang dan tubuh yang lebih sehat. Hal ini karena adanya gerakan yang melibatkan bagian tubuh tersebut.

5. Berenang

Sebagian dari kalian pasti suka kan dengan olahraga yang satu ini? Berenang selain menyegarkan dan membuat tinggi badan bertambah, ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengecilkan paha dan betis, loh. Karena aktivitas berenang melibatkan hampir seluruh tubuh seperti lengan, perut, paha, hingga kaki. Namun, agar tidak mengalmi kram, usahakan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu agar otot-otot pada bagian tubuh menjadi lebih lentur.

6. Lari Cepat

Cara mengecilkan paha dan betis selain dengan jogging berikutnya adalah dengan lari cepat atau sprint. Biasanya aktivitas ini sering kali dilakuakn oleh mereka yang ingin mendapatkan tubuh proposional. Sprint merupakan salah satu cara yang mudah dilakukan dan efektif dalam membakar lemak di betis dan paha.

7. Squat

Latihan squat tidak hanya dapat mengecilkan paha, tapi gerakan ini juga efektif untuk mengecilkan betis serta melatih otot bagian bawah. Cara melakukannya sangat mudah, yakni berdirilah dengan posisi kaki terbuka selebar bahu dengan kedua tangan lurus ke depan. Kemudian turunkan bokongmu hingga mendekati lantai. Tahan posisi ini selama 15-30 detik dan kembali ke posisi semula. Ulangi hingga 10 kali.

8. Lunges

Cara mengecilkan paha dan betis berikutnya adalah dengan melakukan gerakan lunges. Hal yang perlu kamu lakukan adalah berdiri dengan tegak, lalu langkahkan satu kaki ke depan dan tekuk lutu serendah mungkin hingga lutut kaki yang satunya hampir menyentuh lantai. Setelah itu, kembalilah pada posisi semula dan lakukan sebanyak 10 kali. Jangan lupa lakukan gerakan yang sama pada kaki sebelahnya, ya.

9. Fire Hydrant

Gerakan untuk mengecilkan paha dan betis yang satu ini mudah sekali dilakuukan. Kamu hanya perlu mengambil posisi seperti merangkak, pastikan lutut dan tangan terbuka selebar bahu. Sambil menjaga posisi pinggul, luruskan satu kaki ke belakang. Tahan selama beberapa detik, lalu kembali ke posisi semula. Ulangi gerakan ini sebanyak 15 kali.

10. Leg Lift

Gerakan leg lift tidak hanya bisa mengecilkan paha atau betis saja, tapi juga dapat mengencangkan paha bagian dalam. Lakukan gerakan ini sambil tiduran atau berbaring di atas matras dengan tangan berada di samping. Kemudian rapatkan kedua kaki dan angkat setinggi 45 derajat. Tahan selama kurang lebih 15 detik. Lalu kembalikan kakimu ke tempat semula dan ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali.

11. Calf Raises

Ini merupakan salah satu gerakan olahraga yang juga bisa mengecilkan paha dan betis. Gerakan ini dilakukan dengan cara berdiri tegak dan kaki dalam keadaan rapat. Kemudian angkat tubuh ke atas dengan tumit sedikit terangkat, seperti gerakan balet dan gunakan ujung kaki sebagai tumpuan berat badan. Tahan hingga beberapa detik dan turunkan kembali. Cara mengecilkan paha dan betis dengan gerakan calf raises ini bisa kamu lakukan secara rutin di rumah.

12. Mengangkat Satu Kaki

Mengangkat satu kaki menjadi salah satu cara mengecilkan paha dan betis dengan mudah dan efektif. Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu harus bisa mengangkat kaki lurus ke atas secara pelahan dan menahannya selama mungkin sebelum berganti ke kaki satunya. Caranya yaitu dengan beridir menghadap tembok, lalu dorong kaki lurus ke depan, dan tahan hingga 10 hitangan lalu lakukan bergantian dengan kaki satunya. Gerakan ini bisa kamu lakukan sebelum tidur, loh.

13. Gunakan Handuk

Ternyata handuk juga bermanfaat loh untuk membantu mengecilkan paha dan betis. Selain lebih praktis caranya pun sangat mudah sekali. Pertama-tama tentunya kamu harus menyiapkan handuk, kemudian berbaring sambil menekuk lutut. Pegang kedua sisi handuk dengan kedua tangan dan letakkan di telapak kaki. Selanjutnya dorong kaki ke atas dengan mengendurkan pegangan pada kedua sisi handuk. Gerakan ini akan membuat otot paha bagian belakang terasa tertarik. Ulangi gerakan ini sebanyak delapan kali.

14. Lakukan Gerakan Sepeda Angin

Jika tidak memungkinkan untuk bersepeda, kamu bisa melakukan gerakan yang satu ini. Apalagi, kamu bisa melakukannya sambil tiduran. Caranya berbaringlah di atas matras atau kasur agar punggung tidak sakit. Jadikanlah bokong dan perut sebagai tumpuan, kemudian angkat kaki dan punggung. Lalu angkat kaki kiri dan luruskan. Lakukan gerakan seperti mengayuh sepeda dengan kaki kanan saja. Kemudian lakukan secara bergantian dengan kaki yang satunya.

15. Yoga

Cara mengecilkan paha dan betis selanjutnya adalah dengan melakukan yoga. Meski umumnya dikenal sebagai sarana meditasi, tapi kegiatan ini ternyata juga sering dilakukan untuk mengecilkan paha dan betis yang besar. Sebab, ada beberapa gerakan dalam yoga yang mampu mengecilkan paha dan betis besar, yaitu gerakan warrior pose dan anantasana. Warrior sendiri mudah sekali untuk dilakukan, yakni sebagai berikut:

Gerakan Warrior

Untuk melakukan gerakan yang satu ini, kamu harus membuka kedua kaki dengan lebar. Setelah itu, tekuk salah satu kaki dengan posisi kaki yang satunya lurus ke belanag. Jika posisi kaki sudah siap, rentangkan kedua tangan sejajar denga kedua kaki. Apabila posisi sudah sempurna, tahan selama kurang lebih satu menit dan ganti posisi. Ulangi gerakan ini sebanyak delapan kali untuk hasil yang maksimal.

Gerakan Anantasana

Cara mengecilkan paha dan betis dengan gerakan yang satu ini juga tak kalah mudah dan efektif dari warrior pose, karena untuk melakukannya kamu hanya perlu membaringkan tubuh dengan posisi miring. Setelah itu, angkat kaki kanan ke atas dan digapai oleh tangan kanan selama satu menit, lakukan gerakan ini secara berulang selama delapan hitungan. Jika sudah, kamu bisa menggantinya dengan kaki kiri dan gerakan yang sama selama satu menit secara berulang.

16. Menjaga Pola Makan

Kalau kamu sudah melakukan sejumlah cara mengecilkan paha dan betis seperti poin sebelumnya, langkah selanjutnya adalah dengan mengatur pola makan. Mulailah mengurangi makanan yang mengandung karbohidrat, gula, serta makanan yang mengandung banyak minyak. Dengan mengurangi ketiga jenis makanan tersebut, maka lemak yang ada di dalam tubuh termasuk di area paha dan betis pelan-pelan akan berkurang karena akan dibakar oleh tubuh.

17. Minum Lebih Banyak Air Mineral

Saat terasa haus, lebih baik pilihlah air putih untuk meredakannya. Hindari minuman dingin berwarna apalagi yang bersoda. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari kalori yang bisa berdampak pada membesarnya area paha dan betis. Untuk memulai pola hidup sehat ini, cobalah untuk selalu meletakkan air putih di dekatmu ketika sedang makan dan minumlah sesering munkgin. Selain itu, meminum air putih sebelum makan juga akan membantu mengontrol porsi makanan yang kamu makan.

18. Tidur yang Cukup

Istirahat yang cukup ternyata sangat berpengaruh terhadap berat badan, loh. Terutama untuk membantu mengecilkan paha dan betis. Sebab, rasa kantuk terbukti dapat membuat orang lebih banyak mengonsumsi camilan. Selain itu, orang pun akan malas untuk berolahraga karena tubuh selalu terasa lelah. Oleh karena itu, untuk mendapatkan tubuh ideal serta betis dan paha yang kecil, usahakan untuk memiliki tidur yang cukup, ya.

Baca Juga: 7 Cara Agar Tubuh Tetap Sehat Buat Kamu yang Malas Berolahraga

Itulah beberapa cara mengecilkan paha dan betis secara mudah dengan ataupun tanpa olahraga. Jadi, kamu sudah siap untuk melakukannya?

  • Bagikan
seruni.id