Contoh Undangan Pernikahan Simpel dan Menarik untuk Momen Bahagiamu

Contoh Undangan Pernikahan Simpel dan Menarik untuk Momen Bahagiamu
uprint.id

Seruni.id – Bagi kalian yang ingin melangsungkan pernikahan, tentunya membutuhkan contoh undangan pernikahan, kan? Ini merupakan hal yang lazim sebagai bagian dari agenda persiapan pernikahan sebelum hari H tiba.

Contoh desain undangan tersebut berguna sekali ketika ingin membuat surat undangan versi kamu sendiri yang ekslusif dan kreatif. Untuk membantumu mempersiapkannya, pada kesempatan ini Seruni  juga akan menyajikan contoh kata-kata undangan pernikahan elegan hingga tips bagaimana membuatnya secara kreatif. Jadi, langsung saja yuk disimak sampai selesai.

Contoh Desain Undangan

1. Bercorak Marmer
Contoh Undangan Pernikahan Simpel dan Menarik untuk Momen Bahagiamu
shopee.co.id

Meski namnya marmer, namun undangan ini bukan berarti berbahan marmer, ya. Melainkan kertas yang digunakan memiliki corak marmer. Sepintas desain undangan dengan corak seperti marmer ini, memperlihatkan kemewahan. Dengan tampilan ini, maka undangan akan langsung terasa sangat mewah, sekaligus tidak norak. Corak yang digunakan bisa terdiri dari dua warna, seperti abu-abu dan putih. Atau bisa menggunakan warna-warni layaknya kelereng.

2. Undangan Menggunakan Kotak
Contoh Undangan Pernikahan Simpel dan Menarik untuk Momen Bahagiamu
id.aliexpress.com

Undangan pernikahan dengan amplop rasanya sudah biasa dan tak ada yang spesial. Namun, kalau kamu ingin yang lebih elegan dan terkesan mewah, kamu bisa mengganti amplop dengan sebuah kotak. Nantinya undangan akan dimasukkan ke dalam kotak. Dengan menggunakan kotak atau box kardus, calon mempelai bisa sekaligus memberikan souvenir di dalamnya, loh.

3. Undangan dengan Teks Minimalis
Contoh Undangan Pernikahan Simpel dan Menarik untuk Momen Bahagiamu
walisongo.co.id

Biasanya dalam sebuah undangan, akan bertuliskan kata-kata di dalamnya. Hal ini tampaknya sudah menjadi budaya yang telah melekat. Selain itu, memang penting untuk memberikan informasi secara lengkap tentang acara pernikahan. Tapi kini, undangan yang menggunakan teks minimalis akan mulai menjadi tren. Undangan hanya akan berisi teks informasi acara pernikahan, nama mempelai, dan alamat saja. Tanpa sambutan dan hal lainnya. Sehingga tampilan undangan terkesan lebih modern dan berkelas.

4. Undangan Pernikahan Transparan
Contoh Undangan Pernikahan Simpel dan Menarik untuk Momen Bahagiamu
hipwee.com

Bagi pasangan yang suka berfoo dan mengunggahnya di sosial media, jenis undangan nikah yang berikut ini seperti cocok loh untukmu. Kertas undangan yang transparan bisa diubah menjadi frame Instagram yang kekinian. Jadi, setelah mereka menerima undanganmu, mereka bisa menjadikannya sebagai frame Instagram. Ide sepertinya rasanya masih cukup jarang digunakan, apalagi jika kamu mendesain kartu undangan ini menjadi lebih unik dan lucu. Siapa tahu undangan pernikahanmu bisa viral karena banyak yang ingin berfoto dengannya. Di zaman sekarang sesuatu yang telihat unik dan menarik sangat berpeluang untuk viral.

5. Konsep yang Islami
Contoh Undangan Pernikahan Simpel dan Menarik untuk Momen Bahagiamu
undanganmagelang.com

Undangan ini hadir dengan konsep berupa lembaran-lembaran dan tanda dari masing-masing lembarannya. Seperti mohon doa restu, akad nikah, resepsi, serta denah lokasi yang tak kalah pentingnya. Jika desain undangan lain mengusung kesan eksklusif, namun berbeda dengan yang satu ini, undangan berkonsep Islami ini menampilkan kesederhaan, baik dari desain, model, maupun kertas yang digunakan. Akan tetapi, kamu masih dapat menampilkan suatu kesan dari undangan ini melalui penggunaan gambar ilustrasi antara pria dan wanita yang saling berhadapan.

6. Undangan dengan Papan Kayu
Contoh Undangan Pernikahan Simpel dan Menarik untuk Momen Bahagiamu
cepetnikah.com

Undangan dengan media papan kayu ini bisa menjadi contoh undangan pernikahan yang simple dan elegan, sekaligus unik. Mengapa demikian? Hal ini karena motif kayu yang ditonjolkan saja sudah unik, jadi kalau menambah terlalu banyak ornamen akan terlihat berlebihan setuju? Undangan papan kayu sepertinya akan sangat pas dengan tema yang elagan nan simpel.

Apalagi, kamu tidak perlu menambahkan banyak hal di atasnya. Mungkin hanya nama, waktu, pernikahan, ucapan, dan sedikit hiasan akan nampak sangat cantik. Saat ini sudah cukup banyak loh yang menerima pembuatan undangan pernikahan dengan papan kayu ini. Jadi kamu tidak perlu bingung untuk mencari-cari akan membuat undangan jenis ini dimana ya. Pilihannya juga sudah banyak, pasti tidak terlalu sulit untuk menemukan desain yang sesuai keinginan.

7. Bernuansa Serba Hitam
Contoh Undangan Pernikahan Simpel dan Menarik untuk Momen Bahagiamu
vncjelwllery.com

Jika dilihat dari warnanya saja sudah unik dan tidak biasa, ya? Kebanyakan mereka yang ingin menikah akan memilih undangan dengan warnacerah. Jadi kalau kamu lebih memilih warna hitam sudah pasti unik, tidak biasa, dan akan dikenang. Tapi, kamu harus mengubah warna hitam tersebut nih, dari yang berkesan mistis menjadi lebih membahagiakan. Pada bagian dalamnya bisa lebih ditonjolkan.

Contohnya, dengan memilih bagian dalam yang berwarna cerah dan penuh bunga, dari sini sudah terlihat seperti undangan pernikahan pastinya. Kemudian untuk bagian luar, bisa memadukan dengan warna emas yang bisa menjadi pilihan yang tepat. Perpaduan keduanya bisa memberikan kesan glamour dan berkelas, sehingga undangan yang berwarna hitam tidak akan menunjukan aura seram ataupun kelam.

8. Undangan dengan Karikatur
Contoh Undangan Pernikahan Simpel dan Menarik untuk Momen Bahagiamu
rajadigital99.blogspot.com

Kebanyakan dari mereka akan memajang foto preweddingnya pada undangan pernikhan. Agar tidak pasaran dan berbeda dari yang lainnya, kamu bisa loh memilih gambar karikatur yang mungkin akna membuat undangan menjadi lebih unik. Ada berbagai macam tipe foto karikatur yang bisa kamu pilih, mulai dari yang lucu hingga yang lebih mirip ke aslinya.

Tinggal pilih saja mau yang mana dan mungkin disesuaikan juga dengan tema pernikahan. Agar nantinya tidak menyesal dengan hasil akhirnya, carilah terlebih dahulu kira-kira mana seniman yang hasil karyanya cocok ya. Masalahnya mengenai seni, antara satu seniman dan seniman lain pasti memiliki ciri dan gaya yang berbeda.

9. Kartu Pop Up
Contoh Undangan Pernikahan Simpel dan Menarik untuk Momen Bahagiamu
bridestory.com

Tren udangan dengan model kartu pop up, sebenarnya sudah ada sejak lama. Kartu undangan pop up ini bisa menjadi salah satu yang bisa kamu pilih. Si penerima pasti akan senang ketika mendapatkan undangan darimu. Apalagi ketika kartu undangan dibuka, akan ada siluet mu dan pasangan. Belum lagi jika desain pop up dibuat lebih detail dengan menambahkan altar pernikahan yang warna-warni yang indah. Sangat menarik sekali bukan? Bisa dibilang dunia pop up bukan hanya luas tapi tanpa batas, seperti apapun kreasimu pasti akan ada yang bisa mewujudkannya.

10. Dengan Icon Adat yang Formal
Contoh Undangan Pernikahan Simpel dan Menarik untuk Momen Bahagiamu
id.pinterest.com

Undangan dengan lambang adat dapat membuat undangan terlihat lebih formal dan berbudaya. Kamu bisa membuatnya menjadi model ampol, maka akan terlihat lebih formal. Akan tetapi, ornamen bunga disisi kanan dan kiri membuat undangan walau formal tetap terlihat berwarna.

11. Colorfull
Contoh Undangan Pernikahan Simpel dan Menarik untuk Momen Bahagiamu
bukalapak.com

Kalau kamu suka warna-warna yang cerah, kamu bisa mendesain undangan seperti pada gambar di atas. Undangan tersebut menampilkan kesan yang colorfull alias penuh warna, yang menjadi lambang kebahagiaan kedua mempelai. Akan lebih elegan lagi, jika undangan ditambahkan dengan pita.

12. Elegan dengan Warna Coklat
Contoh Undangan Pernikahan Simpel dan Menarik untuk Momen Bahagiamu
id.aliexpress.com

Kesan elegan juga dapat diciptakan dengan balutan undangan beserta amplop coklat ini. Elemen dekorasi yang bisa kamu gunakan, misalnya pita coklat pula. Hanya 2 lembar saja, undangan ini siap dihantarkan pada tamu undangan. Nah, agar lebih cantik kamu bisa menambahkan setangkai bunga yang diselipkan pada ikatan pita.

13. Undangan Online
Contoh Undangan Pernikahan Simpel dan Menarik untuk Momen Bahagiamu
otwhalal.com

Saat ini hampir semua kegiatan dilakukan secara online, begitu juga dengan undangan pernikahan. Dengan adanya undangan online ini, kamu tak perlu lagi repot-repot mendatangi rumah teman atau sanak saudaramu yang jauh. Tinggal sekali klik, undangan langsung sampai tujuan. Meski dibuat secara online, namun tidak menghilangkan struktur wajib pada undangan, ya.

Kata Kata Undangan Pernikahan

Selain desain, isi undangan pernikahan juga harus dipikirkan, loh. Karena percuma saja jika desainnya sudah bagus, tapi isinya tidak menjelaskan secara spesifik. Misal, tidak ada tanggal, tempat acara, maupun denah lokasi. Maka dari itu, Seruni juga akan memberikan contoh kata-kata undangan pernikahan nih. Bagi kamu yang dalam waktu dekat akan melangsungkan pernikahan, wajib sekali untuk menyimaknya.

Contoh Isi Undangan Pernikahan Islami

Sebagai penduduk mayoritas muslim, contoh undangan pernikahan bernuansa Islami memang paling banyak dicari. Ini semacam hal yang sudah lazim dan terasa afdol. Sebab, di dalamnya tidak hanya melibatkan keluarga saja, melainkan juga Allah SWT yang telah mempertemukan kedua insan tersebut. Berikut ini contoh kata-kata ideal untuk surat undangan pernikahan islami:

Bismillahirrahmanirrahim…

“Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak menikah dari hamba sahayamu, baik hamba sahaya laki-laki maupun yang perempuan. Jika mereka belum diberi kemampuan harta, maka Allah-lah yang akan mencukupkan dengan karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Luas pemberiannya, serta Maha Mengetahui” (QS. An Nuur Ayat 32)

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dengan memohon rahmat dan ridho Allah Subhanahu Wataala, serta diiringi shalawat dan salam pada baginda Rasulullah, kami bermaksud menyelenggarakan acara syukuran dan resepsi pernikahan putra dan putri kami tercinta, yakni …… (nama calon mempelai wanita) dan …… (nama calon mempelai pria) yang Insya Allah akan dilaksanakan pada:

Hari:

Waktu:

Tempat:

Kami berterima kasih sebesar-besarnya apabila Bapak/Ibu, Saudara/i berkenan hadir untuk memberikan doa restu untuk kedua mempelai.

Jazakumullah Khairan Katsiran

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Kami yang berbahagia:

Keluarga Bapak …. (Nama Ayah Mempelai Wanita)

Keluarga Bapak …. (Nama Ayah Mempelai Pria)

Contoh Undangan dengan Bahasa Inggris

Nah, bagi calon mempelai yang punya relasi luas, tak ada salahnya untuk membuat surat undangan pernikahan menggunakan bahasa Inggris. Dengan begitu, jangkauan penerima undangan akan lebih banyak, termasuk teman-teman berkebangsaan asing. Surat undangan dengan bahsa Inggris juga akan membuat kesan pernikahanmu jadi lebih berkelas. Berikut ini contoh surat undangan pernikahan Bahasa Inggris dan terjemahannya:

Being in love is destiny, while marriage is a choice.

Come join us for happy together in a beautiful celebration of love.

as we

(The Name of Bride)

And

(The Name of Grooms)

Become one together in matrimony

On ….. (day), ….. (month) …… (date) …… (Year)

at …… (time)

…….. (Place)

Artinya:

Jatuh cinta adalah takdir, sementara menikah adalah pilihan

Mari bergabung dan berbahagia bersama kami dalam perayaan cinta yang indah

Kami berdua:

(Nama calon mempelai wanita)

dan

(Nama calon mempelai Pria)

Menjadi satu dalam pernikahan

Pada….. (hari), ….. (bulan) …… (tanggal) …… (tahun)

Pada …… (waktu)

…….. (tempat)

Contoh Surat Undangan Via WhatsApp

Jika tidak sempat untuk memberikan undangan pada kerabat yang jauh, kamu boleh kok mengirimkannya melalui WhatsApp. Apalagi, cara ini dinilai paling ekonomis, karena kamu tidak perlu modal untuk mencetak undangan, hanya kouta internetmu harus memadai, ya. Undangan pernikahan via WhatsApp juga dinilai lebih efektif karena kamu tidak perlu merekrut jasa antar undangan, tapi pesan undangan bisa langsung tersampaikan secara cepat ke tujuan.

Idealnya, surat undangan yang ingin disebarkan via whatsApp ataupun media sosial lainnya tidak perlu muluk-muluk. Kamu bahkan disarankan untuk merangkai kata sesingkat mungkin, tapi penerima pesan segera paham bahwa kamu sedang mengundang mereka untuk datang di waktu dan tempat tertentu. Berikut ini contohnya:

UNDANGAN PERNIKAHAN

(nama calon mempelai wanita)

Menikah dengan

(nama calon mempelai pria)

Bismillahirrohmanirrohim…

Puji dan syukur hanyalah milik Allah Swt. Shalawat dan salam sungguh layak ditujukan untuk Rasulullah Saw.

Melalui surat ini, kami mengundang Bapak/Ibu, Saudara/i untuk berkenan hadir pada acara akad dan syukuran pernikahan yang rencananya akan diselenggarakan pada:

hari/tanggal : ………

waktu : ………

tempat : ………

Demikian surat undangan ini kami buat, semoga Bapak/Ibu, Saudara/i berkenan hadir. Akhir kata, semoga kita semua senantiasa bersyukur atas berkah dan rezeki yang diberikan-Nya tiada henti.

Aamiin.

Baca Juga: 9 Syarat Agar Pernikahan Dipenuhi Keberkahan

Demikianlah contoh undangan pernikahan yang bisa kamu jadikan referensi untuk merancang surat undanganmu sendiri. Ayo bersemangat mempersiapkan hari bahagiamu! Karena sejatinya pernikahan diharapkan menjadi momen sekali seumur hidup, rancanglah persiapannya secara serius, eksklusif dan tak terlupakan. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.