Cara Menggunakan Test Pack yang Tepat

Cara Menggunakan Tes Pack yang Tepat
aladokter.com

Seruni.id – Cara menggunakan test pack memang tampak sederhana dan mudah. Namun, penggunaan yang tidak tepat ternyata dapat memengaruhi hasilnya, loh. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengetahui bagaimana langkah yang tepat. Apalagi, bagi kamu yang masih tergolong ibu baru.

Cara Menggunakan Tes Pack yang Tepat
today.line.me

Test pack sendiri bekerja dengan membaca kadar hormon hCG (human chorionic gonadotropin) yang ada di dalam air seni atau urin. Jika urin mengandung hCG, maka alat tersebut akan mneunjukkan dua gamis merah yang artinya positif hamil. Jika hanya terdapat satu garis, tandnya negatif, alias sedang tidak hamil.

Meski petunjuk penggunaannya mudah, seringkali banyak perempuan keliru dalam menggunakan test pack. Karena itu, penting untuk mengetahui cara menggunakan test pack yang benar. Simak selengkapnya di sini.

1. Pilih Test Pack yang Baru dan Memiliki Sensitivitas Tinggi

Test pack bisa kamu dapatkan dengan mudah di mana saja, bisa di apotek ataupun di mini market. Namun sebelum membeli, pastikan kamu memilih test pack yang baru dan tidak kedaluawarsa. Karena jika kedaluwarsa, tingkat keakuratannya akan berkurang, tidak menutup kemungkinan akan menunjukkan hasil yang tidak valid.

Selain itu, penting sekali memilih test pack dengan sensitivitas tinggi, sehingga dapat mendeteksi kadar hormon hCG yang umumnya rendah di usia awal kehamilan. Ada beragam jenis test pack yang tersedia, mulai dari strip hingga berbentuk digital. Pilih yang paling nyaman dan paling sensitif untuk kamu gunakan.

2. Pastikan Menggunakan di Waktu yang Tepat

Cara menggunakan test pack tidak bisa dilakukan di sembarang waktu, loh. Waktu sangat berpengaruh sekali pada keakuratan hasil. Sebab, kalau kamu menggunakannya baru setelah beberapa hari sejak berhubungan intim, maka hasilnya bisa saja negatif, karena hormon hCG belum dihasilkan atau masih sangat rendah.

Jadi, disarankan untuk menggunakannya di hari pertama ketika terlambat haid atau 1-2 minggu setelah berhubungan intim. Kalau ingin mendapatkan hasil yang akurat, tunggulah sampai kamu terlamat selama 1-2 minggu. Jika memang hamil, diperkirakan pada waktu itu kamu sudah mencapai usia kehamilan enam minggu.

Penggunaan test pack tidak disarankan dilakukan pada siang hari, ya. Karena di siang hari kamu sudah banyak minum, sehingga membuat urin menjadi lebih encer. Kondisi urine yang encer membuat hormon hCG sulit untuk terdeteksi. Maka dari itu, gunakanlah alat kehamilan ini saat pagi hari setelah bangun tidur. Karena kondisi urin masih pekat, sehingga hasil yang didapatkan pun lebih akurat.

3. Ikuti Petunjuk Pemakaian

Tets pack memiliki beragam jenis yang berbeda, jadi pastikan kamu menggunakannya sesuai dengan petunjuk yang tertera, ya. Misalnya test pack jenis strip, cara menggunakan test pack sensitif strip yang benar umumnya dicelupkan pada urin selama 5-10 detik. Lalu ada juga test pack jenis stik, penggunaannya adalah dengan meneteskan urin pada alat tersebut. Terakhir ada test pack jenis digital yang pemakaiannya sama seperti test pack strip namun dapat digunakan berulang kali.

4. Membaca Hasil pada Test Pack

Cara menggunakan test pack tidak berhenti sampai pada cara di atas saja, kamu juga perlu mengetahui bagaimana membaca hasilnya. Perhatikan garis atau tanda yang muncul pada alat uji kehamilan tersebut. Jika test pack menunjukkan 2 garis merah, atau tanda (+), atau kata ‘Hamil’, artinya kamu positif hamil. Namun jika hasil test pack menunjukkan 1 garis merah, atau tanda (-), atau kata ‘Tidak Hamil’, artinya kamu sedang nggak hamil, Bela.

Ada kalanya test pack menunjukkan 2 garis namun salah satu di antaranya samar atau kurang jelas. Jika seperti ini, sangat disarankan untuk mencoba melakukan uji kehamilan ulang 1 minggu kemudian. Apabila hasil test pack menunjukkan positif, selamat! Kamu tengah hamil, Bela. Segera temui dokter kandungan untuk memeriksakan kehamilanmu lebih lanjut.

Baca Juga: Sedang Menjalani Program Hamil? Ini 6 Pantangan yang Harus Dihindari

Jadi, itulah cara menggunakan test pack yang benar. Jika saat ini kamu sedang menanti kehamilan, tentunya kamu harus mengetahui cara menggunakan alat tersebut. Sehingga nantinya hasil yang diperolah pun akurat dan kamu tidak bingung lagi. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.