8 Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Menghitam Secara Alami

  • Bagikan
8 Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Menghitam Secara Alami
hellosehat.com

Seruni.id – Bekas luka yang menghitam terkadang menjengkelkan. Apalagi, jika keberadaannya di tempat yang tidak tertutup. Pastinya akan mengurangi kepercayaan diri, kan? Untuk mengembalikan kepercayaan dirimu dan kulit kembali mulus, berikut Seruni telah merangkum beberapa cara menghilangkan bekas luka yang menghitam secara alami. Yuk simak satu per satu caranya.

1. Madu

8 Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Menghitam Secara Alami
klikdokter.com

Madu memiliki manfaat yang sangat banyak, salah satunya untuk menghilangkan bekas luka yang menghitam. Cairan kental dengan rasa manis ini, berperan sebagai anti radang, anti mikroba, dan anti jamur, sehingga mampu mengembalikan warna kulit aslimu.

Caranya juga sangat mudah, kok. Cukup oleskan madu secara rutin di daerah yang membutuhkan dan biarkan selama kurang lebih setengah jam. Kemudian bilas dengan air hangat. Kalau kamu rutin melakukannya, maka warna kulitmu akan kembali cerah, loh.

2. Jeruk Nipis

8 Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Menghitam Secara Alami
jovee.id

Buah dengan rasa asam ini, menjadi salah satu cara menghilangkan bekas luka yang menghitam. Hal ini terjadi lantaran adanya kandungan Alpha Hydroxy Acid (AHA) dalam jeruk nipis, di mana kandungan tersebut mampu mengangkat sel kulit mati, mempercepat proses regenerasi kulit, dan mengembalikan keelastisannya.

Ketika kamu menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan bekas luka yang menghitam, jangan heran kalau kulitmu jadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Sehingga jangan terlalu sering menggunakannya. Cukup dengan membelas jeruk nipis menjadi dua bagian, lalu oleskan pada kulit secara merata. Kemudian biarkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

3. Kunyit

8 Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Menghitam Secara Alami
id.theasiantparent.com

Rempah berwarna kuning yang sering dijadikan sebagai bumbu masakan ini, juga dikenal efektif dalam menghilangkan bekas luka yang menghitam. Hal ini karena adanya kandungan anti-oksidan dan kurkumin yang berfungsi menghaluskan dan mencerahkan kulit.

Untuk mengaplikasikannya, kamu cukup memarut kunyit hingga halus dan campurkan dengan madu secukupnya, aduk hingga merata, barulah aplikasikan ke bagian bekas luka. Biarkan selama 20-30 menit atau hingga mengering, setelah itu bilas menggunakan air dingin.

4. Bawang Merah

8 Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Menghitam Secara Alami
aladokter.com

Bawang merah memiliki sifat antiinflamasi, di mana kandungan tersebut dapat menghambat kolagen pada bekas luka, sehingga bekas luka tersebut menjadi samar-samar.

Namun, kalau kamu ingin memanfaatkan bawang merah untuk menghilangkan bekas luka yang menghitam pada bagian wajah, sebaiknya konsultasikan terelebih dulu dengan dokter, karena kulit wajah cenderung sensitif dariapda kulit tubuh bagian lainnya.

5. Lidah Buaya

8 Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Menghitam Secara Alami
m.solopos.com

Bukan hanya bawang merah, lidah buaya juga dipercaya efektif untuk menghilangkan bekas luka yang menghitam. Tidak hanya itu, lidah buaya juga dapat mengurangi pembengkakan, memperbaiki kerusakan kulit, serta meregenerasi kulit. Kamu cukup mengoleskan lidah buaya pada kulit yang terdapat bekas luka secara merata, lalu biarkan selama 15 menit.

Kalau sudah 15 menit, segera bilas dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa melakukan cara ini di pagi setelah banggun tidur dan malam hari sebelum tidur.

6. Mentimun

8 Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Menghitam Secara Alami
genpi.co

Lezat disantap dan kaya akan manfaat, ternyata mentimun juga bisa dijadikan bahan alami untuk menghilangkan bekas luka yang menghitam, karena dapat bekerja mendorong sel-sel kulit baru. Tidak hanya itu, mentimun juga kaya akan mineral dan vitamin.

Cara menggunakan mentimun untuk menghilangkan bekas luka yang menghitam adalah dengan mengirisnya, ketebalan irisannya sekitar 5 mm. Setelah itu, aplikasikan ke kulit yang membutuhkan. Biarkan selama 20 menit dan bersihkan menggunakan air dingin. Ramuan dari mentimun ini bisa kamu gunakan dua hingga tiga kali dalam seminggu.

7. Cuka Apel

8 Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Menghitam Secara Alami
ceklist.id

Cuka apel tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi jerawat meradang, tapi juga berfungsi sebagai penghilang bekas luka yang menghitam, karena mengandung asam asetat dan asam sitrat yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan membunuh bakteri.

Cara menggunakan cuka apel untuk menghilangkan bekas luka cukup simpel, kamu hanya perlu mencampurkan dua sendok teh cuka apel dan bubuk soda kue, lalu aplikasikan secara merata pada bekas luka tersebut. Agar bekas luka cepat hilang, lakukan cara ini tiga kali seminggu.

8. Minyak Zaitun

8 Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Menghitam Secara Alami
kumparan.com

Cara menghilangkan bekas luka  secara alami berikutnya adalah dengan rutin menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun kaya akan vitamin K dan vitamin E membuatnya baik untuk kesehatan kulit.

Apalagi minyak zaitun mengandung antioksidan dan asam yang tinggi, jadi efektif menghilangkan bekas luka. Untuk mengaplikasikannya, campurkan minyak zaitun dengan baking soda, lalu gosok secara perlahan ke area bekas luka. Untuk hasil optimal gunakan secara rutin.

Baca Juga: Hilangkan Luka Memar Lebih Cepat dengan 5 Cara ini!

Jadi, itulah delapan cara menghilangkan bekas luka yang menghitam secara alami dan bisa kamu lakukan di rumah. Tertarik untuk mencoba cara yang mana, nih?

  • Bagikan
seruni.id