Hilangkan Luka Memar Lebih Cepat dengan 5 Cara ini!

google.com

Seruni.id – Luka memar bisa terjadi karena seseorang terjatuh, atau terkena benturan yang menyebabkan bagian tubuh terlihat biru. Luka tersebut biasanya tidak meninggalkan rasa nyeri hanya pada satu area saja, melainkan akan menimbulkan efek pada ketidaknyamanan area tubuh yang lain. Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menghilangkan memar dengan lebih cepat.

[read more]

Kompres dengan Es

Hasil gambar untuk Kompres memar dengan Es
wikihow.com

Jika terdapat luka memar pada bagian tubuhmu, segeralah kompres dengan es. Mengompres pembuluh darah sekitar daerah memar, akan membuat darah yang keluar ke jaringan sekitar memar akan lebih sedikit. Untuk mengompresnya, cukup dengan menggunakan kain yang telah direndam air dingin, kemudian tempelkan pada daerah memar selama kurang lebih 10 menit.

Selain cara tersebut, ada metode lain yang bisa kamu lakukan, yaitu dengan menggunakan kantong berisi sayuran beku atau es batu, lalu dibungkus dengan handuk. Tempelkan pada bagian lebam selama 10 menit, kemudian lepaskan. Ulangi cara tersebut kira-kira 20 menit kemudian.

Mengonsumsi Pepaya atau Nanas

Hasil gambar untuk Mengonsumsi Pepaya atau Nanas
lifestyle.okezone.com

Selain mengobati dari luar, luka memar juga perlu diobati dari dalam, loh. Caranya dengan mengonsumsi buah pepaya ataupun nanas. Kedua buah ini mengandung bromelain, yang dipercaya mampu membantu menghancurkan protein penyebab darah dan cairan yang terperangkap dalam jaringan tubuhmu.

Mengoleskan Vitamin C pada Luka Memar

Gambar terkait
wholefoodsmagazine.com

Kamu bisa mengoleskan vitamin C pada kulit yang luka. Caranya, hancurkan tablet vitamin C dan mencampurkannya dengan sedikit air, dan aduk hingga membentuk seperti pasta. Kemudian, oleskan pada bagian yang memar, biarkan hingga kering. Setelah itu, bisa langsung dibilas dengan air.

Gunakan Daun Seledri

Gambar terkait
posciety.com

Ternyata daun seledri juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan luka memar lebih cepat. Gunakan satu genggam daun seledri yang telah dihancurkan, lalu aplikasikan di atas luka memar, kemudian balut dengan perban. Para alhi mengatakan, seledri dapat membantu mengurangi peradangan atau inflamasi, dan mengurangi rasa nyeri.

Memijat Lembut Bagian Luka Memar

Hasil gambar untuk Memijat Lembut Bagian Luka Memar
faktualnews.co

Untuk menghilangkan memar lebih cepat, kamu bisa melakukan pijatan lembut pada bagian luar luka memar. Namun, jangan memijat terlalu kuat atau menekan bagian tengah luka ya, karena akan menyebabkan rasa sakit. Pijatlah dengan gerakan memnutar utnuk melancarkan sirkulasi darah. Ini akan membantu menghilangkan memar dengan sendirinya.

[/read]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.