15 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah dengan Cepat

15 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah dengan Cepat
google.com

Seruni.id – Siapa sih yang tidak ingin punya wajah bersih, mulus, tanpa jerawat atau bruntusan? Tentunya setiap wanita mendambakan hal tersebut. Namun sayangnya, bruntusan kerap kali muncul di daerah sekitaran wajah, sangat menganggu sekali, kan? Banyak dari kalian yang mungkin bertanya-tanya mengenai cara menghilangkan bruntusan di wajah. Tapi sebelumnya tahu gak sih apa itu bruntusan?

15 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah dengan Cepat
google.com

Dilansir dari dokter sehat, bruntusan merupakan salah satu dari banyaknya masalah kulit wajah. Bruntusan adalah kondisi di mana terdapat bintik-bintik kecil berwarna kemerahan di sekitar area wajah, seperti di jidat, dagu, dan sekitarnya. Bruntusan tidak hanya akan menurunkan estetika wajah, tetapi juga menimbulkan rasa gatal dan perih saat berkeringat, yang berpotensi mengalami iritasi akibat garukan.

Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Munculnya bruntusan pada wajah lebih banyak disebabkan oleh faktor kebersihan. Oleh karena itu, membersihkan wajah dengan teratur adalah cara menghilangkan bruntusan di jidat maupun di area wajah lainnya dengan efektif. Berikut sejumlah tips atau cara menghilangkan bruntusa dengan cepat:

1. Masker Wajah
bicaraperempuan.com

Bruntusan bisa muncul di mana saja, bisa bruntusan di dagu, maupun di area wajah lainnya. Nah, masker tidak hanya bermanfaat untuk mencerahkan wajah saja, loh. Tapi juga bisa untuk menghilangkan bruntusan. Namun, masker yang digunakan bukan sembarang masker, ya. Kamu bisa memakai masker yang berbahan alami seperti aloe vera, daun teh, hingga madu juga dipercaya menjadi cara menghilangkan bruntusan pada wajah yang efektif.

Untuk menghilangkan bruntusan, sebaiknya gunakan masker dengan rutin, ya. Kapan sih waktu yang tepat? Waktunya adalah seperti saat mau tidur malam, sampai nanti hasilnya terlihat. Setelah bruntusan hilang, ada baiknya kamu tetap menggunakan masker wajah tersebut, ya. Tujuannya agar mencegah bruntusan tidak datang lagi.

2. Cuka Apel
google.com

Wajahmu bruntusan parah? Tenang, cuka apel bisa menjadi salah satu solusinya nih. Zat asam asetat yang terkandung di dalamnya dikenal baik untuk meredakan peradangan dan infeksi pada kulit. Untuk penggunaannya pun cukup mudah, kamu tinggal mengaplikasikan cuka apel pada wajah dengan kapas ke area yang bruntusan.

Lalu, diamkan selama beberapa menit sebelum kapas diangkat. Nah, agar hasilnya efektif, dan bruntusan dapat hilang dengan cepat, sebaiknya ulangi perawatan ini dua sampai tiga kali dalam sehari. Lakukan secara rutin, hingga bruntusan di wajahmu benar-benar hilang.

3. Es Batu
lifestyle.kompas.com

Es batu tidak hanya digunakan sebagai pendingin minuman atau makanan saja, namun juga bisa dimanfaatkan untuk wajah, seperti menghilangkan bruntusan misalnya. Dengan menggunakan es batu, bisa menjadi cara menghilangkan bruntusan dalam semalam, loh. Sensasi dingin yang dihasilkan oleh es batu, dapat mengurangi rasa gatal yang ditimbulkan akibat bruntusan.

Cara ini pada dasarnya dimanfaatkan untuk mengempiskan dan mengurangi kemerahan akibat jerawat di wajah. Karena masalah wajah bruntusan tidak separah jerawat, maka cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan es batu, dirasa sangat ampuh untuk menyembuhkannya dalam semalam. Bahkan, sudah banyak yang berhasil membuktikannya sendiri, loh.

4. Oatmeal
livin3.com

Tak hanya baik untuk dikonsumsi, oatmeal juga bermanfaat untuk menghilangkan bruntusan pada wajah. Kandungan alami pada oatmeal dipercaya mampu meredakan potensi iritasi. Sifat anti-inflamasi pada oatmeal berguna menyembuhkan peradangan.

Cara penggunaannya, cukup kamu lumatkan oatmeal dengan menggunakan blender, setelah itu dicampurkan dengan air hangat. Kemudian, barulah cuci wajahmu dengan menggunakan ramuan alami ini sambil digosok sesekali dan pijat perlahan selama kurang lebih 10-15 menit. Lakukan cara ini dengan rutin hingga bruntusan di wajah hilang.

5. Baking Soda
;iputan6.com

Baking soda dikenal sebagai bahan pelengkap untuk membuat kue. Namun, baking soda ini ternyata bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan bruntusan. Sama seperti oatmeal, bahan ini juga bersifat anti-inflamasi. Kemampuannya dapat meredakan perdangan termasuk bruntusan pada kulit wajah.

Namun, baking soda tergolong agak asam dan keras, jadi tidak disarankan untuk digunakan bagi kamu pemilik kulit sensitif karena berpotensi menimbulkan iritasi. Caranya gimana sih? Pertama-tama, sediakan baking soda secukupnya, campurkan dengan air. Setelah itu, oleskan campuran tersebut ke bagian wajah yang bruntusan. Lalu, diamkan selama 10-15 menit sebelum dibilas menggunakan air bersih. Lakukan cara ini dengan rutin, ya.

6. Tomat
google.com

Buah tomat juga dipercaya ampuh untuk menghilangkan bruntusan pada wajah secara alami. Cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan tomat sangat mudah, loh. Kamu hanya perlu beberapa buah tomat, kemudian dihaluskan dengan menggunakan blender, setelah itu jadikan tomat yang sudah halus sebagai masker wajah.

Jika tidak memungkinkan untuk diblender, cukup memotong tomat dan mengoleskan bagian dalam tomat pada wajah secara merta. Dan diamkan 10-15 menit, kemudian bilas wajah dengan air bersih.

7. Madu
lifestyle.sindonews.com

Sudah sejak lama madu diklaim mampu mengatasi berbagai permasalahan kulit, seperti kulit kusam dan berjerawat. Manfaat madu untuk wajah juga mencakup pembersihan bruntusan pada wajah.

Pertama-tama, cuci wajah kamu terlebih dahulu, kemudian barulah aplikasikan madu secara merata. Diamkan kurang lebih selama 30 menit, kemudian bilas menggunakan air bersih dan sabun muka. Lakukan cara menghilangkan bruntusan dengan madu secara rutin.

8. Teh Hijau
google.com

Mengonsumsi teh hijau ternyata tidak hanya dapat melangsingkan tubuh saja, tetapi juga efektif untuk menghilangkan bruntusan, hal ini dikarenakan teh tersebut diperkaya oleh zat antioksidan dan yang baik untuk kesehatan kulit.

9. Lidah Buaya
aladokter.com

Memberikan efek dingin, lidah buaya mampu meredakan rasa gatal akibat bruntusan. Lisah buaya yang kaya akan vitamin E ini ampuh mengatasi luka bakar dan gatal akibat iritasi. Cara menggunakannya cukup mudah, hanya mengaplikasikan gel lidah buaya di area bruntusan. Kemudian bilas dengan air dingin. Namun, jika kamu tidak ingin ribet, kamu bisa membeli gel lidah buaya di apotik atau toko obat.

10. Lemon
google.com

Lemon telah lama dikenal sebagai buah yang kaya akan kandungan vitamin C. Tak hanya berguna mencerahkan kulit, kandungan tersebut ternyata juga baik sebagaik bahan antiseptik dan anti inflamasi. Maka, tak heran jika lemon juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bruntusan. Namun, lemon cenderung memiliki kandungan asam yang cukup tinggi, sehingga kurang disarankan untuk kulit senditif.

11. Minyak Cengkeh
google.com

Minyak cengkeh ini bisa kamu temukan di salon atau di tempat SPA. Carilah sebotol kecil minyak cengkeh. Sebab, dipercaya mengandung bahan eugenol yang mampu mengatasi rasa gatal dan menenangkan kulit. Sebelum mengaplikasikannya di wajah yang bruntusan, lebih baik campulah minyak tersebut dengan sedikit air.

12. Minyak Zaitun
google.com

Selain minyak cengkeh, menghilangkan bruntusan juga bisa dengan minyak alami yang satu ini. Selain dapat melembapkan kulit, minyak zaitun juga mengandung vitamin E yang berguna sebagai antioksidan. Kandungan tersebut juga bisa dipakai untuk mencegah bruntusan di wajah.

Caranya, campurkan minyak zaitun dan madu dengan takaran secukupnya. Kemudian oleskan campuran tersebut ke bagian wajah yang bruntusan. Diamkan selama beberapa saat, kemudian barulah dibilas dengan air bersih. Lakukan cara ini hingga bruntusan di wajahmu mereda.

13. Exfoliating
google.com

Menghilangkan bruntusan tak cukup hanya dengan membersihkan wajah dengan sabun pencuci muka. Namun, kamu juga perlu melakukan eksfoliasi, yakni pengangkatan sel kulit mati dan minyak berlebih yang menjadi pemicu terjadinya bruntusan.

Gunakan produk eksfoliasi yang mengandung slicylic acid yang memiliki efektivitas tinggi dalam mengangkat sel kulit mati, pun mengatasi minyak berlebih, karena sifatnya soluble oilnya yang mampu menembus pori-pori wajah. Eksfoliasi ini dapat dilakukan sebanyak 1 (kali) dalam seminggu minimal. Untuk hasil yang lebih maksimal, ternyata bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, eksfoliasi baiknya dilakukan lebih dari sekali dalam seminggu.

14. Moisturizer
popsugar.com

Kulit yang berminyak adalah salah satu pemicu terjadinya bruntusan pada wajah. Oleh karena itu, cara menghilangkan bruntusan di wajah akibat kulit berminyak adalah dengan menggunakan krim pelembab khusus wajah. Moisturizer berfugsi untuk melembabkan kulit wajah sehingga kulit tidak perlu bekerja ekstra yan mana hal tersebut bisa memicu timbulnya bruntusan pada wajah.

15. Mengurangi Pemakaian Makeup
google.com

Makeup memang penting untuk menunjang penampilan. Namun, suka tidak suka, makeup adalah penyebab bruntusan. Oleh karena, cara menghilangkan bruntusan yang kiranya juga harus Anda lakukan adalah mengurangi pemakaian makeup.

Penyebab Bruntusan pada Kulit

Kulit yang mengalami bruntusan, baik di wajah ataupun di bagian tubuh lainnya, disebabkan oleh pemakaian produk makeup yang tidak benar, atau penyakit kulit lainnya. Berikut beberapa contoh lain penyebab bruntusan:

1. Komedo

Adanya komedo terbuka dan komedo tertutup pada kulit menyebabkan permukaan kulit yang tidak rata alias beruntusan. Komedo disebabkan karena kebersihan yang kurang terjaga, penggunaan produk skincare yang tidak cocok, sering terpapar polusi udara, dan lain-lain.

2. Jerawat

Gejala jerawat bervariasi, dari adanya papula (bintik-bintik kemerahan pada kulit), pustula (bintik putih berisi nanah), dan nodul (benjolan kemerahan, disertai peradangan dan nyeri). Disebabkan karena wajah yang berminyak, banyaknya sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan bakteri penyebab jerawat (P. Acne) dalam jumlah banyak.

3. Milia

Milia adalah bintik kecil putih pada kulit, terutama kulit wajah. Milia disebabkan oleh keratin kulit yang terperangkap di dalam fokikel rambut dan kelenjar minyak pada kulit. Bisa pada bayi, anak kecil dan dewasa. Tidak Berbahaya. Biasanya tidak ada gejala, tidak gatal. Bisa hilang dengan sendirinya.

4. Kutil Kulit

Kutil kulit atau disebut juga dengan verruca adalah disebabkan karena human papilloma virus. Menyebabnya bintik-bintik kecil pada kulit. Bisa berwarna seperti kulit, cokelat atau kehitaman.

5. Eksim

Eksim ditandai dengan adanya ruam kemerahan yang menyebabkan beruntusan pada kulit. Ada beberapa jenis eksim, yang paling sering adalah eksim atopik, eksim seborhoik, eksim kontak dengan paparan alergen. Eksim juga disertai dengan kulit yang bersisik dan gatal.

6. Folikulitis

Folikulitis adalah peradangan pada folikel rambut, biasanya pada daerah kulit yang berambut seperti pada wajah, janggut, ketiak dan area kemaluan. Sering dipicu karena habis bercukur. Berupa bintik2 kemerahan pada kulit yang menyebabkan kulit seperti beruntusan.

7. Keratosis Pilaris

Keratosis pilaris atau chicken skin adalah penyakit yang umum terjadi. Dapat merupakan tanda kulit sensitif dan berhubungan dengan eksim atopik. Bisa pada anak-anak maupun dewasa. Gejala KP adalah bintik-binitk berwarna seperti kulit, pada sebagian kasus dapat meradang dan berwarna kemerahan. Bintik-bintik ini seringkali berkelompok dan memberikan sensasi perabaan kasar seperti kulit ayam.

Itu dia informasi mengenai cara menghilangkan bruntusan beserta penyebab bruntusan pada umumnya. Menjaga kebersihan wajah dan kulit adalah kunci utama agar kamu senantiasa terbebas dari bruntusan. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.