12 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah

manfaat lidah buaya untuk wajah
beritagar.id
5/5 (1)

Seruni.id – Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang digunakan untuk pengobatan hingga kecantikan. Saat ini, sering kita dapati produk berbahan dasar lidah buaya. Namun, tahukah kamu? Ternyata manfaat lidah buaya untuk wajah sangatlah banyak? Mulai dari menghilangkan flek hitam, sampai menghilangkan jerawat.

Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah
brilio.net

Lidah buaya atau aloe vera banyak digunakan untuk kecantikan karena memiliki kandungan yang luar biasa. Di antaranya ada glukosa, antioksidan, kalsium, natrium, magnesium, dan vitamin A, B, C, E, dan folat. Selain itu, lidah buaya juga memiliki sifat antipenuaan alami dan antiradang, serta mengandung tujuh dari delapan asam amino esensial. Apakah manfaat lidah buaya untuk wajah? Berikut dafatrnya:

1. Dapat Menghaluskan Kulit

Tanaman yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam ini, biasanya kerap digunakan untuk penyubur rambut dan juga menghitamkan rambut. Namun, siapa sangka, lidah buaya juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bahan yang bisa menghaluskan kulit wajah. Bisa kita lihat, sekarang banyak produk skincare yang menggunakan aloe vera sebagai bahan utamanya.

Mulai dari facial wash, masker wajah, hingga gel aloe vera yang booming dan memiliki berbagai macam manfaat. Nah, daripada kamu harus membeli skincare lidah buaya yang harganya bisa mencapai puluhan hingga ratusan ribu, dan belum menjamin keasliannya, lebih baik kamu membuat racikannya sendiri di rumah. Mudah kok. Untuk membuat racikan alami dengan lidah buaya, bahan yang diperlukan hanyalah lidah buaya dan juga madu.

Kedua bahan alami ini nantinya akan digabungkan hingga benar-benar merata, yang kemudian diaplikasikan ke seluruh bagian wajah yang sebelumnya telah dibersihkan. Kemudian, diamkan kurang lebih selama 20 menit lalu dibilas dengan air. Jika kamu ingin mendapatkan hasil yang memuaskan, maka lakukan cara ini pada malam hari sebelum tidur.

2. Dapat Menghilangkan Komedo

Wajah yang penuh dengan komedo memang sangat menganggu dan menjengkelkan, terlebih jika komedo tersebut sudah menumpuk sehingga terlihat dengan jelas. Memang banyak cara untuk menghilangkan komedo yang ada di wajah, misalnya saja perawatan di salon. Namun, untuk melakukan perawatan tentunya kita harus mengeluarkan uang yang lebih ‘kan? Selain itu, komedo yang hilang karena hasil facial justru akan mudah untuk kembali, loh.

Tahu gak sih, manfaat lidah buaya untuk wajah tidak hanya berguna untuk menghaluskan saja, tapi juga dapat menghilangkan komedo. Selain alami, menghilangkan komedo dengan lidah buaya pun terlibang sangat aman. Kamu bisa mencobanya sendiri di rumah. Langkahnya gimana sih? Mudah banget, loh. Yang pertama, siapkan lidah buaya, air hangat, dan handuk bersih untuk wajah. Handuk yang digunakan harus memiliki serat yang lembut ya, sehingga tidak membuat kusam ataupun wajah menjadi rusak.

Setelah itu, jangan lupa untuk mengupas kulit lidah buaya yang telah disiapkan, dan sisihkan gel atau lendir di dalamnya kesebuah wadah bersih. Cuci hingga bersih dan haluskan. Namun sebelum menggunakan gel lidah buaya ini, kamu harus terlebih dahulu membersihkan wajah dengan air hangat, karena bisa saja banyak kotoran yang menempel pada wajahmu, apalagi jika aktivitasmu padat. Air hangat tersebut berguna untuk membuka pori-pori sehingga komedo bisa terangkat dengan mudah.

Kemudian, barulah oleskan gel lidah buaya tersebut pada bagian wajah yang berkomedo, pijat halus wajah selama lima menit untuk melunakkan komedo. Dan diamkan beberapa saat hingga mengering, jika sudah mengering barulah bisa menggunakan air bersih dan segera keringkan dengan handuk wajah.

3. Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah

Selanjutnya, manfaat lidah buaya untuk wajah flek hitam. Apa sih flek hitam itu? Flek hitam merupakan sebuah kondisi yang disebabkan karena peningkatan kadar melanin, pigmen dalam tubuh yang menentukan warna kulit. Meskipun kondisi ini memang lebih banyak dialami oleh mereka yang memiliki kulit cenderung gelap, karena mereka memiliki lebih banyak melanin. Munculnya flek hitam bisa disebabkan karena hiperpigmentasi, ketidakseimbangan hormonal, gangguan kulit, kerusakan hati, sampai terlalu sering terpapar sinar matahari.

Lalu, gimana sih cara menghilangkan flek hitam yang menempel pada kulit wajah? Jawabannya adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami, terutama lidah buaya. Caranya dengan membuat lidah buaya menjadi sebuah gel/masker. Jadi, yang diambil hanyalah bagian dalam lidah buaya, sebelum mengaplikasikan lidah buaya, pastikan wajahmu sudah benar-benar bersih, ya.

Kemudian, barulah aplikasikan secara merata dan diamkan selama 30 menit hingga benar-benar meresap, setelah itu, bersihkan wajah menggunakan air dingin dan keringkat menggunakan handuk lembut. Lakukan cara ini minimal dua kali dalam seminggu di saat pagi dan malam hari, maka kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

4. Sebagai Make Up Remover

Jika selama ini kamu selalu mencari bahan alami yang bisa menghapus make up di wajah, maka lidah buaya adalah jawabannya. Tak seperti produk kosmetik pada umumnya, yang mungkin mengandung bahan kimia berbahaya, yang justru membuat kulit menjadi kering, namun tidak dengan gel lidah buaya.

Lidah buaya justru lebih sehat dan dapat melembabkan kulit. Oleh karena itu, jangan malas menggunakan ekstak gel lidah buaya sebagai pembersih wajah yang alami. Sebab, terkadang maskara ataupun eyeliner menjadi bagian yang sulit dihapus. Agar hasilnya lebih maksimal, kamu bisa kok menambahkan gel lidah buaya dengan minyak zaitun.

5. Dapat Mengecilkan Pori-pori

Pori-pori yang besar tidak hanya membuat kulit menjadi lebih kasar, tapi juga membuat make up menjadi kurang sempurna. Bagi kamu yang memiliki kondisi kulit wajah seperti ini. Kamu harus tahu nih, manfaat lidah buaya untuk wajah yang satu ini. Ternyata, lidah buaya atau aloe vera dipercaya sejak dulu mampu membersihkan kulit.

Enzim yang terkadang di dalam lidah buaya mampu membersihkan kotoran dan mengecilkan pori-pori wajah. Caranya dengan mengambil gel lidah buaya secukupnya, aplikasikan pada bagian wajah dan gosok perlahan. Biarkan selama kurang lebih lima menit sampai mengering, setelah itu baru deh dibilas dengan air.

6. Menghilangkan Jerawat

Mungkin kamu adalah salah satu orang yang sudah lelah melakukan berbagai cara untuk menghilangkan jerawat. Mulai dari penggunaan skin care hingga ke dokter kulit. Namun, jerawat tak kunjung sembuh, bahkan malah semakin meradang? Tapi, apakah kamu pernah mencoba metode yang satu ini?

Ya, menghilangkan jerawat dengan lidah buaya. Dalam ritual perawatan wajah, aloe vera merupakan salah satu bahan alami yang sudah efektid untuk mengobati jerawat. Kandungan antioksidan, vitamin dan mineral dan gel lidah buaya dapat membantu mengurangu rasa nyeri sekligus mengobati jerawat.

Selain itu, lidah buaya juga mengandung hormol giberlin dan polidakarida yang akan bertindak sebagai anti-bakteri untuk membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Zat-zat alami yang terkandung di dalamnya juga dapat membantu menghilangkan minyak berlebih, kotoran dan sel kulit mati pada wajah.

7. Sebagai Penyegar Wajah

Rasa lelah akibat aktivitas yang padat sering kali membuat wajah terasa tidak segar. Ditmabah lagi dengan terpaan polusi setiap hari, tentu wajah akan semakin terlihat kusam dan tidak segar. Tak hanya tubuh, wajah juga butuh kesegaran yang ekstra. Misalnya dengan menggunakan campuran gel lidah buaya dan minyak esensial pappermint sebagai penyegar.

Saat menyiapkannya, masukkan kedua bahan alami tersebut ke dalam botol semprot, agar lebih segar lidah buaya yang telah di masukkan ke dalam botol bisa kamu masukkan ke dalam lemari pendingin. Setelah itu, pakailah gel lidah buaya tersebut kapanpun kamu membutuhkannya.

8. Mencerahkan Wajah Kusam

Manfaat lidah buaya untuk muka berikutnya dapat mencerahkan wajah yang kusam. Menggunakan lidah buaya merupakan salah satu cara alami memutihkan wajah terbaik. Manfaat lidah buaya untuk mencerahkan wajah sudah tidak perlu diragukan lagi. Secara klinis, gel lidah buaya telah diteliti mengandung nutrisi dan zat-zat yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Journal of Cutaneous and Aesthetic Surgery pada 2013 lalu, menyatakan bahwa gel lidah buaya dan bahan aktif mengandung efek agregat melanin fisiologis yang secara signifikan dapat mencerahkan kulit melalui stimulasi eksternal. Berarti hanya dengan menaplikasikan gel lidah buaya secara teratur dapat menjadikan kulit menjadi lebih cerah dan putih secara alami.

9. Menyamarkan Bekas Jerawat

Manfaat lidah buaya untuk wajah yang lainnya adalah untuk menyamarkan bekas jerawat. Beberapa penelitian dan riset terbaru dari Asia menyatakan bahwa lidah buaya mengandung zat anti-inflamasi yang berfungsi untuk mempercepat penyembuhan luka dan bekasnya. Hebatnya lagi, menurut hasil penelitian Asia, mereka menyatakan bahwa lidah buaya mampu menyamarkan bekas luka termasuk bekas jerawat yang seimbilan kali lebih cepat dari pengobatan konvensional hanya dengan mengoleskannya.

10. Melembabkan Kulit Wajah

Hasil penelitian dari The Indian Journal of Dermatologi menyatakan bahwa lidah buaya mengandung mineral alami yang cukup efektif untuk melembabkan kulit yang kering. Untuk mendapatkan manfaat dari lidah buaya ini, kamu cukup mengupas dan mengoleskan bagian gelnya ke seluruh permukaan wajah yang kering. Gunakan secara teratur agar mendapatkan kulit wajah yang lembab.

11. Mencegah Penuaan Dini

Menurut sebuah penelitian, manfaat lidah buaya untuk wajah yang belum banyak diketahui yaitu dapat mencegah penuaan dini. Sebuah riset yang dilakukan oleh The Annals of Dermatology menyatakan, bahwa gel lidah buaya sudah dibuktikan memiliki efek anti penuaan pada kulit dan wajah. Gel dari lidah buaya ini akan bekerja dengan cara merangsang produksi kolagen yang bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori kulit, mengencangkan dan menjaga elastisitas kulit.

12. Menyembuhkan Luka Bakar

Tidak banyak obat yang bisa meringakan rasa terbakar yang gatal dan melembutkan seperti lidah buaya ini. Itu karena, sifat pelembap alami dan kandungan antioksidan kuat yang melindungi dan memperbaiki sel kulit yang rusak. Lidah buaya sangat efektif untuk mengobati luka bakar.

Pada kondisi luka bakar derajat pertama dan kedua yang diobati dengan lidah buaya akan berisiko sembuh lebih besar rata-rata Sembilan hari lebih cepat dibandingkan dengan luka bakar yang tidak diobati.

Tips Memaksimalkan Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah

manfaat lidah buaya untuk wajah
resepkoki.com

Berikut ini merupakan beberapa tips untuk memaksimalkan pemanfaatan lidah buaya untuk perawatan kulit dan wajah. Agar manfaat lidah buaya dapat diperoleh secara maksimal, sebelum menggunakan lidah buaya, sebaiknya bersihkan getahnya terlebih dahulu. Getah lidah buaya merupakan cairan berwarna kuning kecoklatan yang biasanya keluar beberapa saat setelah kita memetik daun lidah buaya.

Sebab, getah lidah buaya dapat menyebabkan wajah akan terasa gatal dan muncul bintik-bintik kecil di kulit wajah. Oleh karena itu, sebelum pemakaian sebaiknya bersihkan lidah buaya hingga benar-benar bersih dan tidak ada getah yang tersisa.

Caranya dengan meletakkan daun lidah buaya dalam posisi berdidi selama 15 menit setelah dipetik, agar seluruh getah dapat keluar seluruhnya. Setelah itu, barulah bersihkan lidah buaya dengan air dan jika perlu gunakan sikat gigi untuk menggosok bagian kulit.

Melakukan Tes Kulit Sebelum Mengaplikasikan Gel Lidah Buaya

manfaat lidah buaya untuk wajah
wajibbaca.com

Lidah buaya memang memiliki segudang manfaat untuk wajah. Namun ada beberapa kiat atau tips aman untuk bisa mendapatkan khasiatnya secara penuh. Tentunya, hal ini untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan.

Pastikan kamu untuk selalu menggunakan gel lidah buaya yang masih segar. Segar disini maksudnya adalah gel lidah buaya baru diambil langsung dari daun lidah buaya segar. Lidah buaya yang asli dan masih segar mengandung semua senyawa penting yang sangat efektif untuk membantu mengatasi berbagai masalah kulit khususnya di wajah.

Buat kamu yang memiliki kondisi kulit sensitif, ada baiknya untuk melakukan tes kulit terlebih dahulu sebelum menggunakannya sebagai masker wajah. Kamu bisa mencobanya dengan mengoleskan sedikit gel lidah buaya pada punggung tangan atau daun telinga bagian belakang.

Nah, apabila bagian tersebut terasa gatal atau muncul kemerahan, maka cucilah segera area tersebut denga air sampai bersih dan hentikan pemakaian. Pasalnya, apabila daerah tersebut merasakan ketidakcocokan terhadap lidah buaya, maka tidak dianjurkan untuk menggunakannya sebagai perawatan untuk wajah.

Itulah 12 khasiat dari tanaman sejuta manfaat ini untuk wajah yang bisa digunakan setiap hari atau bisa juga kamu aplikasikan dengan menggunakan madu mentimun, minyak zaitun, yang sama-sama bermanfaat untuk wajah. Selamat mencoba.

Berikan Dukungan Kepada Kami Dengan Memberikan Rating

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.