20 Cara Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alami

20 Cara Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alami
google.com

Seruni.id – Ada banyak masalah wajah yang kerap dialami oleh pria atau wanita. Mulai dari jerawat, bekas jerawat, wajah kusam, kulit bersisik, minyak berlebih, sampai terdapat komedo yang menumpuk di area sekitaran wajah. Komedo sendiri sering kali membuat orang merasa tidak nnyaman. Meskipun terbilang sepele, kemunuculan komedo ini terkadang membuat seseorang tidak percaya diri, loh. Berbagai cara menghilangkan komedo pun kerap mereka lakukan, namun sayangnya bukan malah menghilang justru semakin penumpuk.

merdeka.com

Komedo merupakan sebuah benjolan (papula) kecil yang terdapat pada permukaan kulit. Perlu diketahui, bahwa komedo termasuk ke dalam jenis jerawat, namun jenis yang ringan. Tak hanya terdapat di wajah, komedo juga bisa timbul di area bahu, punggung, lengan, leher, dan dada. Penyebabnya bisa dikarenakan sel kulit mati dan minyak yang terkumpul pada ujung luar folikel rambut. Komedo tampak hitam disebabkan karena kulit di atas komedo terbuka dan terpapar udara.

Jenis-jenis Komedo

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara menghilangkan komedo, nah ada baiknya kamu mengetahui jenis-jenis komedo nih. Tujuannya agar ketika membersihkannya bisa lebih mudah dan efektif. Komedo terbagi menjadi dua jenis, di antaranya sebagai berikut:

Komedo Hitam

Komedo hitam merupakan jenis yang kerap dialami oleh banyak orang dimana pori-pori yang penuh dengan bakteri dan minyak etika terkena udara, warnanya akan berubah menjadi gelap.

Komedo Putih

Nah, komedo yang satu ini biasanya berupa benjolan kecil yang berada di bagian bawah epitel kulit. Cara menghilangkan komedo putih ini memang sedikit lebih sulit dibandingkan dengan cara menghilangkan komedo hitam. Karena untuk menghilangkannya butuh sedikit luka agar komedo tersebut bisa keluar. Diperlukan ahli kecantikan profesional untuk menghilangkan komedo putih ini.

Penyebab Komedo

Penyebab munculnya komedo hitam maupun putih tentu berbeda. Komedo hitam biasanya disebabkan oleh debu dan kotoran yang menempel pada wajah yang berpori-pori besar. Jenis komedo yang satu ini juga bisa dibilang paling umum dialami oleh setiap orang.

Sedangkan, komedo putih disebabkan oleh kotoran dan keringat yang becampur. Komedo jenis ini bukan hanya akan menganggu penampilan, namun juga dapat menyebabkan jerawat.

Perlu kamu ketahui, bukan tidak mungkin jika seseorang mengalami dua jenis komedo sekaligus dalam satu waktu. Ini tentunya kembali lagi pada ukuran pori-pori dan juga faktor penyebab komedo.

Lantas, apakah ada cara menghilangkan komedo atau cara membersihkan komedo yang alami dan efektif?

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

1. Air Hangat
bebasjerawat.id

Air hangat dipercaya dapat membuka pori-pori pada kulitmu, sehingga kotoran yang menumpuk pada kulit akan keluar dengan sendirinya. Nah, cara mengeluarkan komedo yang membandel dengan air hangat ini, sangat mudah sekali, mengingat bahan yang digunakan pun sangat alami dan tidak memimbulkan efek samping.

Caranya:

• Pertama-tama, masaklah air kurang lebih sebanyak 1 liter sampai mendidih atau terasa hangat. Setelah itu, masukkan ke dalam sebuah wadah.

• Jika sudah, kemudian hadapakan wajahmu pada wadah yang berisi air hangat tadi.

• Biarkan uap air panas membuka pori-pori wajah.

2. Masker Putih Telur
google.com

Kita tentu sudah tahu, bahwa putih telur merupakan bahan alami yang sangat efektif untuk mengeluarkan komedo di area hidung. Caranya pun tentu sangat mudah, kamu hanya perlu menyediakan putih telur dari satu butir telur untuk sekali pemakaian. Jika kamu tertarik untuk menerapkan cara menghilangkan komedo secara alami ini, jangan lupa gunakan tisu, ya.

Caranya:

• Siapkan satu butir telur, kocok sampai mengeluarkan busa.

• Gunting tisu sesuai dengan kebuturan.

• Kemudian, oleskan putih telur ke bagian wajah yang berkomedo (seperti hidung)

• Lapisi dengan tisu yan telah digunting.

• Oleskan kembali kocokan putih telur di bagian atas tisu, dan tunggu hingga benar-benar kering (kurang lebih 30 menit).

• Lepaskan tisu yang ditempelkan di wajah dari arah bawah ke atas, kemudian bersihkan wajah menggunakan air biasa dan rasakan perbedaannya.

3. Pasta Gigi
nationalgeogra[hic.grid.id

Pada dasarnya, pasta gigi memang mengandung flouride dan mineral. Kedua senyawa ini dipercaya dapat digunakan sebagai cara menghaluskan wajah yang kasar akibat komedo yang menempel di wajah. Namun, memang benar, bahwa pasta gigi merupakan hasil produksi pabrik yang sepenuhnya tidak menggunakan bahan alami. Sebab itu, sebaiknya kamu memilih pasta gigi yang menggunakan bahan herbal. Penasaran bagaimana cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi ini?

Caranya:

• Siapkan pasta gigi herbal, kemudian oleskan secara merata pada wajah.

• Diamkan selama kurang lebih 15 menit.

• Jika sudah, barulah bilas dengan menggunakan air bersih.

4. Perasan Lemon, Gula Pasir, dan Madu
wajibbaca.com

Cara menghilangkan komedo hitam membandel maupun komedo putih, bisa juga dengan menggunakan perasan air lemon, gula pasir, dan madu, loh. Meskipun bahan yang digunakan lebih banyak, namun bahan-bahan ini sangat mudah didapatkan. Bagaimana caranya?

Caranya:

• Siapkan lemon, 1 sendok makan gula pasir, serta 1 sendok makan madu.

• Siapkan wadah, campurkan semua bahan tersebut.

• Oleskan campuran bahan tersebut ke permukaan wajah yang berkomedo.

• Pijat wajah perlahan-lahan dengan arah yang melingkar.

• Kemudian, diamkan selama 5-10 menit, lalu bersihkan wajah dengan menggunakan kain basah.

5. Lidah Buaya
aladokter.com

Bahan alami yang satu ini sudah populer dengan berbagai khasiatnya untuk perawatan tubuh. Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, pasti sudah tidak asing lagi dengan manfaat yang dimiliki oleh tumbuhan yang satu ini. Lidah buaya mengandung saponin dan astrigent yang berguna sebagai zar anti-mikroba dan anti-bakteri, gelnya akan menjadi bahan pengangkat lemak atau minyak penyebab jerawat dan komedo pada wajah yang ampuh dan pastinya aman.

Caranya:

• Siapkan satu batang lidah buaya, belah menjadi dua bagian.

• Setelah itu, oleskan gel atau daging lidah buaya tersebut secara merata ke seluruh wajah.

• Lakukan pijatan di area wajah yang berkomedo untuk mempermudah pengangkatan komedo saat diblias.

• Dan diamkan selama 20-30 menit. Kemudian, bilas dnegan air bersih.

6. Teh Hijau
alagraph.com

Beberapa waktu belangan ini, teh hijau banyak digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan kulit. Hal tersebut dikarenakan kandungan-kandungan yang ada di dalamnya memang memberikan banyak manfaat baik bagi tubuh bagian dalam maupun luar. Teh hijau juga kaya akan vitamin E dan anti-oksidan, teh hijau dipercaya mampu mencegah radikal bebas yang akan menimbulkan komedo. Cara menghilangan komedo dengan teh hijau pun sangat mudah dilakukan.

Caranya:

• Bersihkan wajah dengan air hangat, kemudian tempelkan ampas teh hijau yang telah diseduh pada wajah.

• Diamkan selama kurang lebih 15-30 menit hingga ampas menngering.

• Atau agar lebih mudah, bisa dengan membekukan air seduhan teh hijau di dalam cetakan es, dan oleskan pada wajah secara merata.

7. Uap Garam
google.com

Cara menghilangkan komedo putih di hidung, maupun komedo hitam, bisa dengan menggunakan uap garam. Cara ini terbilang cukup mudah dan murah. Sebab, kamu hanya perlu menyiapkan garam dan air saja. Kenapa garam efektif untuk menghilangkan komedo? Ternyata garam mengandung senyawa ion posditif dan ion negatif yang akan membentuk senyawa netral. Kandungan tersebut dipercaya mampu menghilangkan komedo hitam maupun putih di area awajah.

Caranya:

• Didihkan 1-1,5 liter air, dan pindahkan ke dalam sebuah wadah.

• Larutkan 3 sendok makan garam.

• Posisikan wajah berada tepat di atas wadah tersebut hingga terkena uap panas.

• Lakukan cara ini dalam waktu kurang lebih 5-10 menit.

Perlu diketahui, baha cara alami menghilangkan komedo dengan uap garam ini bisa membuat kamu sedikit sesak napas, jadi disarankan untuk mengambil napas dan beristirahat sejenak jika sudah merasa pengap.

8. Campuran Kopi dan Gula
google.com

Tak hanya untuk diminum, ternyata campuran kopi dan gula yang nikmat juga mampu mengangkat komedo membandel yang ada di wajah. Kandungan kafein yang ada di dalamnya, mampu membantu pengangkatan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori wajah. Sel-sel lemak dan minyak yang menjadi penyebab komedo juga akan berkurnag dengan penggunaan masker kopi ini.

Caranya:

• Buat pasta dari 2 sendok makan bubuk kopi yang dilarutkan dengan air.

• Tambahkan 1 sendok makan gula pasir.

• Sebelum mengaplikasikan scrub kopi ini pada wajah, jangan lupa membersihkan wajah terlebih dahulu.

• Gosokkan scrub secara merata pada wajah.

• Lakukan gerakan menggosok wajah selama 1 menit agar sel kulit mati terangkat sempurna.

9. Kacang Kedelai
idntimes.com

Kandungan vitamin E yang cukup tinggi membuat kacang kedelai memiliki manfaat yang sangat baik untuk kulit. Kacang kedelai ini akan berfungsi sebagai anti-oksidan yang akan melindungi kulit dari bakter-bakteri jahat.

Caranya:

• Siapkan kacang kedelai secukupnya, kemudian direndam selama 5-10 menit.

• Sambil menunggu, bersihkan wajah terlebih dahulu dengan air hangat agar pori-pori terbuka.

• Lalu, blender kedelai yang sudah direndan hingga halus untuk kemudian dioleskan pada wajah secara merata.

• Diamkan selama 20 menit. Dan bilas dengan air hangat maupun air dingin.

10. Minyak Jarak
google.com

Sejak dahulu, minyak jarak sudah dikenal ampuh dalam membersihkan dan memijat kulit tubuh untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Minyak jarak juga dipercata bisa membersihkan komedo yang menempel pada pori-pori wajah. Jika ingin mencobanya di rumah, caranya sangat mudah, loh.

Caranya:

• Oleskan minyak jarak pada seluruh wajah, pijat dengan gaya memutar kurang lebih selama 1 menit.

• Dimakan hingga mengering.

• Setelah itu, bilas sampai bersih dengan menggunakan air hangat.

11. Tepung Gandum
pngdownload.id

Mungkin kamu akan terheran-heran jika mengetahui ternyata tepung gandum bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan komedo. Biasanya tepung gandum hanya digunakan untuk membuat kue dan roti saja. Namun di sisi lain, tepung gandum terbukti ampuh menghilangkan komedo yang ada pada wajah.

Caranya:

• Larutkan tepung gandung menggunakan air biasa atau air mawar sampai mengental.

• Kemudian, olesan pada seluruh wajah.

• Diamkan selama 15 menit hingga mengering.

• Lalu, bilas menggunakan air hangat.

12. Baby Oil
doktersehat.com

Banyak dari mereka yang lebih memilih pergi ke klinik kecantikan untuk menghilangkan komedo yang ada di wajahnya. Sekarang kamu tidak perlu lagi pergi ke klinik kecantikan dan mengeluarkan budget yang banyak. Caranya bisa dengan menggunakan bahan-bahan alami dan aman untuk menghilangkan komedo tentunya dengan harga yang lebih murah. Misalnya cara menghilangan komedo dengan baby oil ini. Selain mudah ditemukan, cara ini terbilang cukup ampuh, loh.

Caranya:

• Campurkan 1 sendok makan minyak zaitun dan 2 sendok makan baby oil.

• Kemudian, olesan secara merata pada bagian wajah yang berkomrdo.

• Pijat secara perlahan, lalu angkat dengan kapas.

• Setelah itu, bilas dengan air bersih.

13. Buah Strawberry Segar
food.detik.com

Buah yang satu ini memang memiliki rasa yang enak dan juga segar jika diolah menjadi jus. Selain itu, umumnya buah strawberry kerap digunakan untuk topping kur. Namun, di dunia kecantikan, strawberry digunakan sebagai masker wajah utnuk menghilangkan keriput, kulit kusam, kering, serta kulit berjerawat atau komedo. Bagi kalian yang ingin menghilangkan komedo dengan bahan alami, kamu bisa mempraktekan sendiri cara ini di rumah.

Caranya:

• Haluskan 3 buah strawberry, campurkan dengan 1 sendok makan madu.

• Oleskan pada keseluruhan wajah.

• Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air dingin hingga bersih.

14. Kentang
food.detik.com

Kita sudah tahu, salah satu penyebab munculnya jerawat dan komedo pada wajah adalah bakteri. Jika wajahmu terdapat komedo dan ingin segera menghilangkannya, tidak ada salahnya jika mencoba menggunakan kentang. Kentang diyakini mengandung vitamin C dan anti-bakteri yang akan menghilangkan komedo pada wajah.

Caranya:

• Cuci bersih kentang terlebih dahulu, seteleh itu parut.

• Kemudian, tempelkan parutan kentang pada seluruh wajah. Biarkan hingga mengering.

• Lalu, bilas dengan bersih.

15. Kacang Almond
liputan6.com

Terkadang komedo hitam dan putih memerlukan perawatan yang berbeda. Akan tetapi, dengan menggunakan kacang almond, keduanya dapat teratasi.

Caranya:

• Rendam 4 butir kacang almond selama satu jam.

• Setelah direndam, haluskan kaacang tersebut.

• Jika sudah halus, oleskan pada seluruh wajah, jika perlu, gosok pada bagian yang berkomedo secara perlahan.

• Jika dirasa sudah cukup, bilas dengan air hingga bersih.

16. Daun Mint
wanita22.com

Daun mint kerap dijadikan sebagai bahan penyegar pada makanan pun minuman. Selain itu, daun ini juga sangat efektif untuk menghilangkan komedo pada wajah. Cara penggunaannya pun cukup mudah.

Caranya:

• Pertama-tama, siapkan beberapa lembar daun mint.

• Haluskan daun mint, dan bersi sedikit air.

• Oleskan pada bagian wajah yang berkomedo, jika perlu, gosok wajah secara perlahan.

• Kemudian, bilas dengan air hingga bersih.

17. Kulit Jeruk
ngopibareng.id

Biasanya kulit jeruk akan dibuang begitu saja karena menurut kita itu adalah sampah. Namun, tanpa kita sadari, ternyata kulit jeruk bermanfaat untuk menghilangkan komedo, loh. Nah, jika kamu memiliki wajah yang berkomedo dan ingin segera menghilangkannya, tidak ada salahnya kan untuk mencoba cara baru dan alami yang satu ini.

Caranya:

• Siapkan beberapa kulit jeruk, kemudian diparut dan campurkan dengan gula.

• Kemudian setelah diparut, gosokkan scrub kulit jeruk tersebut pada bagian wajah yang berkomedo.

• Lakukan cara ini 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

18. Es Batu (Jeruk Nipis)
nagita,grid.id

Es batu yang digunakan bukanlah es batu yang biasanya. Namun, es batu yang dimaksud adalah air jeruk nipis yang telah direbus hingga mendidih dan kemudian di masukkan ke dalam lemari pendingin. Sebelum menggunakan es batu ini, pastikan kamu sudah mencuci wajah sampai benar-benar bersih. Jika sudah, maka kamu bisa langsung mengaplikasikan es batu tersebut untuk wajah.

Caranya:

• Tekan-tekan wajah menggunakan es batu secara perlahan, ksususnya pada bagian wajah yang terdapat jerawat.

• Cara ini akan membuat jerawat dan komedo mengering serta rasa nyeri pada wajah akibat jerawat akan hilang.

19. Yoghurt
grid.id

Selain rasanya yang enak dan dapat memperlancar Buang Air Besar (BAB), makanan yang berasal dari susu fermentasi ini ternyata bisa membantu untuk menghilangkan komedo pada wajah. Jika kamu ingin mencobanya di rumah, caranya sangat mudah.

Caranya:

• Campurkan yoghurt dengan oatmeal hingga menyerupai pasta.

• Oleskan pada seluruh wajah dan gosok perlahan-lahan seperti menggunakan srcub pada umumnya selama kurang lebih 3 menit.

• Setelah itu, bilas menggunakan air hangat bersih.

20. Biji Pala dan Susu
liputan6.com

Jika kalian memiliki alergi terhadap susu sapi, sebaiknya hindari membersihkan komedo menggunakan cara ini. Sedangkan kalian yang tidak memiliki alergi, bisa mempraktekkannya.

Caranya:

• Campurkan 1 sendok makan susu sapi bubuk dan biji pala.

• Beri sedikit air hingga mengental, lalu oleskan pada wajah yang berkomedo secara perlahan.

• Setelah dirasa cukup bilas menggunakan air bersih dan rasakan perbedaannya.

Gimana? Gampang banget kan cara menghilangkan komedo dengan bahan-bahan alami seperti yang sudah dijelaskan di atas? Untuk kamu yang memiliki masalah pada wajah, silahkan coba di rumah dan lakukan dengan rutin, ya, sebagai bagian perawatan kulit wajahmu. Selamat mencoba.