10 Cara Menghilangkan Kutil yang Bisa Dilakukan di Rumah

10 Cara Menghilangkan Kutil yang Bisa Dilakukan di Rumah
kompasiana.com

Seruni.id – Banyak sekali yang mencari cara menghilangkan kutil di kulit. Sebab, kondisi cukup menganggu. Kutil sendiri merupakan infeksi pada permukaan kulit yang ditandai dengan benjolan kecil, bertekstur kasar, berwarna pucat, dan kerap terasa gatal bahkan sakit ketika disentuh.

10 Cara Menghilangkan Kutil yang Bisa Dilakukan di Rumah
aladokter.com

Kondisi ini disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Virus ini menyerang dan menyebabkan kelainan pada lapisan kulit, sehingga memproduksi keratin (protein penyusun tambut dan kuku) lebih banyak dari yang dibutuhkan. Virus ini juga bisa menyebar dengan mudah. Perlu kamu tahu, bahwa kutil ternyata dapat sembuh dengan sendirinya, dan yang harus dilakukan adalah bersabar.

Namun semua bergantung pada kondisi sistem kekebalan tubuh manusia akan menghancurkan virus HPV. Sambil menunggu kulit kembali normal, kamu jangan diam saja. Kutil juga perlu diobati agar kamu bisa merasa nyaman dan tetap percaya diri. Berikut Seruni telah merangkum cara menghilangkan kutil dengan mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Yuk simak baik-baik!

1. Membekukan Kutil

Cara menghilangkan kutil yang pertama adalah dengan membekukannya. Namun, membekukan yang dimaksud bukanlah menempelakannya pada es batu, ya. Melainkan dengan menggunakan alat semprot pembeku medis yang tersedia di apotek terdekat. Setelah itu, kamu hanya perlu menyemprotkannya ke kutilmu untuk membentuk lapisan yang nantinya akan mengelupas. Kulitmu yang terkelupas akan sekaligus membawa kutil. Dalam beberapa waktu kutil akan copot dan tidak mengganggu lagi. Namun, sebelum melakukannya, jangan lupa untuk cuci tangan pakai sabun terlebih dulu.

2. Gunakan Asam Salisilat

Untuk melakukan cara menghilangkan kutil menggunakan asam salisilat, kamu harus lebih dulu membersihkan area kutil pada kulitmu dengan air hangat. Atau jika ingin yang lebih efektif, bisa direndam ke dalam air hangat selama kurang lebih 10 menit. Setelah beberapa saat perendaman, maka kulit akan lebih lunak. Lalu oleskan salep atau krim asam salisilat. Zat ini dipercaya ampuh untuk menglipas permukaan kulit terluar beserta kutil di atasnya.

3. Manfaatkan Cuka Apel

Cuka apel dikenal memiliki beragam khasiat, bukan hanya untuk kecantikan saja, tapi juga dipercaya dapat mengatasi beberapa jenis virus dan bakteri. Ini juga bisa menjadi cara menghilangkan kutil yang mudah dan ampuh. Selain itu, kontak dengan cuka apel bisa menyebabkan iritasi yang kemudian mengikis kulit yang terinfeksi sehingga kutil dapat jatuh terkelupas. Setelah teriritasi, kutil akan mudah hancur dan lepas.

4. Kulit Pisang

Salah satu cara menghilangkan kutil yang berikutnya adalah dengan memanfaatkan kulit pisang. Kandungan enzim proteolitik di dalamnya mampu dimanfaatkan untuk menghilangkan kutil. Cukup gosok kulit pisang di area yang terserang kutil dan pastikan untuk mencuci tangan setelahnya agar virus kutil tidak menyebar. Lakukan dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.

5. Madu

Khasiat madu untuk berbagai masalah, memang tak perlu diragukan lagi. Dengan menggunakan madu, hal tersebut dapat menghalangi keluarnya oksigen di dalam kulit yang terinfeksi virus. Alhasil, virus akan mati dengan seketika sehingga infeksi akan berangsur-angsur sembuh.

6. Bawang Putih

Cara menghilangkan kutil berikutnya adalah dengan menggunakan bawang putih. Bahan yang terkadnung di dalam bumbu dapur ini disebut dapat melepuhkan jaringan kulit berlebihan yang disebabkan oleh bejolan kutil. Pasalnya, bawang putih ternyata memiliki sifat antivirus dan antibakteri yang ampuh untuk mengatasi virus herpes.

7. Air Nanas

Air nanas memiliki efek yang sangat mujarab dalam mengatasi masalah kutil. Pasalnya, air nanas diketahui mengandung asam dan enzim pelarut yang efektif dalam menghancurkan benjolan kutil. Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan air nanas serutin mungkin, ya.

8. Minyak Serai

Cara menghilangkan kutil di wajah bisa dilakukan dengan cara mengaplikasikan minyak serai. Menurut penelitian, minyak ini diketahui ampuh mengatasi virus herpes simplex tipe 1. Dengan artian, minyak esensial ini juga ampuh digunakan untuk menghilangkan kutil dengan cepat.

9. Minyak Oregano

Minyak oregano atau dikenal juga dengan nama lain origanum vulgare, memiliki sifat antibiotik yang ampuh mengatasi bakteri dan mengendalikan infeksi. Maka dari itu, minyak ini kerap dimanfaatkan untuk menghilangkan kutil di leher, tangan, dan kaki secara alami dan efektif. Meskipun ampuh, minyak ini rupanya dapat menyebabkan iritasi pada kulit yang memberikan sensasi terbakar. Namun, apabila kamu memiliki kulit sensitif, sebaiknya hindari penggunaan minyak yang satu ini.

10. Daun Basil Halus

Kandungan antivirus yang terdapat pada daun basil efektif digunakan untuk menghancurkan virus penyebab kutil. Cukup tumbuk daun basil hingga halus dan beri sedikit air setelahnya jika kamu ingin memanfaatkannya. Terakhir, kamu hanya perlu mengoleskan campuran tersebut pada area yang berkutil.

Baca Juga: 5 Benda yang Bisa Mencegah Kanker Kulit

Apabila kutil tidak kunjung sembuh meski telah melakukan berbagai cara di atas, disarankan untuk menemui dokter guna mendapatkan pengobatan. Metode pengobatan kutil yang dilakukan oleh dokter bisa bermacam-macam, mulai dari pemberian krim kulit dengan kandungan zat yang lebih kuat, krioterapi atau pembekuan area kulit dengan nitrogen, hingga menggunakan terapi laser.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.