10 Cara Menjadi YouTuber Bagi Pemula Hanya Bermodal Ponsel

10 Cara Menjadi YouTuber Bagi Pemula Hanya Bermodal Ponsel
daily.oktagon.co.id

Seruni.id – Saat ini banyak orang yang bercita-cita ingin menjadi YouTuber. Bagaimana tidak, pendapatan yang dihasilkan dari YouTube melalui iklan yang ditampilkan di video terbilang cukup besar. Tapi, bagaimana jika kalian baru pertama kali membuat video untuk YouTube dan tidak memiliki peralatan selengkap YouTuber ternama?

10 Cara Menjadi YouTuber Bagi Pemula Hanya Bermodal Ponsel
liputan6.com

Jangan khawatir, ya, dengan bermodalkan ponsel yang kamu punya, kamu juga bisa loh menjadi YouTuber pemula yang kelak akan sukses jika kamu tekun menjalaninya. Lantas, bagaiamana cara menjadi YouTuber pemula modal hp? Berikut Seruni rangkum di bawah ini.

1. Membuat Channel YouTube

Cara menjadi YouTuber yang menghasilkan uang, tentu saja hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun YouTube. Bagaimana bisa jika kamu tidak memilikinya? Sebenarnya dengan kamu membuat akun Gmail dan mensikronkannya dengan YouTube, secara otomatis kamu sudah membuat akun YouTubemu sendiri. Lalu gimana sih cara membuat channel YouTube melalui PC pun Android?

Membuat Channel YouTube di PC/Laptop

Untuk membuat channel melalui PC pun laptop, kamu bisa menggunakan berbagai macam aplikasi browser yang ada. Misalnya dengan aplikasi Google Chrome, dengan cara berikut ini:

• Buka situs YouTube
• Login akun Gmail
• Pilih ikon YouTube
• Buat channel baru
• Masukkan nama channel YouTubemu
• Atur tampilan channel
• Tambahkan foto profil

Membuat Channel YouTube di Android

Selain melalui PC, kamu juga bisa membuatnya menggunakan smartphone Androidmu, caranya juga mudah banget, kok.

• Buka situs YouTube
• Login akun Gmail
• Buat channelmu
• Atur tampilan channel
• Ganti foto profil

2. Rencanakan Konsep Konten

Setelah cara mendaftar menjadi YouTuber sudah kamu lalui, sekarang kamu perlu memikirkan konsep konten video yang akan kalian buat. YouTube memiliki banyak konsep yang bisa kalian ikuti, misalnya YouTuber yang kontennya tentang gaming, kecantikan atau topik apapun sesuai keinginan kalian. Setelah menemukan konsep dan ide menarik, coba pikirkan tema apa saja yang ingin kalian tampilkan. Kalau misalnya kalian gamer, apa video kalian sebagian besar akan berisi walkthrough atau review?

3. Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Sebetulnya, untuk menjadi YouTuber yang hanya bermodalkan hp, cukup sulit. Sebab, untuk menghasilkan video dengan kualitas baik, butuh yang namanya pengorbanan. Tapi, jangan menyerah begitu saja, ya. Kamu juga bisa kok memulai vlog kecil-kecilan, mulai dari hasil rekaman kamera video hp. Jangan pernah malu untuk memulai, apalagi jika ingin meraih kesuksesan.

Selama belum ada peralatan yang mendukung, kamu bisa sambil menabung untuk membeli apa yang dibutuhkan. Seperti laptop, kamera, lighting, hingga alat perekam yang bisa membantumu membuat video bagus. Jangan lupa, cek dulu daftar harga kamera sebelum membelinya agar bisa menyiapkan budgetnya dari jauh-jauh hari.

4. Konsisten

Ketika sudah memulai mengupload video, setidaknya kamu harus konsisten melakukannya. Sebab, seiring popularitas konten dan channel YouTube yang semakin berkembang, tak sedikit orang yang menunggu video baru dari kalian. Setidaknya dalam seminggu kamu harus mengupload satu video. Durasinya pun harus konsisten, ya.

5. Tingkatkan Kemampuan dalam Mengedit Video

Cara menjadi YouTuber sukses berikutnya, yakni tingkatkan kemampuanmu dalam mengedit video. Semakin sering kamu berlatih, maka hasilnya pun akan semakin baik. Pilihlah aplikasi edit video vlog atau kalau kamu memang mencari cara jadi YouTuber di hp, maka kamu bisa latihan edit video vlog di Android dulu. Yakinlah, tak ada hasil yang insatan. Seiring kamu berlatih dan rajin membaca tutorial mengedit video, dijamin kamu akan bisa. Sama halnya seperti YouTuber favoritmu, mereka juga harus memulainya dari awal sebelum mereka sukses. Jangan malu untuk bertanya pada mereka yang lebih mahir.

6. Memanfaatkan SEO

Menjadi YouTuber yang sukses, tak melulu tentang seberapa banyak kamu mengunggah video dan jumlah subscribermu. Namun, kamu juga harus memastikan bahwa orang banyak tahu keberadaan videomu, apalagi ada jutaan video yang diunggah di YouTube setiap harinya. Gunakan judul video yang deskriptif serta pastikan kalian menggunakan tag dan kata kunci yang relevan di deskripsi video sesuai search engine optimization.

7. Dapatkan Uang dari YouTube

Jangan berpikir, kamu akan menghasilkan uang hanya dari AdSense saja. Pada kenyataannya, regulasi atau peraturan YouTube mengenai AdSense ini selalu berubah. Mulai darri jumlah minimal subscriber, watch time video, hingga jenis konten apa yang bisa mendaptkan AdSense. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapat uang dari Youtube adalah dengan melakukan sponsorship atau endorsement dengan pihak luar.

8. Berteman dengan Content Creator

Semakin banyak koneksi dengan content creator lainnya di YouTube, semakin besar exposure yang akan kalian dapatkan. Kalian tidak hanya bisa meminta bantuan mereka tapi juga membuat video kolaborasi. Lewat video kolaborasi, penonton setia dari rekan YouTuber ini akan menonton aksi kalian juga. Jangan lupa juga untuk membagikan channel YouTube kalian lewat media sosial lainnya seperti Instagram, Twitter atau Facebook

9. Jangan Lupakan Komunitas

Cara menjadi YouTuber sukses lainnya adalah jangan lupa berinteraksi dengan penonton dan subscriber kalian. Mereka biasanya akan memberikan feedback, baik positif maupun negatif, lewat kolom komentar dan sebisa mungkin respon komentar yang mereka berikan.

Baca Juga: 10 Channel YouTube Edukatif Terbaik Sebagai Panduan Belajar di Rumah

10. Jangan Menyerah

Tentu saja, ini adalah hal yang paling penting kalau kamu ingin menjadi YouTuber hebat. Niat tidak akan mengkhianati hasil, selama kamu bersungguh-sungguh dengan yang kamu kerjakan, maka kamu akan berhasil. Seperti halnya sebuah quotes yang mungkin sering kita baca, “Bersabar adalah kunci segalanya!” Mungkin sebagian orang bisa viral dan terkenal dengan mudahnya. Tetapi, sebagian besar harus bersusah payah dan berdarah-darah untuk mewujudkan mimpinya. Jika kamu yakin bahwa menjadi YouTuber adalah cita-cita kamu, maka raihlah mimpi itu.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.