10 Channel YouTube Edukatif Terbaik Sebagai Panduan Belajar di Rumah

  • Bagikan
10 Channel YouTube Edukatif Terbaik Sebagai Panduan Belajar di Rumah
energibangsa.id

Seruni.id – YouTube memang menjadi sarana hiburan dikala senggang. Hampir semua video yang kita inginkan ada di sana. Namun ternyata, tak hanya menyediakan layanan hiburan saja, beberapa channel YouTube edukatif pun bisa kita temukan.

10 Channel YouTube Edukatif Terbaik Sebagai Panduan Belajar di Rumah
tekno.kompas.com

Dengan hadirnya channel tersebut, kita bisa menambah ilmu pengetahaun dengan mudah tanpa perlu keluar rumah. Terlebih, ketika Kemendikbud resmi merilis surat edaran agar para pelajar di beberapa daerah menerapkan sistem belajar jarak jauh.

Ini merupakan salah satu cara preventif guna mencegah pernyabaran virus Corona (Covid-19) yang sudah masuk di Indonesia. Meski tidak berada di sekolah atau kampus, kamu tetap bisa mendapatkan ilmu melalui internet. Berikut channel YouTube edukatif yang harus kamu akses:

1. Quipper Indonesia

Quipper adalah salah satu channel YouTube untuk anak Indonesia yang menyediakan layanan beajar online yang ditujukkan untuk siswa sekolah, dengan menyediakan materi, video pembelajaran, dan juga latihan soal. Di channel YouTube dengan jumlah subcriber 389 ribu itu, kamu bisa melihat beberapa video pembelajaran penting ala Quipper sesuai dengan kurikulum sekolah.

2. Ruangguru Bimbel Online No. 1

Ruang guru memang memiliki aplikasi yang juga berguna untuk menyebarkan ilmu. Di samping itu, mereka juga memiliki channel YouTube yang juga memberikan pembahasan mengenai berbagai materi pelajaran. Pembahasan tersebut dijelaskan secara rinci dan singkat sehingga kamu bisa fokus belajar melalui video yang disajikan. Selain itu, agar terlihat lebih menarik, beberapa pembahasannya juga menggunakan animasi.

3. Zenius Education

Siapa yang tak kenal Zenius? Tempat belajar online yang bisa bikin kamu makin cerdas dan dijamin ketagihan belajar. Di channel YouTube edukatif ini, mereka menyediakan banyak konten video pembelajaran yang tidak hanya memberi materi saja, tapi juga mengajarkan sampai kamu benar-benar paham. Di sana, kamu juga bisa menemukan video edukasi dan motivasi lainnya yang benar-benar keren.

4. SmarterIndo

Selanjutnya ada SmarterIndo, channel yang aktif setiap pekan ini dikhususkan untuk membahas seputar sains, terutama fisika. Namun uniknya, channel 52.8 ribu itu, dikelola oleh Daryl Ariawan, seorang Doktor lulusan University of New South Wales, Australia.

5. Ayo Mikir

Ayo Mikir adalah channel YouTube psikologi Indonesia, yang bertujuan memperluas jangkauan edukasi di Indonesia, berisi tentang segala macam ilmu pengetahuan mulai dari psikologi hingga astronomi. Dijamin kamu tak akan bosan ketika menyaksikan video-video yang diunggah channel ini, karena penyampaiannya sangat menarik dengan gambar warna-warni macam ASAPscience dan Minutephysics.

6. Sains Bro

Sains Bro merupakan channel YouTube edukasi yang akan membantu kamu untuk menjelaskan berbagai macam hal mengenai sains, tentunya dengan menyenangkan dan sederhana. Dengan nuansa animasi 2D, materi yang dijelaskan menjadi lebih menarik dan mudah dipahami.

7. Tanya-tanya.com

Bagi kalian yang tergolong pelajar SMA, kalian bisa mengakses channel edukatif Tanya-tanya.com, di sana kalian akan mempelajari kembali materi-materi sekolah, seperti matematika, fisika, kimia, dan sebagainya. Semua soal mata pelajaran yang disajikan pun dibahas secara lengkap dan komprehensif. Selain itu, kamu juga bisa menanyakan kesulitan yang dialami dalam memahami materi dari website resmi mereka.

8. Nous ID

Pelajaran yang dibahas melalui channel YouTube edukatif ini sangat menarik sekali, yakni mengenai berbagai macam cabang ilmu pengetahuan serta korelasinya antara satu bidang ilmu pengetahuan dengan bidang ilmu pengetahuan ainnya. Konten yanag disajikan pun dimuat dalam bentuk video animasi sehingga mudah dipahami.

9. YufiEDU

Nah, kalau channel yang satu ini bukan cuma menyediakan layanan edukasi sains saja, namun juga edukasi Islam. Di video sainsnya, kamu bisa belajar banyak tentang matematika dan fisika bersama Kak Andy Octavian Latief, yang merupakan peraih medali emas IPhO (International Phuysics Olympiad) 2006.

10. Makin Pandai

Terakhir, adalah channel Makin Pandai, kanal YouTube ini memiliki visi untuk mencerdaskan orang Indonesia melalui sarana YouTube, berisi seputar sains dan teknologi serta pengetahuan umum yang jarang diketahui.

Baca Juga: Perjalanan Karier Ria Ricis Hingga Menjadi YouTuber Besar

Itulah channel YouTube edukatif yang bisa kamu jadikan sebagai sarana pembelajaran. Hanya dengan bermodalkan kuota, smartphone ataupun laptop, kamu sudah bisa mengaksesnya dengan mudah dimana pun dan kapan pun.

  • Bagikan
seruni.id