Cara Menyembuhkan Gigi Rusak dan Berlubang Tanpa Ribet

Cara Menyembuhkan Gigi Rusak dan Berlubang Tanpa Ribet
aladokter.com

Seruni.id – Memiliki gigi rusak dan berlubang tentu sangat menganggu. Selain menimbulkan nyeri dan membuat makanan mudah terselip, gigi yang bermasalah juga dapat menganggu penampilan serta menimbulkan bau mulut. Hal ini kerap terjadi pada anak-anak. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Namun sebelumnya, Seruni akan memberitahu hal-hal apa saja yang bisa menyebabkan gigi berlubang dan rusak.

Penyebab Gigi Rusak dan Berlubang

Cara Menyembuhkan Gigi Rusak dan Berlubang Tanpa Ribet
kompas.com

Biasanya gigi keropos dan berlubang awalnya terbentuk karena adanya plak atau sisa makanan yang mengandung gula dan diubah oleh bakteri di mulut menjadi asam. Kemudian, plak tersebut melekat pada gigi dan asam di dalamnya lalu mengikis lapisan-lapisan gigi.

Mulai dari lapisan terluar yang melindungi gigi dari risiko kebusukan dan penyakit. Ketika lapisan tersebut terkikis, maka lubang pada gigi pun mulai terbentuk. Jadi, salah satu penyebab gigi berlubang biasanya dikarenakan kebiasaan jarang menggosok gigi, terutama setelah makan makanan manis terlalu banyak.

Selain itu, ada pula faktor lain yang bisa menambah risiko gigi berlubang. Adapun di antaranya sebagai berikut:

• Menggunakan pasta gigi tanpa flouride (zat pencegah kerusakan gigi)
• Mulut yang cenderung kering
• Usia yang semakin bertambah
• Sering mengonsumsi obat, suplemen, vitamin, atau produk herbal dengan kandungan gula tinggi
• Menderita gangguan makan (anoreksia atau bulmia)

Jika kamu memiliki kebiasaan tersebut, saatnya berubah atau lebih memerhatikan kondisi gigimu, terutama dengan lebih sering menggsok gigi setelah makan. Lalu bagaimanakah cara mengatasi dan cara mencegah gigi rusak?

1. Berkumur dengan Minyak

Cara Menyembuhkan Gigi Rusak dan Berlubang Tanpa Ribet
okezone.lifestyle.com

Teknik ini sebenarnya berasal dari India dan sudah sejak lama digunakan untuk mengurangi rasa sakit gigi. Kamu bisa menggunakan minyak goreng biasa, namun wajib menggunakan minyak kelapa, minyak wijen, pun minyak zaitun. Caranya, ambil satu sendok teh jenis minyak, kemudian kumur-kumur, buang, dan bersihkan mulu dengan air hangat, lalu sikat gigimu.

2. Mengonsumsi Bawang Putih Mentah

Cara Menyembuhkan Gigi Rusak dan Berlubang Tanpa Ribet
lifestyle.kompas.com

Meskipun aromanya kurang enak jika dimakan secara mentah, namun bawang putih memiliki kandungan antibakteri yang berfungsi untuk mengatasi gigi rusak dan berlubang. Cara paling efektif untuk mendapatkan manfaat bawang putih ini ketika gigimu berlubang adalah dengan makan bawang putih mentah. Bisa dengan menggosokan pada gigi yang berlubang untuk mengurangi rasa nyeri, atau mencampurkan 3-4 siung bawang putih dengan 1/4 sendok teh garam lalu mengoleskannya pada gigi yang berlubang dan berkumur dengan obat kumur 10 menit kemudian.

3. Mengunyah Cengkeh

Cara Menyembuhkan Gigi Rusak dan Berlubang Tanpa Ribet
indozone.id

Rempah yang satu ini sangat ampuh sekali untuk mengatasi rasa nyeri akibat gigi berlubang. Kamu bisa mengunyahnya hingga menjadi minyak, lalu mendiamkan cengkeh di bawah lidah selama beberapa menit. Jika tidak sanggup untuk mengunyah, kamu bisa melarutkan 2-3 tetes minyak cengkeh dalam 1/4 sendok teh minyak wijen kemudian mencelupkan kapas dalam larutan tersebut dan menepuk-nepukkannya pada bagian gigi yang berlubang.

4. Air Garam

Cara Menyembuhkan Gigi Rusak dan Berlubang Tanpa Ribet
dream.co.id

Rasanya yang asin dan kerap dijadikan sebagai penyedap masakan ini, memiliki sifat antibakteri, antiseptik, dan antiinflamasi yang dapat meringankan rasa sakit serta mengurangi peradangan dan meringankan infeksi pada mulut. Untuk menggunakannya, kamu bisa mencampurkan garam dengan air hangat yang dapat menenangkan rasa sakit dan rasa tidak nyaman.

Untuk melakukannya, kamu cukup mengisi air hangat dalam gelas, dan tambahkan 1/2 sendok teh garam ke dalam air tersebut dan diaduk hingga rata dan benar-benar larut. Jika sudah, masukkan larutan air garam itu ke dalam mulut selama dua menit. Usahakan air tersebut tidak sampai tertelan, ya. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan laurtan untuk berkumur setiap 3-4 jam sekali. Setelahnya, kamu bisa berkumur dengan air bersih.

5. Menghindari Makanan dan Minuman yang Terlalu Panas atau Dingin

Cara Menyembuhkan Gigi Rusak dan Berlubang Tanpa Ribet
infia.co

Ketika berlubang, gigi akan menjadi lebih sensitif. Terlebih ketika terkena makanan atau minuman yang terlalu panas pun dingin, rasa nyeri akan bertambah. Jadi, selama gigimu masih berlubang atau baru merasakan gejalanya, segera hindari makanan dan minuman tersebut agar tidak terlalu parah. Ini bisa dilakukan sebagai salah satu cara mencegah gigi rusak.

Baca Juga: 9 Jenis Makanan dan Minuman Ini Dapat Membantu Memutihkan Gigi Secara Alami

Itulah cara untuk mengatasi gigi rusak dan berlubang yang bisa kamu lakukan. Namun, jika sakit gigi akibat berlubang tak kunjung membaik, maka segeralah temui dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.