10 Tanda Seseorang Dapat Dipercaya

  • Bagikan
Mungkin sulit bagi kita untuk mengenali tanda seseorang dapat dipercaya atau tidak. Namun, untuk mengetahuinya, kamu harus membaca ulasan yang telah Seruni rangkum berikut ini:
enterpreneurcamp.com

Seruni.id – Mungkin sulit bagi kita untuk mengenali tanda seseorang dapat dipercaya atau tidak. Namun, untuk mengetahuinya, kamu harus membaca ulasan yang telah Seruni rangkum berikut ini:

10 Tanda Seseorang Dapat Dipercaya
lifepal.co.id

Ketika mempercayakan sesuatu pada orang lain, entah tentang pekerjaan, perasaan atau rahasia dalam hidupmu, kamu mesti berhati-hati, ya. Sebab, tidak semua orang dapat dipercaya dan bisa menyimpan rahasia dengan baik. Sekalipun kita sudah mengenalnya sangat lama, kita tidak bisa mempercayakannya begitu saja. Agar kamu lebih merasa nyaman dan tenang, berikut Seruni telah merangkum beberapa tanda seseorang dapat dipercaya yang harus kamu tahu.

1. Konsisten

Tanda seseorang dapat dipercaya yang pertama adalah konsisten. Biasanya, seseorang yang bisa dipercaya akan bersikap sama antara perkataan maupun perbuatan di dalam kondisi apapun. Mereka memiliki kontrol diri untuk menjaga karakter dan melajani apa yang telah mereka katakan dan lakukan, sekalipun mereka tergoda untuk mundur. Seseorang yang dapat dipercaya, tidak akan memakai topeng hanya untuk terlihat baik di depan orang lain. Terlebih lagi, jika orang lain juga berkomentar bahwa dia ini memang melakukan apa yang dikatakannya.

2. Memperlihatkan Belas Kasihan dan Kerendahan Hati

Jika memiliki kedua sikap ini, maka seseorang tersebut mampu untuk memikirkan orang lain dan tidak menggangap bahwa dirinya lebih penting dari siapa pun. Sebab, mereka tidak fokus pada diri sendiri. Orang dengan sikap seperti ini, kecil kemungkinan untuk mengkhianati orang lain demi mendapatkan apa yang mereka inginkan.

3. Menghormati Batasan

Seseorang yang dapat dipercaya, biasanya tidak pernah memaksakan kehendak mereka pada orang lain. Sebab, mereka merasa tidak perlu untuk mengendalukan orang-orang yang berada di sekitarnya. Mereka menghindari intimidasi dan mengakui bahwa tidak berarti tidak.

4. Sikapnya yang Tenang

Tenang merupakan salah satu tanda seseorang dapat dipercaya. Berbeda dengan seseorang yang biasanya menyimpan sebuah kebohongan, di mana mereka akan gelisah, bisa dilihat dari tutur katanya yang gugup maupun sikapnya yang tidak tenang. Jika seseorang terlihat begitu tenang, mereka biasanya tidak memiliki sesuatu yang disembunyikan, jujur, dan terbuka. Kamu pun akan merasa tenang, karena alam bawah sadar tidak mendeteksi adanya tanda-tanda negatif.

5. Menghormati Orang Lain

Mereka yang dapat dipercaya, akan selalu melakukan yang terbaik untuk orang lain. Misalnya, datang tepat waktu atau mempercepat rencana agar orang lain tetap merasa nyaman. Selain itu, mereka juga sangat mementingkan perasaan orang lain dan tidak berlaku seenaknya.

6. Menghargai Waktu

Tanda seseorang dapat dipercaya berikutnya, yakni mereka selalu menghargai waktu. Ketika memiliki janji, ia berusaha untuk datang tepat waktu dan tidak pernah membatalkan rencana di detik-detik terakhir. Sebab, mereka tahu, jika ia melakukan kedua hal tadi, maka akan menimbulkan ketidaknyamanan dan merusak janji yang telah dibuat. Selain itu, tidak menghargai waktu, juga akan merusak kepercayaan seseorang.

7. Tidak Matealistis atau Hanya Mengutamakan Uang

Orang yang dapat dipercaya, tidak memandang segala sesuatu hanya karena uang. Justru sebaliknya. Mereka tak segan-segan untuk memberikan apa yang dimiliki untuk membantu orang lain. Sejumlah analisis dari kantor penyedia layanan stabilitas finansial percaya bahwa sikap ini bisa mengurangi godaan untuk memperlakukan orang lain dengan buruk hanya karena ingin membuktikan diri lebih.

8. Apa yang Disampaikan Sering Kali Benar

Orang yang dapat dipercaya akan selalu menghargai kebenaran. Tak heran jika mereka siap mempelajari banyak hal. Biasanya mereka akan melakukan riset yang menghasilkan simpulan yang verifikatif, sehingga mereka bisa melacak dari mana datangnya semua jawaban yang benar itu.

9. Menghindari Gosip

Menghindari gosip menjadi salah satu tanda seseorang dapat dipercaya. Daripada menggosip, mereka lebih memilih untuk mendapatkan informasi dari sumbernya langsung dan membiarkan sumber tersebut menyampaikan sendiri fakta sebenarnya. Mereka sangat menghindari rumor, karena mereka tahu kalau rumor tersebut biasanya melibatkan unsur negatif yang membuat orang lain jatuh daripada mendorongnya untuk bangkit. Ketika mereka bicara, pilihan kata yang digunakan adalah untuk membangun dan menghargai.

10. Menunjukkan Rasa Terima Kasih

Mereka akan menyadari, bahwa mereka tidak dapat melakukan segala sesuatunya dengan sendirian, maka tak heran kalau ia dapat menghargai kerja sama tim. Mereka memberikan pengakuan yang dimiliki orang lain, bahkan walau itu berarti mereka tidak akan maju secepat yang diharapkan atau bersinar seterang jika mereka mengklaim semua adalah hasil kerjanya sendiri.

Baca Juga: 7 Penyebab Anak Kurang Percaya Diri

Semua tanda di atas tidak sepenuhnya dapat dijadikan patokan, ya. Maka dari itu, sebelum menyerahkan sesuatu yang penting pada orang lain, sebaiknya kenali orang tersebut lebih dalam. Seruni sarankan, untuk hal-hal yang serius, lebih baik berbagilah kepada orang terdekat, seperti keluarga dan sahabat, agar kelak kamu tidak menyesal.

  • Bagikan
seruni.id