Paling Mudah Keriput, Ini Cara Merawat Leher Agar Mulus dan Awet Muda

  • Bagikan
Paling Mudah Keriput, Ini Cara Merawat Leher Agar Mulus dan Awet Muda
kompas.com

Seruni.id – Kulit bagian leher cenderung lebih tipis dari bagian laiannya, sehingga lebih cepat menunjukkan tanda-tanda penuaan seperti keriput atau penggelapan kulit. Cara merawat leher agar mulus dan awet muda, bukanlah hal yang sulit, kok.

Paling Mudah Keriput, Ini Cara Merawat Leher Agar Mulus dan Awet Muda
pidjar.com

Tetapi, memang harus rutin dan konsisten agar hasilnya maksimal. Yuk cari tahu cara merawat leher agar mulus dan cerah, sekaligus menghempaskan keriput dengan cara berikut:

1. Menggunakan Sunscreen

Bukan hanya bagian wajah saja yang perlu diaplikasikan sunscreen, tapi bagian leher juga penting, loh. Bagi kalian yang tidak berhijab, pastinya bagian leher akan terkena paparan sinar matahari secara langsung. Oleh karena itu, jangan lupakan bagian leher ketika kamu mengaplikasikan sunscreen, ya. Hal tersebut akan menghindari lehermu dari sinar UVA dan UVB yang menjadi pemicu tanda penuaan dini, bintik hitam, dan iritasi.

2. Rajin Membersihkan Area Leher

Cara merawat leher agar mulus dan awet muda berikutnya adalah dengan ruin membersihkannya. Sebab, bagian leher juga sering kali terkena debu dan kotoran saat beraktivitas di lular rumah. Setelah beraktivitas, jangan lupa untuk membersihkannya dan mengaplikasikan pelembap, agar leher tetap segar dan terhidrasi. Melakukan hal ini tentu akan meningkatkan warna kulitmu sambil menonjolkan fitur wajahmu juga, loh.

3. Hindari Penggunaan Parfum yang Berlebihan

Para wanita suka sekali dengan parfum, apalagi jika aromannya begitu harum. Ada bagian-bagian tertentu yang sering kali disemprotkan parfum, salah satunya adalah bagian leher. Namun ternyata, menggunakan parfum di leher bukan kebiasaan yang dibenarkan, loh. Sebab, parfum mengandung alkohol dan berbagai aromatizer yang mengeringkan kulit dan membuatnya kurang elastis. Jika tidak ingin leher keriput, maka lebih baik semprotkan pada pergelangan tangan saja, ya.

4. Pastikan Tetap Terhidrasi

Kulit leher cenderung tipis dan memiliki sedikit kelenjar minyak yang berperan penting untuk menjaganya tetap terhidrasi secara alami. Cara merawat leher agar mulus dan awet muda, kamu perlu melembapkannya dengan krim pencerah kulit. Ini akan memberikan tekstur yang rata, halus, dan tentunya menghindari keriput di usia muda.

5. Oles Krim dengan Arah yang Tepat

Saat mengaplikasikan krim ke bagian leher, sebaiknya jangan sembarangan melakukannya, ya. Sama halnya seperti mengoleskan pelembap wajah dari rahang ke bagian atas, mengoleskan pada leher juga dengan cara yang sama. Yakni, aplikasikan dengan gerakan ke atas agar leher tidak cepat mengendur.

6. Jangan Selalu Menutupinya

Kulit leher juga perlu sirkulasi udara untuk bernapas, loh. Maka dari itu, jangan selalu menutupi lehermu dengan baju berkerah tinggi atau syal. Jangan pula mengenakan terlalu banyak perhiasan atau pakaian berat di sekitar leher, karena hal tersebut dapat mengakibatkan penggelapan karena gesekan. Kalau kamu mengenakan hijab, kamu bisa melepaskannya saat di rumah, sehingga ada waktu bagi leher untuk bernapas.

7. Gunakan Masker pada Leher

Sama halnya seperti wajah, leher juga butuh perawatan ekstra, misalnya dengan menggunakan masker. Tak perlu membelinya dengan harga mahal, kamu bisa kok membuatnya sendiri di rumah berbahan putih telur dan madu. Biarkan campuran tersebut selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat. Masker ini berguna unutk menghilangkan garis-garis halus pada leher.

8. Gunakan Toner

Cara merawat leher agar halus dan awet muda berikutnya adalah dengan menggunakan toner. Menggunakan toner dengan rutin pada bagian leher, akan membantu mengangkat sisa-sisa kotoran yang ada.

9. Postur Tubuh itu Penting

Cara merawat leher agar mulus dan awet muda selanjutnya yaitu dengan tetap menjaga postur tubuh tetap baik. Apabila kamu terbiasa menurunkan leher secara teratur atau dalam posisi bungkuk, maka jaringan kulit di sekitar leher bisa rusak, sehingga menyebabakn kulit mengendur dan muncul kerutan. Ini juga dapat meningkatkan massa double chin-mu karena peningkatan timbunan lemak di wilayah tersebut.

10. Mengonsumsi Makanan Kaya Vitamin C dan Asam Lemak

Cara merawat leher agar mulus dan awet muda yang berikut ini tidak kalah penting dari cara-cara sebelumnya. Untuk mendapatkan leher yang mulus dan awet muda, diperlukannya vitamin C untuk meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit elastis. Inilah sebabnya mengapa lebih baik memasukkan lebih banyak buah jeruk, tomat, dan buah beri ke dalam makanan. Juga baik untuk makan lebih banyak produk yang kaya akan asam lemak omega-3 dan omega-6. Misalnya minyak zaitun, ikan, kacang-kacangan, dan alpukat. Mereka membantu menyehatkan kulit dari dalam dan tak tergantikan untuk kesehatan.

Baca Juga: 7 Kesalahan Mencuci Wajah yang Bikin Kulit Jadi Keriput

Demikianlah cara merawat leher agar mulus dan awet muda. Jangan lupa diterapkan, ya!

  • Bagikan
seruni.id