6 Cara Meredakan Rasa Menyesal Ketika Membuat Pilihan yang Salah

  • Bagikan
6 Cara Meredakan Rasa Menyesal Ketika Membuat Pilihan yang Salah
lifstyle.okezone.com

Seruni.id – Mungkin kita pernah merasakan penyesalan. Entah karena sebuah kehilangan atau karena membuat pilihan yang salah. Hal yang wajar ketika kita memiliki rasa menyesal, daripada tidak sama sekali. Dengan rasa menyesal, kita akan menyadari, bahwa apa yang kita lakukan bukanlah yang terbaik.

6 Cara Meredakan Rasa Menyesal Ketika Membuat Pilihan yang Salah
cewekbanget.grid.id

Sehingga dapat dijadikan sebagai pelajaran agar tidak terulang kembali. Namun, seringnya kita hanya meratapi penyesalan tersebut tanpa mau berubah untuk lebih baik. Untuk meredakan rasa menyesal tersebut, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, di antaranya:

 

1. Beri Ruang untuk Diri Sendiri

Untuk meredakan rasa menyesalmu, cobalah beri ruang untuk diri sendiri. Rasakan semua penyesalan, kesedihan, kekecewaan, dan semua rasa yang tidak nyaman dalam diri. Tak mengapa jika ingin menyendiri. Sebab, memang itu yang kamu butuhkan. Namun, kalau kamu butuh tempat untuk meluapkan apa yang kamu rasa, maka curahkanlah semua emosi dan perasaan pada orang yang kamu percaya. Intinya, kamu harus memberi ruang bagi diri sendiri untuk merasakan semua hal yang tidak membuatmu nyaman.

 

2. Lakukan Hal yang Bisa Menciptakan Senyuman

Tersenyum lepas ketika sedang merasakan penyesalan memang tidak mudah. Namun, kamu bisa mencobanya. Lakukanlah sesuatu atau hal yang bisa menghadirkan senyuman di wajah. Membuat pilihan yang salah memang bisa membuat kita menyesal berkepanjangan. Tapi sebelum penyesalan semakin mendalam dan cenderung menyalahkan diri sendiri, coba untuk memberi sedikit ruang pada diri untuk tersenyum.

 

3. Mengenyampingkan Pikiran “Tidak Akan Melakukannya Kembali”

Penyesalan tidak selalu terjadi untuk hal yang baru pertama kali dilakukan. Rasa meyesal bisa muncul kapan saja, sekalipun kamu sudah melakukannya berkali-kali. Misalnya, menonton serial drama hingga dini hari, sehingga membuatmu lelah ketika bekerja. Jika terus-menerus melakukan kebiasaan sama yang membuatmu menyesal, tak perlu berjanji untuk tidak melakukannya lagi. Lebih baik atur strategi untuk secara perlahan mengubah kebiasaan tersebut.

 

4. Tarik Napas dan Bangkit

Meski keputusan yang kamu pilih mungkin tidak seindah yang kamu bayangkan. Jangan sampai kamu larut dalam rasa menyesal yang berkepanjangan. Cobalah menarik napas dan kembali bangkit. Dari rasa menyesal tersebut, kamu hanya perlu mengambil hikmah dari kejadian yang telah lalu. Jadikan pilihan yang lalu sebagai bagian dari perjalananmu dalam mendewasakan diri.

 

5. Menerima Rasa Penyesalan Tersebut

Mau bagaimana lagi? Kehidupan memang sering memberi kejutan yang tak disangka-sangka. Sebuah pilihan bisa membawa kita ke arah yang tak pernah kita duga sebelumnya. Namun, terima saja. Sebab, bagaimanapun kehidupan ini, tentunya tidak pernah lepas dari serangkaian takdir yang tak bisa kita ubah.

 

6. Buatlah Pilihan Baru dalam Hidup

Penyesalan bukanlah rasa yang ‘jahat’. Sebab, dari rasa menyesal tersebut, terkadang justru bisa menjadi motivasi untuk membuat perubahan yang lebih baik. Kita terdorong untuk membuat pilihan-pilihan baru dalam hidup. Ini saatnya untuk mengambil satu langkah pertama yang baru. Lakukan sesuatu yang baru untuk pertama kalinya dengan tidak mengulangi kesalahan yang telah disesali.

Baca Juga: Berbuat Dahulu, Menyesal Kemudian …

Jadi, itulah sejumlah cara meredakan rasa menyesal ketika kamu memilih keputusan yang salah. Semoga bisa menjadi sebuah pelajaran dan menjadikanmu menjadi seseorang yang lebih bijak lagi.

  • Bagikan