Cara Mudah Jadi Traveler Yang Ramah Lingkungan

  • Bagikan
Ramah lingkungan

Seruni.id – Traveling menjadi gaya hidup yang digemari banyak orang. Traveling dapat memberi keleluasaan untuk pelakunya refresh sejenak dari rutinitas. Namun, akan lebih berharga dan keren jika ketika dilakukan traveling yang ramah lingkungan.

Selain bisa refresh dan mendapatkan pengalaman yang tak ternilai, traveling yang ramah lingkungan juga bisa menjaga serta membantu melestarikan lingkungan. Sambil melancong ke berbagai tempat, bisa ikut menyelamatkan bumi dengan tindakan kecil dan sederhana.

Berikut ini tips melakukan traveling yang ramah lingkungan yang bisa dilakukan saat traveling.

Baca juga: Tips Mewujudkan Rencana Traveling ke Luar Negeri

1. Menggunakan e-ticket

Saat ini, traveler tak usah repot mencetak tiket atau boarding pass. Cukup hanya menunjukkan email berisi ticket atau boarding pass, atau barcode yang tertera pada aplikasi resmi milik si perusahaan transportasi. Hemat kertas dan bisa tetap menjaga lingkungan dengan tindakan sederhana.

2. Pilihlah hotel eco-friendly

Salah satu usaha untuk menjadi traveler yang ikut menjaga lingkungan, pilihlah hotel yang eco-friendly. Nah, untuk tahu apakah sebuah penginapan atau hotel menerapkan sistem eco-friendly. misalnya mendaur ulang air limbah, lihatlah review hotel yang kerap ditulis di travel site, seperti TripAdvisor atau website lainnya.

3. Hemat air

Bukan karena sudah membayar kamar hotel, bukan berarti bisa membuang-buang air bersih seenaknya. Usahakan untuk memilih mandi dengan shower daripada berendam. Jika masih akan memakai handuk yang sama, letakkan di gantungan, seperti instruksi hotel.

4. Banyak jalan kaki

Jika ingin mengeksplorasi suatu kota, jalan kaki saja ya. Dengan jalan kaki bisa menemukan hal-hal yang luput dari mata pelancong mainstream. Contohnya saja ya, menemukan lorong dengan barisan graffiti keren atau kafe mungil dengan dekorasi vintage. Keuntungan lain, selain mencerminkan perilaku hijau, jalan kaki membantu Anda menjaga holiday weight.

5. Naik transportasi umum

Jika tujuan di tempat traveling mudah dicapai dengan transportasi umum, maka, tak perlu menyewa mobil. Bisa lebih seru loh, traveling dengan menggunakan transportasi umum di kota atau negeri lain. Bisa sekalian berbaur dengan penduduk lokal. Mudah, murah, plus hemat energi. Selain itu, sebagai bonusnya, siapa tahu Anda dapat kenalan baru!

6. Hindari penggunaan sedotan

Saat uni, penggunaan plastik, baik sebagai pembungkus hingga sedotan telah menyita banyak perhatian pecinta lingkungan. Sebab, plastik yang seperti kita ketahui bersama, sangat sulit untuk dihancurkan oleh alam. Oleh karena itu, beberapa tempat makan ternama juga mulai mengurangi pemakaian plastik dalam penyajiannya.

Slah satu traveling yang ramah lingkungan, sebaiknya selalu bawa sedotan kemana pun tujuannya. Apalagi saat ini sudah banyak sekali dijual sedotan yang bisa digunakan kembali dengan harga terjangkau.

7. Bawa sendiri tas belanjaan

Nah, saat traveling, jangan lupa untuk membawa tas belanjaan sendiri ya. Jangan lagi merasa bangga menenteng tas belanjaan dari bahan plastik berlabel toko tertentu. Perlu diketahui, membawa tas belanjaan sendiri akan dipandang lebih keren, bahkan saat ada di luar negeri. Yang pasti, tas belanjaan juga tidak akan memakan banyak ruang penyimpanan dalam koper.

8. Bawa botol air minum

Jika bepergian menjelajah berbagai tempat, jangan lupa untuk selalu bawa botol air minum dan isi dari tap water (di negara-negara tertentu) yang biasanya mudah ditemukan di tempat umum. Tidak lagi seperti zaman dulu di mana orang akan langsung minum air di tap water, kini banyak orang mengambil air minum di sana dan menyimpannya dalam botol air. So, tak perlu lagi membeli minuman botol. Keuntungan ganda, selain lebih hemat juga sekaligus menjaga lingkungan.

9. Makan di restoran dan kafe

Penting diketahui bahwa setiap makanan dan minuman yang dipesan untuk dibawa pergi akan menggunakan pembungkus makanan atau minuman berbahan plastik. Semakin banyak makanan yang di take-away, semakin banyak pula sampah yang dihasilkan.

Maka disarankan untuk makan di restoran atau kafe. Apalagi saat sedang berlibur di negara asing, menikmati makanan di restoran atau kafe lokal sambil menikmati suasana di sekitar restoran bisa menjadi nilai tambah dalam perjalanan loh.

10. Bawa kotak makanan dan alat makan

Jika memang harus take a way makanan, siapkan kotak makan agar tak perlu dibungkus. Serta siapkan juga alat-alat makan ya. Sehingga, tak lagi membutuhkan sendok dan garpu plastik yang tak ramah lingkungan.

11. Bawa perlengkapan toilet

Yup, hotel pasti menyiapkan peralatan mandi. Namun, walaupun hotel atau penginapan biasanya menyediakan peralatan mandi sekali pakai, sebaiknya bawa sendiri peralatan mandi dalam kemasan mini. Sebab, tanpa disadari, kemasan dari sampo, kondisioner, pelembap, sabun yang ada di kamar hotel bisa menjadi sumber sampah yang cukup banyak. Coba bayangkan, jika saja para pelancong setiap hari datang dan hotel harus mengganti dengan yang baru, akan seberapa banyak sampah yang dihasilkan.

  • Bagikan