Cara Simpel Mengatasi Rasa Tegang Menjadi Lebih Tenang

Cara Simpel Mengatasi Rasa Tegang Menjadi Lebih Tenang

Seruni.id – Seringkali merasa tegang karena berbagai macam urusan memang wajar dialami oleh banyak orang. Terlebih saat ingin melakukan presentasi di depan umum. Rasa tegang tersebut biasanya disebabkan oleh stres yang dipengaruhi faktor hormonal serta fisiologis ketika menghadapi sesuatu yang mengancam.

Cara Simpel Mengatasi Rasa Tegang Menjadi Lebih Tenang

Hal tersebut membuat tubuh memproduksi hormon adrenalin yang akan membuat jantung berdegup kencang, tekanan darah naik, hingga nafas menjadi lebih cepat dari biasanya. Lalu, bagaimanakah cara mengatasi rasa tegang agar lebih tenang? Berikut tipsnya dari berbagai sumber.

1. Anggaplah Sebagai Hal yang Normal

Kalau kamu mengalami rasa tegang ketika hendak berbicara di depan umum, anggaplah bahwa hal tersebut merupakan respon tubuh yang sangat wajar dan normal. Terlebih, jika situasinya mendukung untuk membuatmu merasa tegang. Dengan begitu, lama-kelamaan rasa tegang tersebut akan berubah menjadi rasa tenang, sehingga tak butuh waktu lama untuk mengalaminya.

2. Tenangkan Diri

Meski cara ini terdengar sulit, cobalah untuk tetap santai dan jangan biarkan otakmu dipenuhi dengan pikiran yang tidak-tidak. Tidak perlu memaksakan diri, karena orang yang mencoba menekan pikiran dan perasaan mereka justru akan menjadi lebih tertekan. Untuk membantu agar lebih tenang, lakukanlah meditasi, peregangan, jalan-jalan sebentar, atau hanya sekadar mengobrol dengan teman. Lakukanlah hal yang bisa membuatmu rileks, sehingga tubuh bisa kembali terkontrol dan merasa lebih baik.

3. Percaya Diri

Selain berani, mematangkan persiapan menjadi kunci agar kamu lebih PD. Ketika kamu percaya diri, kamu akan merasa yakin dengan kemampuanmu dalam menghadapi situasi dan kondisi di masa mendatang. Usahakan untuk tetap berpikir positif agar bisa menghadapi segala hal dengan lebih tenang dan tepat ketika ingin menentukan atau mengutaran sesuatu.

4. Jangan Hiraukan Omongan Orang

Tak jarang, rasa tegang muncul dari penilaian buruk orang lain. Kritik yang menyinggung akan berkeliaran di kepala, sehingga rentan membuat kita takut melangkah. Penliaian orang lain sebenarnya timbul dari dalam kepala kita sendiri yang banyak dipengaruhi usia, kultur, nilai, maupun keyakinan yang dianut. Penilaian orang lain memang penting untuk pengembangan potensi, namun jangan biarkan omongan orang lain yang tidak benar memperburuk asumsimu sehingga menjadi hambatan untukmu.

5. Berdiskusi dengan Orang Lain

Berdiskusi dengan orang lain merupakan hal yang bisa dilakukan sebagai persiapan. Kamu bisa merasa lebih tenang dan nyaman setelah berkomunikasi dengan orang yang tepat serta positif. Berbagi pengalaman serupa juga bisa menjadi salah satu alternatif yang menenangkan untuk mengatasi rasa tegang.

Baca Juga: 10 Cara Menenangkan Diri dari Rasa Cemas Berlebih

Sekian 6 cara simpel mengatasi rasa tegang menjadi lebih tenang. Meski semua ini butuh waktu dan pembiasaan, namun jika kamu melakukannya dengan konsisten dan sungguh-sungguh, maka kamu akan mendapatkan manfaatnya.

Pada awalnya mungkin rasa tegang masih mendominasi, tapi cobalah untuk tidak berlebihan. Selamat mencoba cara yang Seruni berikan, semoga bermanfaat. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-temanmu yang membutuhkan, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.