10 Cara Menenangkan Diri dari Rasa Cemas Berlebih

10 Cara Menenangkan Diri dari Rasa Cemas Berlebih
hellosehat.com

Seruni.id – Ada beragam cara menenangkan diri dari rasa cemas yang berlebih. Umumnya rasa cemas hadir ketika kita menghadapi hal-hal yang di luar dari zona nyaman kita. Namun, jika rasa cemas tersebut muncul secara berlebihan, tentu ini sangatlah menganggu.

10 Cara Menenangkan Diri dari Rasa Cemas Berlebih
beritagar.id

Rasa cemas ini, membuat seseorang kesulitan untuk mengendalikan dirinya. Sehingga, tak jarang membuat seseorang berkeringat, berbicara terbata-bata, hingga sakit perut. Namun tenanglah, rasa cemas dapat diatasi dengan mudah, yaitu dengan menenangkan diri, yang bisa kamu lakukan berikut ini.

1. Menarik Napas

Cara menenangkan diri dari rasa cemas yang paling sederhana adalah dengan menarik napas. Menarik napas dalam-dalam dapat merangsang sistem saraf parasimpatik yang menenangkan respons melawan serta membantu menetrasilir kecemasan. Teknik pernapasan yang bisa kamu lakukan cukup sederhana, yakni dengan metode 4-7-8. Kamu hanya perlu mengembuskan napas sepenuhnya, tarik napas melalui hidung selama 4 detik, tahan selama 7 detik, kemudian hembuskan kembeli melalui mulut selama 8 detik. Ulangi cara ini sekitar lima kali atau dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu.

2. Melakukan Butterfly Hug

Mungkin kita masih sangat asing dengan teknik butterfly hug, namun bagi orang-orang yang berkecimpung di dunia psikologi maupun kesehatan jiwa, ini mungkin sudah jadi makanan sehari-hari mereka. Butterfly hug merupakan teknik psikoterapi dasar untuk menenangkan suatu amarah dan membuang rasa trauma pada seseorang. Teknik ini pertama kali dikenalkan oleh dua orang praktisi yaitu, Lucina Artigas dan Ignaciu Jarero. Lantas, bagaimana cara melakukannya?

  • Langkah yang pertama, kamu harus menyilangkan kedua tanganmu ke arah dada.
  • Kemudian pejamkan kedua matamu.
  • Tepuklah kedua tangan secara bergantian layaknya kupu-kupu.
  • Tarik napas dalam-dalam dan embuskan perlahan.
  • Dan ulangi gerakan di atas hingga kamu benar-benar merasa tenang.

3. Pergi ke Tempat yang Tenang

Cara menenangkan diri dari rasa cemas berikutnya, bisa dengan pergi ke tempat yang kamu anggap tenang. Ke alam bebas misalnya. Menghabiskan waktu ke alam bebas dipercaya dapat menenangkan pikiran dan membuat hidup lebih seimbang. Tak perlu lama-lama, setidaknya 15 menit saja sudah cukup membuatmu tenang. Denga begitu, kamu akan merasakan efeknya yang sangat luar biasa. Adapun rekomendasi tempat yang bisa kamu datangi seperti kebun, taman, atau bahkan sekadar melihat ke luar jendela sambil berlatih pernapasan dalam. Menurut sebuah penelitian, dekat dengan ruang hijau alami, akan mengurangi depresi dan gejala kecemasan.

4. Afirmasi Diri

Apa sih afirmasi diri itu? Bagi yang masih sangat awam dengan kalimat ini, afirmasi diri merupakan segala pernyataan atau ungkapan positif dan spesifik yang ditujukan kepada diri sendiri. Dengan melakukan hal ini, akan membantumu untuk berpikir positif dan menjauhkan dari ‘sabotase’ diri. Nah, afirmasi ini bisa kamu lakukan ketika kamu sedang merasa cemas yang berlebihan. Sederhana sekali, karena kamu hanya perlu mengatakan beberapa hal berikut ini untuk dirimu sendiri.

  • “Aku tidak harus selalu berbuat baik, tak apa jika sesekali aku melakukan kesalahan.”
  • “Tidak ada hal berbahaya yang akan terjadi, aku hanya perlu menikmati momen ini saja.”
  • “Aku yakin, aku bisa menghadapi segala yang ada di hadapanku, aku yakin dan percaya pada diriku.”

5. Menggunakan Aromaterapi

Aromaterapi dengan kaharumannya dipercaya bisa menjadi salah satu cara menenangkan diri dari kecemasan. Aromaterapi dengan berbagai varian aroma, dianggap dapat membantu mengaktifkan reseptor tertentu pada otak yang berpotensi untuk mengurangi kecemasan. Jadi, ketika kamu sedang merasa cemas dan gelisah, segeralah menggunakan aromaterapi.

6. Mendengarkan Musik

Dengan mendengarkan musik favoritmu, ini akan menjadi cara untuk mengendalikan pikiranmu, agar hanya fokus pada lantunan musik saja. Ketika kamu memutar musik dengan volume yang keras, pastikan kamu berada di tempat yang tidak banyak orang, sehingga tidak membuat keributan.

7. Tetap Hangat dan Buatlah Dirimu Merasa Nyaman

Ketika suasana terasa dingin, terkadang membuat sebagian orang merasa tegang dan cemas. Sedangkan, jika berada di tempat yang lebih hangat, mereka akan kembali rileks. Ini bisa dibilang masuk akal, karena secara fisik menenangkan tubuh, sebagai bentuk repons terhadap suhu dingin. Hal ini telah dibuktikan oleh peneliti asal Jepang, ia menemukan bahwa rasa cemas pada diri seseorang akan berkurang setelah menghabiskan waktu di sauna. Penelitian lain juga menyebutkan hal serupa, bahwa kondisi ini berdampak pada serotonon, yakni hormon yang megatur suasana hati.

8. Kurangi Penggunaan Media Sosial

Terkadang rasa cemas berlebihan dapat muncul karena penggunaan media sosial. Maka dari itu, saat kamu merasa cemas, kurangilah penggunaannya. Meski sebagian orang kerap memanfaatkan media sosial untuk mencurahkan isi hatinya. Namun, kebiasaan ini sangat berbahaya dan tidak dianjurkan. Hal ini disebabkan, media sosial hanya akan membuat penderita akan semakin membandingkan dirinya dengan orang lain. Inilah yang nantinya akan membuat mereka semakin cemas.

9. Olahraga yang Teratur

Sebuah penelitian menunjukkan, dengan melakukan olahraga yang rutin, dapat menjadi cara untuk menenangkan diri dari rasa cemas. Nyatanya, aktivitas fisik seperti olahraga dapat meningkatkan produksi endorfin yang memiliki efek mengurangi rasa sakit dan memicu perasaan senang, tenang, dan bahagia. Namun, untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu tidak perlu melakukan olahraga berlebihan untuk merasakan manfaatnya, cukup lakukan secara rutin selama 10 menit.

10. Lakukan yang Terbaik dan Jangan Pernah Menunda

Salah satu faktor yang menjadi penyebab kecemasan adalah kebiasaan menunda-nunda. Denise Limongello, yang merupakan psikoterapir dari Manhattan menyarakan, untuk segera melakukan pekerjaan yang harus diselesaikan. Sebab, menunda bukan hal yang bisa membuatmu terhindari dari rasa cemas. Justru dengan menunda bisa mendatangkan kondisinya. Oleh sebab itu, sebisa mungkin untuk mengerjakannya segera. Akan tetapi, untuk mengatasi rasa cemas yang terjadi di luar kendali, maka kamu bisa melakukannya sebaik mungkin, guna meringankan rasa cemas tersebut.

Baca Juga: 10 Solusi Mengatasi Depresi Menurut Islam

Perlu kamu ketahui, bahwa rasa cemas bukanlah sebuah kesalahan, melainkan bagian dari diri kita sebagai manusia. Jadi, kamu tidak perlu lagi khawatir ketika merasa cemas, karena cara di atas bisa kamu lakukan dengan mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.