5 Cara Tepat Menghilangkan Uban dengan Mudah

  • Bagikan
5 Cara Tepat Menghilangkan Uban dengan Mudah
hellosehat.com

Seruni.id – Walaupun saat ini sudah banyak sekali cara menghilangkan uban pada rambut secara instan, tapi tak ada salahnya untuk mencoba beberapa cara alami dan aman berikut ini.

5 Cara Tepat Menghilangkan Uban dengan Mudah
grid.id

Rambut yang kian memutih adalah salah satu tanda perubahan pada seseorang seiring bertambahnya usia. Namun, usia kerap kali tak menjadi patokan munculnya uban. Sebab, uban bisa saja tumbuh meski usia masih terbilang muda. Hal ini biasanya disebabkan oleh sel penghasil warna di akar rambut sudah berhenti memproduksi pigmen.

Ada pula yang menyebut, bahwa hal tersebut terjadi akibat penumpukan hidrogen peroksida pada rambut. Bukan hanya itu saja, uban juga bisa muncul karena faktor genetik. Namun sebenarnya, ada banyak sekali cara untuk menghilangkan uban pada rambut, berikut Seruni akan mengulasnya untukmu.

1. Lakukan Pemijatan Secara Teratur

Cara menghilangkan uban pada rambut yang pertama yaitu dengan melakukan pemijatan secara teratur pada area kepala. Pemijatan ini dilakukan untuk membantu menstimulasi aliran darah ke kulit kepala dan menjaga rambut agar tumbuh dengan sehat. Ketika memijat, sebaiknya gunakan minyak alami, ya. Misalnya, minyak kelapa, karena jenis minyak yang satu ini dapat membuat rambut menjadi lebih lembap.

 

2. Mengonsumsi Suplemen Biotin

Pada dasarnya, rambut kita terbuat dari keratin, yaitu merupakan protein. Maka dari itu, ada baiknya mulailah mengonsumsi suplemen yang mengandung biotin agar rambut dapat tumbuh dengan sehat. Untuk orang dewasa, harus mendapatkan asupan biotin antara 30 hingga 100 mikogram per hari. Kamu bisa mengonsumsi suplemen tersebut atas saran dari dokter.

 

3. Selalu Makan Makanan Sehat

Untuk menghilangkan uban pada rambut, maka kamu perlu mencukupi asupan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut. Cara ini juga bisa kamu lakukan untuk mencegah munculnya uban, loh. Sebaiknya, pilihlah makanan yang mengandung protein seperti buah, sayur, biji-bijian, dan cukupi kebutuhan minum air putih. Selebihnya, kamu juga harus mendapatkan asupan asam folat, vitamin A, E, B12, dan zinc yang baik untuk kesehatan rambut. Sebab, asam folat akan membantu memulihkan tekstur sehat rambutmu.

 

4. Gunakan Urang-aring

Sejak dulu, urang-aring telah digunakan sebagai bahan alami untuk menghitamkan rambut. Namun, jika dirasa sulit untuk menemukan daun urang-aring, kamu bisa kok menggunakan urang-aring yang biasanya dijual di pasaran. Untuk cara menggunakannya, kamu cukup menyemirnya secara rata. Menghilangkan uban pada rambut menggunakan urang-aring ini harus dilakukan satu minggu sekali selama beberapa bulan.

 

5. Gunakan Henna

Selain urang-aring, kamu juga bisa menggunakan henna untuk menghilangkan uban pada rambut. Namun, pilihlah henna yang tidak mengandung bahan kimia agar lebih aman. Penggunaan henna mampu memperbaiki keadaan rambut dan membuat rambut mengkilap secara alami.

Baca Juga: 20 Jenis Warna Rambut Coklat Klasik yang Jadi Tren 2021

Meski uban memang akan muncul seiring bertambahnya usia, tapi jika tumbuh pada usia yang masih muda, tentu saja terkadang menganggu keindahan rambut kita. Namun, dengan cara di atas, semoga saja bisa membantu untuk menghilangkan uban pada rambutmu, ya. Selamat mencoba!

  • Bagikan