Cara Teuku Wisnu dan Shireen Tanamkan Nilai Kebaikan pada Anak Sejak Dini

instagram.com

Seruni.id – Setiap orangtua punya caranya masing-masing untuk mendidik anak mereka. Tentunya, orangtua ingin memberikan pendidikan yang terbaik untuk buah hatinya. Terutama menanamkan nilai-nilai kebaikan, agar kelak ia besar, dapat tumbuh di dalam koridor yang benar dan sesuai dengan syariat Islam.

fimela.com

Begitu pula dengan pasangan selebritis Teuku Wisnu dan Shireen Sungkar. Menurut mereka, cara paling jitu untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan pada ketiga anak mereka adalah ketika malam hari, menjelang tidur.

Dikatakan Teuku Wisnu, di tengah padatnya aktivitas yang ia jalankan setiap hari, namun ia tak pernah absen untuk mendampingi anak-anaknya saat malam menjelang tidur. Di momen tersebutlah, Wisnu kerap memberikan cerita-cerita yang memiliki nilai kebaikan. Terutma tentang kisah hidup Nabi dan Rasul.

“Sebelum tidur suka cerita, ngobrol. Kalau misal Adam suka diceritain Nabi, para sahabat. Ya nanamin nilai-nilai agama dulu,” ujar Teuku Wisnu yang dilansir dari Fimela.

Sang istri pun menambahkan, jika anak-anaknya terutama Adam dan Hawa memang cukup senang mendengarkan cerita. Di usia mereka yang masih terbilang sangat kecil, sebisa mungkin ia dan sang suami selalu menceritakan hal-hal yang bisa menjadi bekal untuk masa depan buah hati mereka.

“Banyak hal lah, tergantung umurnya aja. Mereka kan masih suka diceritain,” timpal Shireen Sungkar.

Hal lain yang tak kalah penting menurut adik dari Zaskia Sungkar ini, dalam menanamkan nilai kebaikan melalui metode bercerita ialah cara penyampaiannya. Ada baiknya, dalam bercerita pada anak, harus dilakukan dengan cara yang lebih santai dan tutur bahasa yang mudah dimengerti agar anak bisa menangkap maksud dari cerita tersebut.

“Jadi, kita ngajarinnya sesuai apa yang dia suka, jadi gak yang terlalu serius atau gimana. Anak kecil kan nangkep banget (mudah faham),” pungkas Shireen Sungkar.

Nah ternyata, apa yang dilakukan Teuku Wisnu dan Shireen Sungkar yaitu menceritakan kisah-kisah Nabi dan para sahabatnya memiliki manfaat dan dampak positif yang luar biasa untuk perkembangan anak, loh. Apa saja ya manfaatnya?

Menjadikan Anak Cinta pada Nabi

Kamu tentu pernah mendengar sebuah istilah ‘tak kenal maka tak sayang’, pribahasa tersebut ternyata berlaku pada siapapun, tak terkecuali untuk anak. Mengenalkan khususnya ke-25 nabi tentu bisa menumbuhkan rasa cinta anak padanya. Setelah rasa cinta itu timbul, tentunya ada keinginan untuk menjadi seperti yang dicintainya, seperti yang diidolakannya.

Mengembangkan Karakter Anak

Setiap nabi, memiliki kisahnya tersendiri dan karakteristik tersendiri. Ada yang dominan sifat sabarnya, sifat gigihnya, sifat mengayomi, dan sifat positif lainnya. Tak sedikit pula yang dominan dengan beraagam sifat terpuji. Contohnya Nabi Muhammmad SAW. beliau itu gigih, penyabar, pejuang, pantang menyerah, dan lain-lain.

Nah, untuk hal ini, seperti yang sudah disampaikan di atas, ada baiknya mengenalkan nabi dengan menggunakan buku Nabiku Idolaku. Sebab, perjilidnya atau kisah per nabinya sudah disusun dengan rapi yang akhirnya berujung pada terstrukturnya pemahaman anak.

Meningkatkan Kemampuan Leadership Anak

Nabi merupakan pemimpin umat. Tidak dapat dibantah bahwa pada akhirnya, poin yang juga begitu menonjol dari kisah nabi-nabi itu adalah nilai-nilai kepemimpinan. Dari sini, anak tentu bisa belajar atau menyerap bagaimana nabi tertentu di zaman tertentu memimpin umatnya. Referensi ini akan sangat bermanfaat bagi proses tumbuh kembang anak.

Itulah sedikitnya tiga manfaat mengenalkan kisah nabi pada anak seperti yang kerap dilakukan oleh pasangan Teuku Wisnu dan Shireen Sungkar. Nah, sekarang Ayah Bunda pun sudah tahu buku yang tepat dan cocok untuk digunakan, jadi tidak ada alasan untuk tidak memulainya dari sekarang.

Berikan Dukungan Kepada Kami Dengan Memberikan Rating

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.