Ciri-ciri Social Butterfly, Kepribadian yang Bisa Bikin Orang Lain Nyaman

  • Bagikan
Ciri-ciri Social Butterfly, Kepribadian yang Bisa Bikin Orang Lain Nyaman
beautynesia.id

Seruni.id – Social butterfly adalah salah satu jenis kepribadian seseorang yang dikenal bisa membuat orang lain nyaman berada di dekatnya. Biasanya, istilah ini disematkan pada meraka yang mudah bergaul dan supel dengan orang lain. Sifat ini biasanya cenderung dimiliki oleh orang-orang ekstrovert.

Ciri-ciri Social Butterfly, Kepribadian yang Bisa Bikin Orang Lain Nyaman
kompas.com

Di mana, ekstrovert adalah kepribadian yang lebih menyukai kegiatan yang dilakukan bersama daripada sendiran. Ekstrovert juga memiliki beberapa sifat khusus, misalnya tingkat kepercayaan yang tinggi, berani mengambil risiko, optimis, dan suka bekerja dalam tim. Lantas, bagaimanakah dengan social butterfly? Berikut adalah ciri-cirinya:

 

1. Memiliki Teman yang Cukup Banyak

Karena seseorang dengan kepribadian social butterfly cukup supel, tak heran jika mereka memiliki banyak teman. Biasanya, mereka akan mudah berteman dan bergaul dengan orang lain hanya dengan menemukan satu kesamaan. Entah secara kepirbadian, pekerjaan, hobi, atau kegiatan yang sering dilakukan. Sebab, makna sesungguhnya dari social butterfly adalah kupu-kupu yang memiliki kemampuan sosial.

Pada dasarnya, kupu-kupu tidak betah bertahan di satu tempat, ia pasti akan terbang ke sana ke sini untuk mencari tempat yang indah dan membuatnya nyaman. Seperti itulah orang yang memiliki sifat social butterfly. Mereka suka berteman dengan banyak orang agar pergaulan yang dimiliki lebih luas.

 

2. Mudah Berbaur dengan Orang Lain

Kebanyakan orang yang memiliki sifat social butterfly, lebih senang mendekat dengan orang lain terlebih dahulu, bukan sebaliknya. Bahkan, mereka tak segan untuk membuka percakapan dengan orang lain, sekalipun ia belum mengenal orang tersebut. Bisa dibilang, orang dengan karakter ini, adalah orang yang sangat ramah kepada siapa pun.

Tak ada rasa canggung ketika berkenalan dengan orang yang memiliki sifat social butterfly. Inilah yang membuat para social butterfly sangat mudah berbaur dan beradaptasi dengan orang lain. Mereka cepat membaca situasi, terutama perihal topik pembicaraan yang sedang berlangsung. Dengan begitu, mereka mudah berbaur dengan kelompok lainnya.

 

3. Lebih Banyak Bicara

Orang dengan sifat social butterfly adalah orang yang lebih banyak bicara. Mereka tak pernah kehabisan topik saat sedang berbincang dengan orang lain. Tak ada kesulitan bagi mereka untuk menemukan bahan obrolan, mulai dari yang bersifat ringan hingga berat. Bahkan, ketika sudah berbincang dengan orang lain, mereka cenderung lebih bersemangat. Mereka bahkan bisa mengobrol hingga berjam-jam lamanya tanpa merasa bosan. Mereka akan terus mengoceh hingga merasa lelah atau lawan bicaranya pergi meninggalkannya.

 

4. Suka Mendapatkan Perhatian

Ciri social butterfly berikutnya, mereka senang sekali mendapatkan perhatian. Suka diperhatikan bukan berarti mereka adalah attention seeker alias caper, ya. Umumnya, perhatian yang mereka dapatkan karena mereka terlihat menarik dan mudah untuk didekati. Apalagi ketika diajak berbincang, sehingga tak heran banyak orang yang nyaman dan memperhatikan mereka. Perlu diingat, bahwa sifat suka mendapat perhatian dari social butterfly ini alami terjadi, karena sosok dan karakteristik yang kuat terbentuk sejak awal. Bisa dibilang, hal tersebutlah yang menjadi magnet tersendiri bagi orang lain.

 

5. Berkarisma

Orang dengan sifat social butterfly biasanya adalah orang yang sangat berkarisma. Ciri khas ini berkaitan dengan ciri sebelumnya yang suka mendapat perhatian. Dalam jurnal yang berjudul Social Butterflies and Politics: Exploring the Link between Sociability and Political Engagement, Online and Off menjelaskan, social butterfly sangat karismatik sehingga mampu membujuk dan mempengaruhi orang lain. Karisma social butterfly sangatlah kuat. Hal ini disebabkan oleh rasa percaya diri yang sangat tinggi, sehingga memancarkan aura berbeda. Ditambah lagi, mereka mudah untuk didekati sehingga kebanyakan orang merasa nyaman untuk mendekatinya.

 

6. Selalu Menjaga Penampilan

Tak sedikit orang yang selalu menjaga penampilannya, begitupun dengan mereka yang memiliki sifat social butterfly. Meski mereka selalu menjaga penampilan, tapi hal tersebut bukanlah hal yang utama, karena yang paling utama adalah rasa percaya diri. Mereka biasanya memiliki penampilan yang berbeda. Walaupun berbeda, tampilan mereka membuat orang-orang di sekitarnya merasa nyaman ketika berada di dekatnya.

 

7. Memiliki Banyak Aktivitas

Ciri khas lainnya adalah mereka ini memiliki banyak aktivitas. Bisa dibilang, mereka memiliki jadwal yang super padat. Aktivitas mereka tidak hanya seputar urusan pribadi saja, tapi juga urusan sosial. Jika ingin ketemuan, kita bahkan harus janjian dari jauh-jauh hari supaya tidak bentrok dengan jadwal janjian orang lain. Saat tidak ada jadwal, mereka mulai menghubungi orang-orang terdekat seperti bersama teman, keluarga, atau pasangan untuk diajak pergi ketemuan.

Baca Juga: Tipe Kepribadian : Extrovert, Introvert, atau Ambievertkah kamu? Yuk Cari Tahu di Sini

Dari ciri di atas, apakah kamu memiliki ciri-ciri tersebut?

  • Bagikan