Ciri Wanita Terbaik Menurut Rasulullah

pinterest.at

Seruni.id – Wanita merupakan sosok yang paling berharga di dunia ini. Keberadaannya sangatlah penting. Darinya generasi penerus bangsa lahir. Dan dia merupakan sosok pandamping lelaki yang baik. Kelembutan hatinya dapat mencairkan hati yang keras. Hanya saja, tak semua wanita di masa kini yang memiliki sifat dan perilaku yang baik. Menurut Rasulullah, ada tiga ciri wanita terbaik. Apa saja? Berikut ulasannya.

Hasil gambar untuk wanita muslimah cantik
ruangmuslimah.co

Menyenangkan Jika Dipandang Suami

Ciri wanita terbaik menurut Rasulullah, ialah dia yang menyenangkan jika dipandang oleh suami. Menyenangkan tak melulu masalah fisik. Tidak harus berkulit putih, hidung mancung, bibir seksi dan sebagainya. Bukan berarti bahwa yang bisa menjadi wanita terbaik hanyalah mereka yang terlihat cantik.

Menyenangkan dipandang suami, bukanlah semata soal kecantikan fisik. Tetapi yang dimaksud adalah inner beauty, atau kecantikan yang terpancar dari dalam hati. Wajahnya memancarkan keteduhan karena sering terkena air wudhu, dan semakin indah ketika memberikan senyuman kepada suami. Terlihat ada keikhlasan terlukis dari wajahnya, ada pancaran rasa syukur hidup sebagai istri bagi suaminya.

[read more]

 

Wajah yang tersenyum dan memancarkan keteduhan inilah yang akan mennyenangkan suami. Bahkan, semahal apapun make up yang dipakai, ia takkan bisa menyenangkan suami, jika selalu berkeluh kesah, cemberut dan marah-marah. Bukan berarti berhias untuk suami tidak diperlukan, justru sangat dianjurkan, terutama pada saat-saat tertentu. Tujuannya agar suami semakin senang, dan semakin sayang. Jadi, untuk menjadi wanita terbaik, selalu berikan senyuman termanismu untuk suami dan berhiaslah secantik mungkin untuknya.

Menaati Perintah Suami

Wanita yang terbaik ialah wanita yang menaati suaminya ketika diperintah. Selama perintah tersebut tidak bertentangan dengan syariat Allah SWT. Termasuk, saat suami mengajak bercinta. Wanita yang baik, tidaklah menolak ajakan suami tanpa alasan yang syar’i.

Rasulullah Shalallahu’alaihi wa Sallam bersabda,

“Jika seorang pria mengajak istrinya ke ranjang, lantas istri enggan memenuhinya, maka malaikat akan melaknatnya hingga waktu shubuh” (HR. Bukhari dan Muslim).

Di zaman yang semakin berkembang ini, atas nama emansipasi dan kesetaraan gender, seorang istri seringkali enggan menaati suaminya. Terlebih ketika seorang istri itu berpendidikan lebih tinggi dari suami, serta berpenghasilan yang lebih besar pula. Ia merasa gengsi ketika diperintah suaminya. Ia justru berambisi menyetir kehidupan rumah tangganya. Alhasil, keluarganya menjadi hancur berantakan.

Betapa beruntungnya seorang istri yang berhasil melepaskan segala egonya dan hidup bahagia bersama sang suami. Ia menaatinya dan tidak mendurhakainya. Dan ia pun memenuhi syarat untuk menjadi wanita yang baik menurut Rasulullah.

Menjaga Diri dan Harta Suaminya

Wanita terbaik selalu menjaga kehormatan dirinya dan menjaga harta suaminya terutama ketika suaminya sedang pergi. Ia senantiasa menjaga pesan suami dan tidak melanggar hal-hal yang dibencinya. Contohnya, suami tidak suka jika seseorang masuk ke rumahnya. Istri yang baik tidak boleh melanggarnya, istri tidak boleh membawa teman wanitanya masuk ke dalam rumahnya. Apalagi, jika orang yang tidak disukai oleh suami adalah seorang laki-laki. Selain tidak memenuhi syarat menjadi wanita terbaik, hal tersebut dapat mendatangkan fitnah dalam keluarga.

Menjaga harta suaminya berarti ia tidak menggunakan harta suaminya kecuali dengan izinnya atau dengan kesepakatan mereka berdua. Jika suami sangat pelit, ia tetap tidak diperbolehkan mengambil harta suaminya tanpa izin kecuali untuk kebutuhan keluarga secukupnya, atau mengambil untuk berinfaq sebatas kewajaran tanpa memberikan kemudharatan kepada harta suaminya.

Itulah ciri wanita terbaik menurut Rasulullah. Jika seorang wanita mampu memenuhi ketiga hal di atas, maka insya Allah engkau termasuk ke dalam golongan wanita baik. Aamiin.

[/read]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.