7 Ciri Wanita yang Kelak Diusir dari Surga

  • Bagikan
7 Ciri Wanita yang Kelak Diusir dari Surga
news.detik.com

Seruni.id – Menjadi penghuni surga adalah impian setiap manusia. Tak terkecuali wanita. Namun, ada beberapa ciri wanita yang kelak diusir dari surga. Siapa sajakah mereka?

7 Ciri Wanita yang Kelak Diusir dari Surga
popbela.com

Ada sejumlah golongan wanita yang kelak diusir dari surga. Mengapa dan apa yang diperbuat sehingga mereka harus terusir dari tempat yang didambakan banyak orang? Sebab, kaum wanita adalah sasaran utama para iblis untuk menggodanya. Sehingga Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam pernah memberi peringatan, bahwa fitnah yang ditakutkan oleh Nabi Muhammad dari keturunan bani Adam, adalah fitnah wanita.

Bahkan, di akhir hayatnya, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam menyebutkan, “Wanita.. wanita.. wanita” sebagai isyarat bahwa wanita itu harus dilindungi, dijauhkan dari maksiat, karena dari diri wanitalah akan berlembang berbagai macam fitnah.

Rasulullah pun pernah mengabarkan, bahwa mayoritas penghuni neraka adalah wanita. Dari Imran bin Husain, Rasulullah bersabda, “Aku diperlihatkan di surga, Aku melihat kebanyakan penghuninya adalah kaum fakir. Lalu aku diperlihatkan neraka. Aku melihat kebanyakan penghuninya adalah para wanita.” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

Naudzubillah min dzalik, tentunya kita tidak ingin menjadi salah satu di antara penghuni neraka. Untuk mengetahui seperti apa ciri wanita yang kelak diusir dari surga, berikut Seruni berikan ulasannya.

1. Wanita yang Tidak Mensyukuri Pemberian Suami

Ciri wanita yang kelak diusir dari surga yang pertama, adalah mereka yang tidak pernah mensyukuri atas apa yang diberikan oleh suaminya. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Said Al-Khudri, ia berkata,

“Rasulullah keluar saat Iduladha atau Idulfitri dan melewati para wanita, kemudian bersabda, ‘Wahai para wanita, keluarlah sedekah karena aku diperlihatkan bahwa kebanyakan penghuni neraka adalah dari kalangan kalian’.

Mereka (para wanita) bertanya, ‘Mengapa (demikian) wahai Rasulullah?’ Beliau bersabda, ‘Kalian sering mengumpat dan mengingkari pemberian suami. Aku tidak melihat (orang) kurang akl dan agama dari kalangan kalian yang bisa mengalahkan laki-laki yang cerdas’.” (HR. Al Bukhari).

2. Istri yang Tidak Taat pada Suaminya

Suami merupakan surga dan neraka bagi para istri. Apabila seorang istri taat pada suaminya, maka ia akan mendapatkan jaminan surga. Begitupun sebaliknya, jika ia tidak taat, maka neraka akan menantinya. Inilah yang membuat wanita kelak diusir dari surga.

Al Hushain bin Mihshan pernah berkisah tentang bibinya. Suatu hari, sang bibi pernah menemui Rasulullah untuk sebuah keperluan. Setelah urusannya selesai, Rasulullah bertanya kepadanya,

“Apakah engaku sudah bersuami?” Bibi Al Hushain menjawab ‘Sudah’. Rasulullah kembali bertanya, ‘Bagaimana (sikap) engkau terhadap suamimu?’ Ia menjawab, ‘Aku tidak pernah mengurangi haknya kecuali dalam perkara yang aku tidak mampu’. Rasulullah kemudian bersabda, ‘Perhatikanlah pergaulanmu dengan suamimu, karena suamimu adalah surga dan nerakamu’.” (Ahmad).

3. Wanita yang Gemar Mengumpat

Mengumpat adalah sifat yang tidak terpuji. Bahkan, sifat ini bisa menjerumuskan seseorag ke dalam neraka. Mengumpat juga menjadi sifat yang dapat menyebabkan wanita diusir dari surga. Berbeda dengan pria, kaum Hawa memiliki beragam aktivitas lisan yang dapat menjerumuskan mereka pada keburukan. Bukan hanya mengumpat, sifat gemar mengadu domba juga sangat erat pada wanita. Dari Hudzaifah, Rasulullah bersabda,

“Tidak akan masuk surga orang yang suka namimah (adu domba).” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

Maka dari itu, para wanita sebaiknya bijaklah dalam berbincang. Hindarilah bergosip, mengumpat, dan mengadu domba. Terlihat sepele memang, tapi sifat tersebut dapat membuat wanita terusir dari surga.

4. Istri yang Menggugat Cerai Tanpa Alasan

Saat memutuskan untuk berumah tangga, seharusnya kita sudah tahu apa konsekuensi yang akan diterima. Namun, jika yang kamu jalani tak seindah yang ada di bayanganmu, janganlah mudah untuk mengatakan pisah (cerai). Meski wanita memang sangat perasa dan selalu mengutamaka hati ketimbang akalnya, sering kali dengan mudah untuk meminta pisah, apalagi tanpa alasan yang jelas.

Sebab, menggugat cerai tanpa alasan, bisa menjadi salah satu ciri wanita yang kelak diusir dari surga. Hal ini sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah, “Wanita mana saja yang meminta cerai tanpa alasan yang jelas, maka haram baginya mencium bau surga.” (HR. Abu Daud, At Tirmidzi, dan Ibu Majah).

Jika para wanita mengetahui hadis di atas, maka mereka pasti akan berhati-hati, agar ucapannya tidak mendahului perasaannya.

5. Wanita yang Kepalanya Seperti Punuk Unta

Ciri wanita yang kelak diusir dari surga berikutnya adalah, mereka yang rambutnya seperti punuk unta. Maksudnya adalah, wanita tersebut memperbesar kepalanya dengan mengumpulkan rambut di atas kepalanya, layaknya memakai sorban.

Naudzubillah, bahkan sebagaimana muslimah berhijab saat ini juga melakukan gaya punuk unta di balik jilbabnya. Bagian belakang dan atas kepala mereka menonjol dan nampak seperti punuk unta. Meski dibalut jilbab, tonjolan itu tetap nampak dan menyerupai ciri wanita yang kelak diusir dari surga.

6. Wanita yang Berpakaian Tipis dan Ketat

Ada tiga golongan wanita yang terangkum dalam sebuah hadis riwayat Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Ada dua golongan penghuni neraka yang belum pernah aku lihat. Pertama, suatu kaum yang membawa cambuk seperti ekor sapi, dengannya ia memukuli orang. Kedua, wanita-wanita yang berpakaian (tetapi) telanjang, mereka berlenggak-lenggok dan condong (dari ketaatan), rambut mereka seperti punuk unta yang miring, mereka tidak masuk surga dan tidak akan mencium baunya, padahal sesungguhnya bau surga itu tercium dari perjalanan sejauh ini dan ini.” (Muslim).

Berdasarkan hadis tersebut, Imam An Nawawi menjelaskan bahwa “Wanita yang berpakaian tapi telanjang” memiliki beberapa tafsir, yaitu; (1) Wanita yang mendapat nikmat namun enggan bersyukur kepada-Nya, (2) Wanita yang memakai pakaian tipis hingga nampak warna kulitnya, (3) Wanita yang menutup sebagian tubuhnya namun membuka bagian tubuh yang lainnya.”

7. Perempuan yang Menyerupai Laki-laki

Ciri wanita yang kelak diusir dari surga berikutnya, adalah mereka yang berpenampilan layaknya seorang pria. Tak hanya diusir dari surga, mereka juga tidak akan dipandang oleh Allah SWT. Dilempar ke neraka saja sudah begitu perih, apalagi jika Allah tak sudi melihatnya. Naudzubillah.

Dari Abdullah Ibu Umar, Rasulullah bersabda, “Ada tiga golongan yang tidak akan masuk surga dan Allah tidak akan melihat mereka pada hari kiamat kelak: (1) anak yang durhaka kepada kedua orang tuanya, (2) wanita yang berperilaku seperti lelaki, dan (3) dayyuts (kepala keluarga yang tidak memiliki kecemburuan terhadap keluarganya dengan membiarkan kemaksiatan di tengah-tengah mereka).” (HR. An Nasa’i).

Baca Juga: Siapakah Wanita Ahli Surga yang Patut Dijadikan Suri Tauladan?

Demikianlah beberapa ciri wanita yang kelak diusir dari surga. Naudzubillah min dzalik. Semoga tak ada ciri tersebut di dalam diri kita. Jadikanlah kami penghuni surga-Mu, berilah kami kenikmatan mencium keharuman surga yang tiada tara. Aamiin ya Rabbal’alamin.

  • Bagikan
seruni.id