Siapakah Wanita Ahli Surga yang Patut Dijadikan Suri Tauladan?

konsultasisyariah.com
4/5 (1)

Seruni.id – Perempuan diberikan kedudukan yang begitu tinggi oleh Allah SWT. Betapa Islam sangat memuliakan wanita shalihah. Siapa yang tidak mau? Setiap Muslimah tentu ingin menjadi sebaik-baiknya perhiasan.

muslimobsession.com

Tak hanya para Nabi dan Rasul saja yang telah dijamin masuk surga, beberapa perempuan juga ada yang dapat dijamin masuk surga. Ini membuktikan, jika derajat wanita dan pria itu sama, yang menjadi pembedanya hanya peranannya.

Rasulullah SAW bersabda, “Pemuka wanita ahli surga ada empat. Ia adalah Maryam binti Imran, Fatimah binti Rasulullah SAW, Khadijah binti Khawalid dan Aisyah.” (HR. Hakim dan Muslim).

Lantas, apa keistimewaan keempat wanita ini sehingga mereka dikatakan sebagai wanita yang dijamin akan masuk surga? Berikut ulasannya:

Maryam Binti Imran

Dialah Ibunda Nabi Isa AS, seorang wanita yang dikenal begitu mulia, sebab ia selalu menjaga harga dirinya dan taat beribadah kepada Allah SWT. Dialah wanita mulia yang mendapatkan kehormatan ditiupkannya ruh ke dalam rahimnya, hal ini menjadi kemuliaan sekaligus ujian baginya.

Di mana Maryam mengandung tanpa disentuh seorang laki-laki. Saat hamil inilah, perjalanan hidupnya sangat tidak mudah. Banyak orang yang menggunjingnya. Walaupun begitu, dia tetap sabar dan taat kepada Allah SWT. Setelah kelahiran Nabi Isa AS, Maryam mendidik Nabi Isa dengan sangat baik dan penuh kesabaran.

Maryam pun selalu mengajarkan kebaikan pada putranya itu, dan mengajaknya senantiasa berdakwah di jalan Allah. Karena kemuliaan dan kesuciannya, Allah pun mencatatkan namanya menjadi salah satu wanita yang dijamin akan menjadi penghuni surga jika waktu itu telah tiba.

Maryam adalah sebuah nama dalam bahasa Arab, yang asalnya Mary Ama. Mary artinya Tuhan. Ama semakna dengan amatun (dalam bahasa Arab) artinya hamba perempuan. Nama Mary Ama memiliki arti hamba (perempuan) Tuhan.

Fatimah Binti Rasulullah

Wanita yang selanjutkan akan menjadi penghuni surga adalah Fatimah Az Zahra. Ia merupakan putri kesayangan Rasulullah Muhammad SAW. Fatimah adalah anak yang patut dan taat kepada kedua orangtuanya. Ia juga merupakan istri dari Ali Bin Abi Thalib yang tak lain adalah sahabat Rasulullah. Fatimah dikenal sebagai Muslimah yang begitu sabar, penuh keimanan, cerdas dan taat pada suami.

Tak hanya itu, dia juga merupakan seorang wanita yang mulia dan mampu menjaga cintanya dengan sangat baik hanya untuk suami tercinta. Saking mulia dan baiknya, kisah cinta Fatimah bersama suami menjadi kisah cinta yang begitu mengetuk hati dan menjadi kisah cinta paling romantis bagi umat Muslim.

Khadijah Binti Khuwalid

Wanita ketiga yang dijamin akan menghuni surga adalah Khadijah Binti Khawalid. Ia adalah istri pertama Nabi Muhammad. Selama 24 tahun mereka hidup bersama dan wafat dalam usia 64 tahun 6 bulan. Dia meninggal di gunung Hujan, dan dimakamkan di pemakaman yang tak jauh dari Makkah. Mengapa Allah menjamin dia akan masuk surga?

Dalam beberapa surat di Alquran, disebutkan bahwa Khadijah adalah wanita yang begitu mulia dan merelakan semua hartanya di jalan dakwah. Ia juga seorang wanita yang taat pada sang suami, dan ia ingin berjuang bersama-sama di jalan Allah.

Atas apa yang ia lakukan. Maka, Khadijah dikatakan sebagai wanita yang akan masuk surga. Bahkan, malaikat Jibril pun pernah menyampaikan salamnya kepada Rasulullah untuk Khadijah dan mengatakan bahwa surga adalah tempat untuknya. “Ya Rasulullah, Khadijah sebentar lagi akan datang membawa bejana berisi lauk, makanan atau minuman. Kalau ia sudah datang, sampaikan salah dari Allah dan dariku untuknya. Berian kabar gembira, bahwa rumahnya kelak adalah surga.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Aisyah Istri Firaun

Wanita keempat yang dijamin akan menghuni surga adalah Aisyah, istri dari Firaun dan juga ibu dari Nabi Musa AS. Walaupun sang suami dikenal sangat kejam dan mengaku dirinya sebagai Tuhan, Aisyah tetap pada pendiriannya untuk menyembah hanya kepada Allah SWT. “Ya Allah, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam surga dan selamatkanlah aku dari Firaun juga dari segala perbuatannya.” (QS At-Thamrin, 11).

Ketika sang suami mengancam akan menyiksa dan membunuhnya jika tak mau menyembahnya, namun Aisyah tetap pada pendiriannya untuk menyembah Allah. Ia tetap yakin, bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan yang patutu ia sembah dan tak ada yang lain selain-Nya. Keteguhan Aisyah inilah yang akhirnya membuatnya tercatat sebagai wanita mukmin yang dijamin akan di tempatkan di sisi terbaik-Nya yakni surga.

Itulah empat wanita yang dijamin menempati surganya Allah SWT. Semoga, kisah ini bisa menjadi inspirasi untuk kita semua agar bisa menjadi wanita yang baik dan mulia agar kelak kita bisa menjadi penghuni surga bersama mereka dan wanita-wanita mulia lainnya. Aamiin.

Berikan Dukungan Kepada Kami Dengan Memberikan Rating

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.