14 Contoh Lukisan Pemandangan Alam Paling Indah dengan Menggunakan Pensil

  • Bagikan
Contoh Lukisan Pemandangan Alam Paling Indah dengan Menggunakan Pensil
gambar lukis pemandangan - contoh lukisan pemandangan menggunakan pensil (Temonggo.com)

Seruni.id – Melukis merupakan kegiatan mengolah medium dua dimensi atau permukaan dari objek tiga dimensi untuk mendapatkan kesan tertentu. Medium lukisan bisa berbentuk apa saja, seperti kanvas, kertas, papan, dan lainnya. Kita bisa melukis apa saja yang kita inginkan, namun biasanya yang paling banyak digemari orang adalah lukisan pemandangan alam.

Contoh Lukisan Pemandangan Alam Paling Indah dengan Menggunakan Pensil
gambar lukisan pemandangan – pensil warna untuk melukis

 

Namun biasanya, yang dibuat adalah berupa lukisan pemandangan paling sederhana. Hingga saat ini, gambar gunung masih jadi lukisan yang paling populer. Sebab, gambar tersebut sangat mudah dibuat dan terlampau sederhana. Tetapi, ada pula beberapa lukisan pemandangan paling indah, sederhana, namun sangat sulit untuk ditiru.

lukisan pemandangan alam – ilustrasi: Perempuan sedang melukis pemandangan

Kali ini, Seruni akan membagikan beberapa contoh lukisan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Terdapat banyak sekali gambar lukisan pemandangan alam yang indah seperti misalnya pantai, gunung, laut dan lainya. Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak bersama-sama ulasan berikut ini.

Contoh Lukisan Pemandangan Alam Paling Indah dengan Menggunakan Pensil
gambar lukisan pemandangan – lukisaan pedesaan digambarkan dengan pemandangan pegunungan dan hamparan sawah yang sudah menguning, dan tertinggal juga petani yang sedang beraktivitas (tokopedia.com)

Menggambar sebuah pemandangan dengan menggunakan media pensil memang terlihat sangat mudah dibandingkan dengan menggunakan cat air. Goresan yang dihasilkan dari pensil tidak terlalu terang sehingga sangat pas untuk menggambar sketsa awal sebelum tahap penyempurnaan. Sebelum menggambar dengan pensil, kamu harus lebih dulu mengetahui teknik-teknik dasarnya.

Seperti memilih jenis pensil yang tepat membuat gambar yang diinginkan. Untuk menghasilkan gambar yang sempurna, biasanya seniman menggunakan beberapa jenis pensil dengan karakter yang berbeda sesuai dengan tujuannya. Karena setiap mereke miliki standarnya masing-masing. Maka lebih baik jika kamu memilih satu merek untuk semua karakter pensil yang kamu butuhkan sehingga mereka memiliki standar kualitas yang sama.

Selanjutnya, kamu harus memilih kertas yang tepat untuk menggambar. Sama halnya seperti memilih pensil, begitu banyak jenis kertas yang tersedia di pasaran dengan standar kualitas masing-masing. Akan tetapi, jika kamu ingin melukis dengan menggunakan pensil dan kertas, yang dapat dijadikan patokan ialah kertas yang lembut namun tidak mudah terurai atau terkelupas saat dihapus agar proses shading dapat berjalan dengan baik.

Kertas yang tepat untuk menggambar adalah kertas yang mampu mengikat warna dan menampilkan warna dengan jelas. Kamu mungkin akan menemui beberapa jenis kertas yang ketika dihapus, justru menyebabkan partikel-partikel kertasnya terkelupas dan gambar menjadi rusak. Mungkin kamu juga akan menemukan kertas yang tidak terlalu baik dalam menyerap warna sehingga hasil yang akan didapatkan tidak maksimal. Biasanya buku sketsa (sketchbook) yang dijual cenderung memiliki kualitas yang baik, akan tetapi kamu harus hati-hati, jangan sampai terkecoh dengan merek yang palsu.

Teknik Melukis dengan Media Pensil

Teknik Crosshatching

Teknik crosshatching atau lebih dikenal dengan teknik pengarsiran silang dilakukan dengan menggunakan garis-garis kecil yang ditarik berdekatan. Biasanya, teknik ini berfungsi sebagai tahap awal pembuatan bayangan objek. Kamu bisa menarik garis dalam satu arah atau yang disebut hatching mengikuti bentuk objek sehingga objek dapat dikenali dengan baik. Atau kamu juga dapat menggunakan teknik penggarisan silang untuk menciptakan tampilan yang lebih realistis.

Tujuannya, agar gambar yang dihasilkan nantinya lebih memberikan nilai yang mendalam. Bagaimana cara melakukannya? Yakni dengan menarik garis dalam satu arah, kemudian menarik garis lain yang melintasi garis sebelumnya. Sehingga, garis-garis tersebut saling menyilang. Semakin banyak dan dekat garis, maka akan semakin realistis kesan yang ditampilkan.

Teknik Melingkar

Selanjutnya, teknik melingkar atau Cirular Technique merupakan teknik untuk mencipatakan tekstur yang kontras dengan membuat lingkaran dan coret-coretan dengan ukuran besar. Semula, kamu bisa menggambar lingkaran kecil dengan menggerakan pensil dengan gerakan berputar-putar. Pada dasarnya, teknik melingkar ini digunakna untuk menciptakan tekstur kulit.

Jika kamu membuat bayangan pada objek potret, maka kamu dapat menggunakan lingkaran kecil yang padat dengan nilai yang bervariasi. Jika perpaduan tersebut benar-benar serasi, maka ketika seseorang melihat karya anda, mata mereka akan berbaur dengan lingkaran-lingkaran tersebut.

Teknik Shading

Teknik shading atau yang kerap disebut dengan teknik membuat bayangan umumnya dihasilkan melalui interaksi gelap terang yang tampak dari arsiran yang kamu hasilkan. Umumnya efek bayangan yang halus memberikan nilai estetika yang lebih ketinbang efek bayangan yang lebih kasar. Ada beberapa cara untuk membuat shading halus yaitu menggunakan sisi pensil untuk membuat gambaran halus yang berdekatan, mengatur penggarisan silang sedemikian rupa untuk menibulkan efek bayangan halus, dan menggunakan alat bantu untuk menghaluskan arsiran sehingga didapat efek bayangan yang halus.

Banyak para seniman yang menggunakan media kapas sebagai alat bantu, dan ada pula yang menggunakan penghapus, bahkan jarinya untuk mengatur gradasi warna. Untuk membuat shading halus, mulailah dengan garis cahaya dengan titik awal yang bervariasi kemudian lanjtukan dengan menggelapkan nilai-nilai (value) dengan menekan sedikit lebih keras menggunakan pensil yang lebih lembut.

Jangan paksakan untuk menggunakan satu jenis pensil untuk membuat value karena tiap-tiap pensil memiliki karakter dan fungsi masing-masing. Oleh karena itu, anda harus benar-benar memahami jenis-jenis yang sesuai untuk pembuatan efek bayangan. Anda dapat menggunakan alat shading untuk menimbulkan kesan yang lebih halus.

Finishing

Dan yang terakhir, adalah finishing. Dalam tahap ini, kamu dapat memeriksa kembali karya anda secara lebih detail sebelum menjadikannya sebagai hasil akhir. Mulailah melatih kepekaan kamu terhadap kekurangan sekecil apapun yang dapat mengurangi nilai estetika karymu. Kamu bisa menyempurnakan outline atau shading yang masih kurang sempurna. Pada tahap ini kamu juga perlu memperhatikan kebersihan karya anda. Jangan biarkan kesalahn kecil menyebabkan kerja keras anda kurang maksimal. Dengan kesabaran dan ketekunan, bukanlah hal mustahil kamu dapat menghasilkan sebuah karya bernilai tinggi.

Nah, berikut ini contoh-contoh lukisan pemandangan dengan pensil yang sederhana dan indah:

Contoh Lukisan Pemandangan dengan Pensil Hitam Putih

1. Lukisan Pemandangan Pohon dan Istana

Contoh Lukisan Pemandangan Alam Paling Indah dengan Menggunakan Pensil
contoh gambar lukis – contoh lukisan pohon dan istana

Lukisan di atas sangat menakjubkan. Terdapat istana megah tempat tinggal para raja serta putri kerajaan. Jembatan yang terlihat adalah jalan menuju istana. Gunung-gunung yang menjulang tinggi berada di dekat istana dan ada sebuah pohon besar yang rindang nan indah.

 

2. Lukisan Pemandangan Danau

Contoh Lukisan Pemandangan Alam Paling Indah dengan Menggunakan Pensil
lukisan gambar – contoh lukisan danau

Lukisan dengan menggunakan pensil ini terlihat danau yang di kelilingi oleh gunung yang menjulang tinggi. Terlihat pula orang-orang yang sedang mendaki gunung tinggi itu unutk bisa menikmati udara segar dan pemandangan yang indah, pohon yang tumbuh di sana pun terlihat begitu rindang.

 

3. Lukisan Pemandangan Pantai

Contoh Lukisan Pemandangan Alam Paling Indah dengan Menggunakan Pensil
contoh gambar lukisan – contoh lukisan pantai

Lukisan sederahana dengan goresan pensil ini memang terlihat sangat indah. Terdapat pohon kelapa yang tumbuh sangat unik. Air laut yang tenang menambah keindahan pantai tersebut.

 

4. Lukisan Pemandangan Gunung

Contoh Lukisan Pemandangan Alam Paling Indah dengan Menggunakan Pensil
lukisan gambar – contoh lukisan gunung

Lukisan gunung yang satu ini mungkin terbilang sangat mudah. Gunung-gunung yang menjulang tinggi, di tambah dengan awan yang cerah menambah suasana semakin indah. Pohon-pohon yang berjajar rapi, rerumpuran yang tumbuh, dan arsiran pensil pun menambah keindahan gambar tersebut.

 

5. Lukisan Pemandangan Desa

contoh gambar lukisan – contoh lukisan desa

Berbekal sebuah pensil, kamu bisa melukiskan suasana desa yang begitu asri. Seperti gambar di atas, terdapat pepohonan rindang, pohon kelapa di dekat sawah. Ditambah lagi padi-padi yang menambah keindahan lukisan tersebut. Lukisan yang cantik nan indah ini merupakan goresan-goresan yang berumber dari pensil.

 

6. Lukisan Pemandangan Rumah di Pedesaan

contoh gambar lukisan – contoh lukisan pedeseaan

Penuh dengan guratan-guratan membuat kertas yang awalnya kosong kini nampak sebuah lukisan pemandangan rumah di pedesaan. Walaupun tidak begitu detail, tapi sketsa di atas sudah cukup membuatmu terkesima, bukan?

 

7. Lukisan Pemandangan Kota

contoh gambar lukisan – contoh lukisan kota

Sekali-kali cobalah menggambar pemandangan khalayak ramai seperti di kota. Bangunan panjang yang menjulang juga bisa dijadikan objek untuk melatih kemampuanmu menggambar, lho.

 

8. Pemandangan Gunung dan Kapal

contoh gambar lukisan – contoh lukisan gunung dan kapal

Jika kamu bosan dengan gambar pemandangan suatu objek yang sudah biasa, maka sketsa di atas bisa jadi referensi untukmu sebagai salah satu khazanah inspirasi di kemudian hari. Objek lukisan berupa pemandangan ditambah kapal seperti di atas tentu akan menambah koleksi sketsa latihanmu.

 

Melukis memang tak semudah yang dibayangkan. Butuh banyak kreativitas dan inspirasi agar gambar tersebut tampak lebih hidup. Seperti beberapa lukisan pemandangan paling sederhana yang ada di atas, walaupun terlihat mudah ternyata gambar tersebut sulit untuk ditiru.

9. Pemandangan Danau

lukisan pemandangan alam – lukisan pemandangan danau

lukisan ini menggunakan pensil dan juga pulpen, menggambarkan pemandangan danu yang tenang dan terdapat batang pohon kayu yang besar, yang sepertinya merupakan pohon tua didekat danau yang tumbang.

 

Contoh Lukisan Pemandangan dengan Pensil Berwarna

10. Lukisan Pemandangan Senja dengan Pensil Warna

Contoh Lukisan Pemandangan Alam Paling Indah dengan Menggunakan Pensil
lukisan alam – lukisan Pemandangan Senja di Savana

Suasana senja di sebuah daerah di Benua Afrika. Padang rumbut sabana yang luas. Terlihat seekor jerapah yang sedang berdiri di sana. Pepohonan khas Afrika mengiasi suasana senja. Lukisan menggunakan pensil warna ini sangat indah dan menakjubkan. Terkesan seperti gambaran asli, apalagi ditambah gradasi warna langit yang cantik.

lukisan gambar – contoh lukisan pemandangan senja di tebing laut

Lukisan pemandangan senja di Tebing Pinggir laut dengan teknik siluet.

 

11. Lukisan Pemandangan Air Terjun

Contoh Lukisan Pemandangan Alam Paling Indah dengan Menggunakan Pensil
lukisan alam – contoh gambar lukisan air terjun

Lukisan air terjun terbesar yang berlokasi di dua negara bagian New York, Amerika Serikat dan Ontario, Kanada ini merupakan air terjun yang paling besar dan terkenal di dunia. Setiap menitnya, air terjun ini menumpahkan sedikitnya 168.000 m3. Sangat luar biasa banyak, bukan?

 

12. Lukisan Pemandangan di Tepi Pantai

Contoh Lukisan Pemandangan Alam Paling Indah dengan Menggunakan Pensil
lukisan alam – lukisan pemandangan pantai

Lukisan tepi pantai ini, tampak seperti asli. Dengan kekuatan pensil warna, pantai Pulau Calayan yang terletak di Filipina ini seperti nyata. Terlihat pasir putih yang terhampar, dan seorang nelayan yang entah sedang apa di sana. Kapal-kapal nelayan pun menepi menunggu unutk menjalankan tugasnya.

 

13. Lukisan Pemandangan Malam

Contoh Lukisan Pemandangan Alam Paling Indah dengan Menggunakan Pensil
lukisan gambar – contoh gambar lukisan dua burung berlatar bulan

Dalam lukisan pemandangan malam ini, terlihat duka ekor burung yang sedang bersama di ranting pohon. Di belakangnya, terlihat bulan yang menyoroti kedua burung itu. Langit malam yang terlihat begitu gelap, menjadikan lukisan ini tampak seperti nyata.

 

14. Lukisan Pemandangan Sungai

lukisan alam – contoh lukisan sungai dengan banyak batu berlumut (bevlewis-art.blogspot.com)

Lukisan pemandangan sungai diantara pohon-pohon lebat dengan batu-batu berlumut membuat orang yang melihatnya merasa tenang, lukisan tersebut digambar diatas canvas,

  • Bagikan