Daripada Marah-marah, Ini Cara Elegan Menegur Suami Ketika Salah

Daripada Marah-marah, Ini Cara Elegan Menegur Suami Ketika Salah
theasianparent.com

Seruni.id – Suami tetaplah seorang manusia biasa, yang pada kenyataannya pernah melakukan kesalahan dalam hidupnya. Ketika hal itu terjadi, peranan seorang istri untuk menegur dan mengingatkannya sangat diperlukan di dalamnya. Cara elegan menegur suami bukan berarti harus dengan marah-marah, ya. Tetapi, harus dengan lemah lembut dan penuh kesabaran.

Daripada Marah-marah, Ini Cara Elegan Menegur Suami Ketika Salah
manado.tribunnews.com

Sebenarnya ada banyak cara-cara elegan yang bisa dilakukan oleh istri dalam menasihati suami. Sehingga, istri tak perlu emosional. Nah, berikut ini telah Seruni rangkum beberapa caranya.

1. Gunakan Kalimat yang Sopan dan Tidak Menggurui

Cara elegan menegur suami, haruslah menggunakan kalimat yang sopan dan tentunya tidak menggurui. Hal ini tidak hanya berlaku kepada suami saja, namun kepada siapa pun itu. Ketika suami bersalah, sebaiknya tegurlah ia menggunakan kalimat yang sopan, tanpa cerca dan kata-kata kasar di dalamnya. Sebab, jika kalimat kasar sempat terucap, suasana pun menjadi tidak karuan, bisa-bisa keduanya bisa saling baku hantam. Tentunya tidak ingin kan hal ini terjadi? Untuk itu, jangan lupa untuk bijak dalam bersikap, ya. Jadi, mulailah pembicaraan dengan tidak melukai perasaannya, apalagi sampai menggurui suami hingga ia merasa tersudutkan.

2. Ucapkan Nasihat Ketika Suami Dalam Mood yang Baik

Selanjutnya, lihatlah situasi dan kondisi perasaannya. Apakah moodnya sedang baik atau tidak. Karena jika mood suami sedang tidak baik, bukan tidak mungkin dia akan menolak ucapanmu. Jadi, sebaiknya carilah waktu yang tepat ketika ingin menegur suami. Hindarilah menegurnya saat kondisi sedang lelah pulang bekerja. Atau saat ia dalam keadaan sangat lapar dan membutuhkan asupan makanan.

Lantas, bagaimana sebaiknya? Kamu bisa memanfaatkan waktu ketika suami sedang bersantai. Misalnya, saat ia tengah menyeruput teh di waktu rehat, atau jelang waktu tidru malam hari. Kemudian cobalah untuk menasihatinya dengan kata-kata sopan. Jangan lupa selipkan kata maaf agar ia tidak merasa tersinggung akan teguran yang kamu sampaikan, ya.

3. Beri Hadiah Sederhana, dan Ajak Berbicara

Siapa sih yang tidak menyukai hadiah, semua orang pasti menyukainya, termasuk suami. Cara elegan menegur suami selanjutnya adalah dengan memberikannya hadiah. Kamu bisa memberikan kejutan hadiah sederhana kepadanya. Bisa dengan memasak makanan favoritnya, atau membuatkan kopi terenak yang disukai suami. Biasanya, ketika mendapatkan hadiah, suasana hati seseorang akan berubah. Ketika kado sudah kamu berikan, maka mulailah membuka pembicaraan dengan santai dari hati ke hati.

4. Menyelipkan Surat Kecil di Dalam Saku Bajunya

Meskipun kehadiran smartphone sudah memudahkan kita dalam mengirim sebuah pesan, namun menulis surat juga masih perlu dilakukan, loh. Misalnya ketika ingin menegur suami. Cara elegan menegur suami yang satu ini, bisa dilakukan ketika kamu segan atau malu jika harus menegurnya secara langsung. Tulislah sebuah surat kecil mengenai teguranmu padanya. Menuliskannya harus memakai hati. Sebab, apa yang disampaikan dengan hati maka akan sampai pula ke hatinya.

Jika sudah, selipkanlah surat tersebut ke saku baju kerjanya, ke dalam tas, maupun dalam notes yang sering ia bawa. Lagi-lagi, usahakan surat tersebut tidak berkesan menggurui, ya. Melainkan mengajaknya untuk bisa merefleksikan diri agar bisa memperbaiki kesalahannya. Dengan surat yang kamu tulis sepenuh hati, semoga suami dapat membuka diri dan menyadari kesalahannya sehingga ia mau memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi.

5. Gunakan Kalimat yang Menyentuh Hatinya

Untuk meluluhkan hati orang lain, tidak dengan kalimat kasar maupun bernada tinggi. Tapi, gunakanlah kalimat yang menyentuh hatinya. Apalagi, jika disampaikan dengan hati yang tulus, maka kalimat tersebut akan sampai dengan baik dan mengena pada lawan bicara. Begitupun ketika hendak menyampaikan teguran kepada suami. Jangan ragu untuk menggunakan kalimat yang menyentuh hatinya.

Dengan menggunakan kalimat tersebut, bukan tidak mungkin ia akan berupaya untuk merenungkan nasihat dari sang istri, sebagai bekal instrospeksi diri. Namun, apabila nasihatmu belum bisa diterimanya dengan baik, jangan pernah lelah untuk mencoba terus dengan sabar. Maka, lama-kelamaan ia akan segera menyadarinya.

Baca Juga: Hati-hati, 7 Hal ini Dapat Merusak Keharmonisan Rumah Tangga

Demikianlah lima cara elegan menegur suami dengan sopan. Bijaklah dalam bersikap. Sebab, rumah tangga adalah bahtera dengan satu tujuan yang sama. Jadi, jangan biarkan amarah menguasai kehidupan rumah tanggamu karena ketidaksanggupan keduanya dalam bersabar menghadapi satu sama lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.