6 Jenis Minyak Alami untuk Menyuburkan Rambut Bayi

6 Jenis Minyak Alami untuk Menyuburkan Rambut Bayi
hellosehat.com

Seruni.idRambut bayi perlu dirawat kesehatan serta keindahannya. Sejak usia dini, rambut mereka harus mendapatkan nutrisi yang baik. Salah satunya yang berasal dari minyak rambut alami. Meskipun saat ini sudah banyak produk perawatan rambut bayi yang dijual di pasaran, namun hanya sedikit mengandung beberapa bahan alami. Jika kamu ingin beralih ke produk yang alami, berikut ini Seruni merekomendasikan enam jenis minyak alami untuk menyuburkan rambut bayi.

1. Minyak Kemiri

6 Jenis Minyak Alami untuk Menyuburkan Rambut Bayi
tirto.id

Kemiri mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. Selain digunakan sebagai bumbu masakan, minyaknya juga bisa dimanfaatkan untuk menyuburkan rambut bayi loh, Moms. Bahan alami yang berasal dari butiran kemiri yang diproses hingga menghasilkan minyak ini, mampu membantu proses pertumbuhan rambut bayi.

Bahkan, cara ini sudah dilakukan secara turun temurun. Sejak zaman dahulu, minyak kemiri memang sudah dipercaya dalam menghitamkan rambut, menyuburkan, serta memperkuat rambut. Khasiat tersebut bisa kita rasakan berkat kandungan asam linoleat, vitamin B1, serta miristant pada minyak kemiri.

2. Minyak Jarak

6 Jenis Minyak Alami untuk Menyuburkan Rambut Bayi
liputan6.com

Untuk menyuburkan rambut bayi, Moms juga bisa menggunakan minyak jarak atau minyak kastor. Tidak hanya dikenal untuk meningkatkan pertumbuhan rambut secara alami saja, tapi kandungan di dalamnya pun dapat mencegah infeksi kulit kepala, loh. Adapun jenis kandungannya yakni, vitamin E, asam lemak, dan asam lemak omega-9.

Minyak kastor memiliki tekstur yang kental, jadi sangat disarankan untuk mencampurkannya dengan minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak almond ketika hendak digunakan, dengan perbandingan 1:1. Cara pengaplikasiannya adalah dengan mengoleskan minyak jarak yang sudah dicampurkan pada kulit kepala bayi. Diamkan selama 25-40 menit, kemudian cuci rambut bayi seperti biasa sampai bersih.

3. Minyak Kelapa

6 Jenis Minyak Alami untuk Menyuburkan Rambut Bayi
doktersehat.com

Orangtua zaman dahulu sudah menggunakan minyak kelapa untuk merawat rambut. Sebab, minyak kelapa adalah jenis minyak alami yang tidak mengandung bahan kimia di dalamnya. Komponen yang terdapat pada minyak ini, dipercayara mampu mencegah rambut rontok dan kebotakan.

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu mengoleskannya langsung pada kulit kepala bayi, ini juga bisa menjadi cara untuk mencegah kulit kepala kering. Kemudian setelah itu diamkan selama kurang lebih 15 menit, dan cuci rambut bayi dengan shampoo yang lembut.

4. Minyak Zaitun

6 Jenis Minyak Alami untuk Menyuburkan Rambut Bayi
halodoc.com

Bisa dibilang, minyak zaitun adalah dewanya minyak rambut yang dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala. Selain itu, minyak zaitun bisa dijadikan sebagai kondisioner yang baik untuk rambut dan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala.

Cara menggunakannya, yakni dengan mengambil sedikit minyak zaitun dan campurkan dengan minyak jarak dengan perbandingan 1:1. Sebelum digunakan, sebaiknya kedua campuran minyak tersebut dihangatkan terlebih dahulu. Barulah dioleskan pada kulit kepala dan rambut si kecil, pijat selama 1p menit. Ramuan ini dipercaya sangat ampuh untuk mengunci kelembapan rambut bayi, loh.

5. Minyak Argan

6 Jenis Minyak Alami untuk Menyuburkan Rambut Bayi
doktersehat.com

Minyak argan juga dipercaya dapat menyuburkan rambut bayi, melembapkan, serta menciptakan lapisan yang mengunci hidrasi di atas rambut. Minyak argan dapat meresap ke batnag rambut dan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan si kecil. Selain itu, minyak argan juga memiliki peran penting dalam menghentikan kerusakan rambut dan menciptakan rambut bayi yang lebih sehat dan berkilau.

6. Minyak Alpukat

6 Jenis Minyak Alami untuk Menyuburkan Rambut Bayi
doktersehat.com

Alpukat tidak hanya dapat dijadikan sebagai masker rambut saja, namun juga bisa diolah menjadi minyak. Nah, minyak tersebut dipercaya dapat menyuburkan rambut bayi. Karena minyak alpukat mengandung asam lemak tak jenuh tunggal, yang lebih banyak dibandingkan minyak lainnya. Seperti minyak kelapa dan biji anggur.

Minyak alpukat mengandung nutrisi antara lain vitamin A, B, D, E, asam amino, dan asam lemak essensial. Oleskan sedikit minyak alpukat dan pijatkan pada kulit kepala bayi secara rutin. Niscaya rambut bayi mama akan lembut dan sirkulasi darah pada kepalanya pun menjadi lancar.

Baca Juga: Jangan Dulu Dipotong, Ini Cara Mengatasi dan Mencegah Rambut Kusut

Itulah enam jenis minyak rambut alami untuk bayi yang dapat digunakan untuk merawat keindahan rambut si kecil. Lakukanlah perawatan pada rambut si kecil serajin dan sedini mungkin ya, Moms. Dengan begitu, kesehatan dan keindahan rambutnya akan terjaga dengan baik. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.