12 Manfaat Daun Bidara yang Disebutkan di Dalam Al-Qur’an

  • Bagikan
12 Manfaat Daun Bidara yang Disebutkan di Dalam Al-Qur'an
klikdokter.com

Seruni.id – Daun bidara adalah salah satu tumbuhan istimewa yang disebutkan di dalam Al-Qur’an dan hadis Nabi. Salah satunya dalam QS. Saba ayat 16 yang berbunyi:

“Tetapi mereka berpaling, maka Kami datangkan kepada mereka banjir yang besar dan Kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon Atsi dan sedikit dari pohon Sidr (bidara).”

Bahkan, ada pula hadits tentang daun bidara yang dianjurkan untuk digunakan.

“Mandikanlah dengan mengguyurkan air yang dicampur dengan daun bidara tiga kali, lima kai atau lebih dari itu jika kalian anggap perlu dan jadikanlah yang terakhirnya dengan kafur barus (wewangian).” (HR. Bukhari dan Muslim).

"12

Daun bidara dengan nama ilmiah Ziziphus Mauritiana ini, merupakan sejenis tanaman kecil yang tumbuh hijau dan banyak ditemukan di daerah Afrika Utara serta daerah tropis. Bahkan, di Indonesia sendiri, daun bidara kerap ditemukan di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Khasiat daun bidara tentu tak perlu diragukan lagi, karena telah disebutkan di dalam Al-Qur’an dan hadis. Berikut ini Seruni telah merangkum beberapa manfaat daun bidara dalam Al-Qur’an:

Manfaat Daun Bidara

1. Untuk Memandikan Jenazah

Manfaat daun bidara yang pertama yakni dapat digunakan sebagai ‘sabun’ untuk memandikan jenazah. Karena daun bidara arab ini, dapat menghilnagkan najis dan kotoran pada tubuh mayat. Ada sebuah hadis yang meriwayatkan hal ini, yaitu dari Ummu ‘Athiyyah Rodiyallohu’Anha berkata,

“Nabi Shallallahu’alaihi wa Sallam pernah menemui kami kala itu tengah memandikan puterinya (Zainab), lalu beliau berkata, ‘Mandikanlah dia tiga, lima, atau tujuh kali atau lebih dari itu. Jika kalian memandang perlu maka pergunakan air dan daun bidara. Kemudian Ummu ‘Athiyyah berkata, ‘Dengan ganjil?’ beliau menjawab ‘Ya’. Dan buatlah di akhir mandinya itu tumbuhan kufur atau sedikit darinya.” (HR. Al Bukhari 3/99-104, Muslim 3/47-48, Abu Dawud 2/60-61, an Nasa-i 1/266-267, at Tirmidzi 2/130-131, Ibnu Majah 1/445, Ibnul Jarud 258-259, Ahmad 5/84-85, 4076-4078, Syaikh al Albani – Hukum dan Tata Cara Mengurus Jenazah hal 130-131).

Selanjutnya, ada pula hadis Ibnu Abbas Radiyallahu’anhu tentang orang yang terjatuh dari untanya dan kemudian meninggal dunia, Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda,

“Mandikanlah dia dengan air dan daun bidara dan kafanilah dengan dua baju.” (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Mengobati Gangguan Jin dan Sihir

Manfaat daun bidara untuk sihir sepertinya bukan lagi menjadi rahasia. Sudah banyak yang mengetahui, bahwa daun bidara kerap digunakan dalam kegiatan ruqyah. Daun yang digunakan untuk ruqyah ini dipercaya mampu menangani masalah-masalah yang ditimbulkan akibat gangguan jin dan sihir yang dikirimkan oleh para penyihir dan dukun.

3. Mengatasi Gangguan dari Jin Akut

Kenapa daun bidara ditakuti jin? Hal ini karena tanaman tersebut sangat berkaitan erat dengan perjalanan Isra Miraj Nabi Muhammad Shallalahu’alaihi wa Sallam. Adapun cara untuk mengatasi gangguan jin akut tersebut adalah dengan menghaluskan dan mencampurkan daun tersebut ke dalam air.

Lalu, air tersebut dapat diminum sebanyak tiga kali, sedangkan sisianya digunakan untuk mandi. Cara ini mesti dilakukan berulang hingga efek dan pengaruh jin atau sihir menghilang. Itu hanya cara pengolahannya saja, mungkin masih ada penambahan ayat-ayat yang lainnya.

4. Mandi Wanita Haid

Tak hanya untuk memandikan jenazah, daun bidara juga bisa digunakan oleh wanita yang sedang haid untuk bersuci. Sebagaimana sebuah hadis, ‘Aisyah bahwasanya Asma’ binti Syakal bertanya kepada Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam tentang mandi haid, maka Nabi pun menjawab,

“Hendaklah salah seorang di antara kalian mengambil air dan daun bidara kemudian bersuci dengan sempurna kemudian menyiram kepalanya dan menyela-nyelanya dengan keras sampai ke dasar rambutnya kemudian menyiram kepalanya dengan air. Kemudian mengambil sepotong kain (atau yang semisalnya-pent.) yang telah diberi wangi-wangian kemudian dia bersuci dengannya.

Kemudian Asma` bertanya kembali, “Bagaimana saya bersuci dengannya?”. Nabi menjawab, “Subhanallah, bersuci dengannya”. Kata ‘Aisyah, “Seakan-akan Asma` tidak paham dengan yang demikian, maka ikutilah (cucilah) bekas-bekas darah (kemaluan)”. (HSR. Muslim).

5. Untuk Merawat Kulit

Daun bidara dalam Islam tidak hanya untuk hal-hal di atas saja, tetapi juga bermanfaat untuk merawat kulit. Karena di dalamnya terkandung vitamin C dan antioksidan yang bermanfaat dalam melawan penuaan. Antioksidan juga berperan penting dalam melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel, sedangkan vitamin C-nya berperan untuk melawan jerawat serta memberi kilau sehat di wajah

Hal tersebut dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dirilis oleh Tropical Journal of Pharmaceutical Research, pada 2016 silam. Saat itu, kulit dari 13 peserta diteliti dalam delapan minggu, mulai dari mengukur tingkat melanin, kadar air, elastisitas, dan faktor lainnya.

Dari penelitian tersebut, kemudian ditemukan, bahwa ekstrak daun bidara bersifat anti penuaan, memberikan efek pencerah, pelembap, dan viskoelastik pada kulit manusia. Sehingga, tak heran jika kini banyak sekali ditemukan produk kecantikan yang mengandung bidara.

6. Menurunkan Kadar Kolesterol

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Pakistan Journal of Nutrition menemukan, bahwa ektrak daun bidara memiliki pengaruh yang baik terhadap kada kolesterol. Hal ini dibuktikan melalui studi terhadap tikus pada 2009 silam.

Hasilnya, ekstrak bidara dapat dimanfaatkan untuk mencegah dan mengobati hati berlemak, aterosklerosis, dan penyakit lain yang berhubungan dengan kolesterol. Manfaat tersebut sangat baik dalam memberikan perlidungan dan pencegahan terhadap risiko kolesterol yang berdampak pada gangguan kesehatan serius, mulai dari serangan jantung hingga stroke.

7. Melancarkan Mesntruasi

Manfaat daun bidara untuk wanita sangatlah banyak, salah satunya yaitu dapat melancarkan menstruasi. Kalau selama ini menstruasimu kurang lancar, cobalah rutin mengonsumsi teh bidara atau air rebusannya.

Manfaat daun bidara sebenarnya tak jauh berbeda dengan daun sirih, yakni dapat dijadikan antiseptik yang berfungsi membersihkan daerah kewanitaan dari keputihan dan bau tak sedap.

8. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Daun maupun biji buah bidara dapat diolah menjadi estrak minyak atsiri yang memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaatnya adalah untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Food and Chemical Toxicology pada tahun 2010 silam, tikus yang diolesi dengan minyak tersebut dapat menghasilkan bulu yang lebih panjang selama kurang lebih 21 hari. Kemudian dari penelitian tersebutlah disimpulkan, bawah minyak ini dapat meningkatkan aktivitas pertumbuhan rambut.

9. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung yang sehat akan membuat aktivitas menjadi lebih produktif. Menjaga kesehatan jantung itu sangatlah penting. Bisa dengan berolahraga, mendapatkan asupan cairan yang cukup, hingga mengontrol makanan yang dikonsumsi.

Selain hal tersebut, menjaga kesehatan jantung juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi air rebusan bidara arab, loh. Jika diminum secara rutin, maka lemak jahat dalam darah (LDL) akan terhempas dan membuangnya melalui fases. Kadar lemak yang seimbang akan membantu menyehatkan jantungmu.

10. Membantumu untuk Mendapatkan Tidur yang Berkualitas

Selama ini kamu sulit untuk mendapatkan waktu tidur yang berkualitas? Cobalah meminum teh bidara ketika hendak tidur. Kandungan flavonoid dan saponin di dalam daun bidara dipercaya dapat memberikan efek menenangkan.

Tentunya ini sangat bermanfaat sekali untuk kamu yang memiliki masalah pada waktu tidur. Dengan mengonsumsinya secara rutin, maka kamu akan mendapatkan pola tidur yang berkualitas, meningkatkan waktu tidur, dan lainnya.

11. Menggurangi Kecemasan

Kurangnya waktu tidur akan berdampak pada tubuh, hal yang paling terlihat yakni dapat memunculkan rasa cemas. Apabila waktu tidur dapat teratasi dengan baik, maka otomatis masalah kecemasan pun bisa diatasi dengan baik pula.

12. Mengurangi Jerawat

Daun tersebut mengandung anti-inflamasi dan antibakteri, yang mana, kedua kandungan tersebut dapat membantu mengatasi pertumbuhan jerawat. Daun ini berperan penting dalam memanjakan kulit dengan cara menagngkat sel-sel kulit mati pada wajah dan melindungi kulit dari paparan sinar ultaviolet.

Untuk mendapatkan manfaatnya, selain membeli produk kecantikan dengan ekstrak bidara, kamu juga bisa mengolahnya sendiri di rumah. Caranya adalah dengan menghaluskan lima lembar daun bidara, campurkan dengan sedikit air, dan aplikasikan ke waja sebagai masker. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Baca Juga: Makanan dan Minuman yang Disebutkan dalam Al-Qur’an

Jadi, itulah beragam khasiat daun bidara yang belum banyak diketahui.Yuk segera rasakan manfaat daun bidara, kalau perlu kamu boleh kok menanamnya di rumah, sehingga tak lagi sulit mencarinya. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan
seruni.id