7 Cara Menghilangkan Lemak di Leher Paling Efektif

  • Bagikan
7 Cara Menghilangkan Lemak di Leher Paling Efektif
today.line.me

Seruni.id – Tak sedikit wanita yang mencari cara menghilangkan lemak di leher dan bawah dagu. Sebab, mereka kurang percaya diri dengan keberadaan lemak di leher atau sering disebut dengan double chin itu. Pada area tersebut, lemak membandel cukup sulit dihilangkan.

7 Cara Menghilangkan Lemak di Leher Paling Efektif
kompas.com

Selain menurunkan rasa percaya diri, lemak di leher bisa berdampak negatif terhadap kesehatan, loh. Melansir dari laman kompas, salah satu kondisi kesehatan yang berkaitan dengan lemak tersebut adalah speep apnea, yang dapat menganggu pernapasan ketika tidur. Berikut ini Seruni telah merangkum mengenai penyebab lemak di leher dan juga cara menghilangkannya.

Pengertian Double Chin dan Penyebabnya

Double chin adalah kondisi umum yang sering terjadi ketika lapisan lemak terbentuk di bawah dagu. Kemunculannya sering dikaitkan dengan kenaikan berat badan. Padahal, hal tersebut tak melulu karena kelebihan berat badan, loh. Penyebabnya beragam, bisa karena genetika atau kulit yang lebih longgar akibat penunaan.

Cara Menghilangkan Double Chin

Keberadaan lemak di leher tidak hanya membuat kepercayaan diri seseorang menurun, tapi juga membuat mereka tampak lebih tua dari usia sebenarnya. Ada beberapa opsi cara menghilangkan lemak di leher yang bisa kamu lakukan di rumah, di antaranya adalah:

1. Melakukan Olahraga Kardio

Berkembangnya zaman membuat segala hal menjadi lebih canggih, tak terkecuali untuk perawatan kecantikan. Salah satu kecanggihan yang ditawarkan klinik kecantikan adalah sedot lemak. Harga yang ditawarkan pun beragam, mulai dari yang terendah hingga termahal. Cara ini bisa dilakukan untuk menghilangkan lemak di leher, loh.

Namun, untuk melakukannya tentu kamu harus merogoh kocek yang tak sedikit. Seruni ingin menawarkan salah satu cara menghilangkan lemak leher secara alami nih, yaitu dengan melakukan olahraga kardio secara rutin. Olahraga kardio merupakan aktivitas fisik yang tidak hanya menyehatkan jantung, tapi juga membakar lemak secara efektif.

Olahraga kardio juga memiliki berbagai pilihan, loh. Mulai dari berlari, bersepeda, berenang, berjalan kaki, hingga mendaki gunung. Bahkan, menari dengan gerakan yang membuat tubuh berkeringat pun dianggap sebagai olahraga kardio. Tak sekadar hemat biaya, olahraga ini juga menyenangkan.

2. Mengurangi Asupan Kalori

Penyebab lemak di leher yang paling umum adalah obesitas atau kelebihan berat badan. Salah satu strategi penting untuk memerangi obesitas adalah dengan mengurangi asupan kalori. Untuk mengurangi kalori, tentunya kamu perlu mengatur pola makan harian, pastikan tidak makan berlebihan agar tidak menumpuk lemak di dalam tubuh.

3. Pastikan Tubuh Tetap Terhidrasi

Tubuh butuh asupan cairan yang cukup setiap harinya. Ketika cairan di dalam tubuh dapat tercukupi, maka ia akan berperan dalam membantu sistem tubuh agar berfungsi baik. Selain itu, kulit yang selalu terhidrasi dengan baik cenderung tidak kendur atau tampak kendur.

Usahakan untuk mengonsumsi setidaknya dua liter air per hari atau lebih ketika kamu banyak berkeringat. Minum banyak air juga membantu mengontrol nafsu makan, yang akhirnya berdampak pada penurunan berat badan.

4. Melakukan Peregangan Leher dengan Rutin

Peregangan merupakan salah satu olahraga yang menghilangkan punuk di leher belakang. Menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer memengaruhi postur tubuh. Masalah yang terjadi adalah bahu dan punggung membulat, kepala berkerut, dan leher menonjol ke depan.

Dengan melakukan peregangan leher secara rutin, kamu dapat memanjangkan otot leher dan melawan postur tubuh yang membuat leher belakang menjadi gemuk. Lantas, bagaimana cara melakukannya?

Sangat mudah, kok. Mulailah dengan duduk tegak di kursi. Saat mengembuskan napas, tarik kepala dengan lembut, tarik kembali dengan gerakan seperti kura-kura, turunkan dagu ke dada, regangkan otot di belakang leher. Tarik napas dan angkat kepalamu, tarik dagu ke atas untuk meregangkan otot leher depan.

Lakukan tiga repetisi dengan menganggukkan kepala ke atas dan ke bawah secara perlahan. Cara untuk meregangkan otot di sisi leher yaitu, kamu bisa memutar kepala secara perlahan dari satu sisi ke sisi lain. Lakukan peregangan ini setiap hari, maka bisa menjadi cara menghilangkan lemak di leher belakang.

5. Mengunyah Permen Karet

Meski sepele, tapi ternyata mengunyah permen karet dapat menjadi cara menghilangkan lemak di leher, loh. Menurut sebuah penelitian, responden yang mengunyah permen karet setelah makan, akan merasa lebih kenyang, sehingga tidak makan berlebihan.

Jadi, mengunyah permen karet dapat mencegahmu untuk makan berlebihan, hingga akhirnya mengurangi lemak di tubuh. Tapi harus diingat, jangan terlalu sering, ya, apalagi yang mengandung gula.

6. Rutin Menggunakan Tabir Surya

Ketika usia sudah memasuki 25 tahun ke atas, penggunaan tabir surya itu sangat penting, loh. Salah satu manfaatnya adalah untuk menjaga elastisitas kulit wajah. Tentunya kita sudah tahu, seiring bertambahnya usia, kulit dan lemak wajah secara alami bergeser ke bawah. Kondisi alamiah ini membuat kamu lebih mungkin memiliki double chin, serta penurunan pada pipi.

Faktanya kamu memang tidak dapat menghentikan penuaan, tetapi Mama tetap dapat membuat efeknya tidak terlalu parah. Terapkan selalu gaya hidup sehat, rutin menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, makan makanan segar, berolahraga dan tidak merokok.

7. Melakukan Pijatan dengan Minyak Zaitun

Salah satu cara menghilangkan lemak di leher denga alami adalah memijatnya menggunakan minyak zaitun. Di dalam minyak zaitun terdapat kandungan antioksidan dan vitamin E (alfa-tokoferol), yang bisa menyehatkan kulit dan membantu mengencangkan tekstur kulit.

Untuk mendapatkan manfaatnya, cukup ambil sedikit minyak zaitun dan jika perlu panaskan sedikit. Pijat area rahang dan leher secara perlahan. Jangan langsung dibilas ya, lebih baik biarkan semalaman atau 1-2 jam sebelum dibilas.

Baca Juga: 10 Tips Merawat Leher Agar Tetap Kencang Anti Keriput

Yuk segera coba beberapa cara menghilangkan lemak di leher seperti yang Seruni sebutkan di atas. Semoga hasilnya maksimal!

  • Bagikan
seruni.id