Deretan Olahraga yang Digemari Rasulullah, Sudah Tahu?

  • Bagikan
Deretan Olahraga yang Digemari Rasulullah, Sudah Tahu?
halodoc.com

Seruni.id – Tahukah kamu? Bahwa ada beberapa jenis olahraga yang digemari Rasulullah. Untuk tahu jenis olahraga apa yang Rasulullah gemari, mari lihat ulasannya berikut ini.

Mendapatkan tubuh yang sehat, tidak hanya melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi saja. Ada hal lain yang dapat mendukung kesehatan tubuh kita, salah satunya adalah dengan berolahraga. Keduanya bukan hal yang salah. Bahkan, Nabi Muhammad SAW sendiri pernah menyinggung soal kesehatan tubuh, yakni dengan olahraga. Terlebih, Nabi Muhammad SAW adalah sosok yang rajin berolahraga.

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ، قَالَ‏:‏ حَدَّثَنَا ابْنُ لَهِيعَةَ، عَنْ أَبِي يُونُسَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ‏:‏ وَلا رَأَيْتُ شَيْئًا أَحْسَنَ مِنْ رَسُولِ اللهِ صلى الله عليه وسلم كَأَنَّ الشَّمْسَ تَجْرِي فِي وَجْهِهِ، وَمَا رَأَيْتُ أَحَدًا أَسْرَعَ فِي مِشْيَتِهِ مِنْ رَسُولِ اللهِ صلى الله عليه وسلم كَأَنَّمَا الأَرْضُ تُطْوَى لَهُ إِنَّا لَنُجْهِدُ أَنْفُسَنَا وَإِنَّهُ لَغَيْرُ مُكْتَرِثٍ‏

Artinya: “Abu Hurairrah RA berkata, ‘Aku belum pernah melihat orang yang lebih baik dan lebih tampan daripada Rasulullah SAW. Rona mukanya cemerlang seperti matahari, juga tidak pernah melihat orang yang secepat beliau. Seolah-olah bumi ini digulung oleh langkah-langkah beliau ketika sedang berjalan walaupun kamu berusaha mengimbangi jalan beliau. Padahal, beliau tampaknya seperti berjalan santai saja’.” (HR. Muslim)

Setidaknya, ada tiga jenis olahraga yang digemari Rasulullah. Apa saja jenis oleharaga tersebut? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ulasannya:

 

1. Lari

Deretan Olahraga yang Digemari Rasulullah, Sudah Tahu?
madaninews.id

Lari merupakan salah satu olahraga fisik yang cukup populer. Bahkan, sangat mudah dilakukan, di mana pun dan kapan pun. Bisa dibilang, lari adalah olahraga yang paling murah, karena tidak membutuhkan banyak properti tambahan. Di sisi lain, olahraga ini juga bisa menjadi bahan keromantisan pasangan suami istri. Hal ini sebagaimana yang dikatakan dalam hadis riwayat Ahmad.

خَرَجْتُ مَعَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأنا خَفِيفَةُ اللَّحْمِ فَنَزَلْنَا مَنْزِلاً فَقَالَ لأَصْحَابِهِ : تَقَدَّمُوا ثُمَّ قَالَ لِي: تَعَالَيْ حَتَّى أُسَابِقَكِ فَسَابَقَنِي فَسَبَقْتُهُ ثُمَّ خَرَجْتُ مَعَهُ فِي سَفَرٍ آخَرَ ، وَقَدْ حَمَلْتُ اللَّحْمَ فَنَزَلْنَا مَنْزِلاً فَقَالَ لأَصْحَابِهِ : تَقَدَّمُوا ثُمَّ قَالَ لِي : تَعَالَيْ أُسَابِقُكِ فَسَابَقَنِي فَسَبَقَنِي فَضَرَبَ بِيَدِهِ كَتِفِي وَقَالَ : هَذِهِ بِتِلْكَ.

Artinya: “Aku (‘Aisya RA) pernah keluar bersama Rasulullah SAW dan saat itu, aku masih kurus. Ketika kami telah sampai di suatu tempat, beliau berujar kepada para sahabatnya, ‘Pergilah kalian terlebih dahulu!’. Kemudian beliau menantangku untuk berlari, ‘Ayo ke sinilah, aku akan berlomba denganmu!. Kemudian beliau berlomba denganku, namun akhirnya aku memenangkan lomba tersebut.

Pada lain kesempatan, aku kembali keluar bepergian bersama beliau, dan saat itu badanku semakin besar, ketika kami berada di suatu tempat, Rasulullah Saw kembali berkata kepada para sahabatnya: ‘Pergilah kalian terlebih dahulu!’ Kemudian beliau menantangku untuk berlari, ‘Ayo kesinilah! aku akan berlomba denganmu!’

Kemudian, beliau berlomba denganku, tetapi akhirnya beliau memenangkan lomba tersebut. Beliau mengatakan, bahwa ini adalah balasan dari kekalahan beliau sebelumnya sembari memukul pundakku.” (HR. Ahmad).

 

2. Berkuda

Deretan Olahraga yang Digemari Rasulullah, Sudah Tahu?
bobo.grid.id

Salah satu olahraga yang digemari Rasulullah adalah berkuda. Kini, berkuda menjadi salah satu olahraga yang hits. Bekuda bukan sekadar agar terlihat keren saja, tapi olahraga ini dikaitkan dengan upaya kemampuan menjaga keseimbangan, koordinasi antar anggota tubuh, dan emosi. Selain itu, olahraga ini juga bermanfaat untuk menurunkan stres, juga mampu menjaga kesehatan fisik dan mental, sehingga membuat hidup menjadi lebih produktif. Kuda sendiri dikenal sebagai binatang yang lincah, kuat, dan berstamina.

 

3. Memanah

Deretan Olahraga yang Digemari Rasulullah, Sudah Tahu?
halodoc.com

Meski memanah bukanlah olahraga yang pupuler, tapi ini merupakan salah satu olahraga yang digemari Rasulullah. Bahkan, kini olahraga tersebut juga sudah masuk ke kejuaraan tingkat nasional maupun dunia. Melansir dari laman National Field Archery Assosiation, memanah memiliki segudang manfaat, seperti meningkatkan fokus, meningkatkan kemampuan, serta meningkatkan rasa percaya diri.

Nabi Muhammad SAW pernah mengatakan tentang manfaat olahraga memanah dalam hadis yang diriwayatkan Muslim.

سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ عَلَى الْمِنْبَرِ يَقُولُوَأَعِدُّوا لَهُمْ مَا اسْتَطَعْتُمْ مِنْ قُوَّةٍأَلَا إِنَّ الْقُوَّةَ الرَّمْيُ أَلَا إِنَّ الْقُوَّةَ الرَّمْيُ أَلَا إِنَّ الْقُوَّةَ الرَّمْيُ

Artinya: “Rasulullah SAW berada di atas mimbar berkata, ‘Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi. Ketahuilah bahwa kekuatan itu adalah memanah, ketahuilah bahwa kekuatan itu adalah memanah, ketahuilah bahwa kekuatan itu adalah memanahn!’.” (HR Muslim).

Baca Juga:

Itulah deretan olahraga yang digemari Rasulullah. Dari ketiga jenis olahraga di atas, mana yang paling kamu suka atau yang sudah pernah kamu coba?

  • Bagikan