Mengapa Sebagian Wanita Malas Berolahraga? Ini Alasannya!

  • Bagikan
Mengapa Sebagian Wanita Malas Berolahraga? Ini Alasannya!
freepik.com

Seruni.id – Mengapa sebagian wanita malas berolahraga? Padahal, olahraga sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun, seringnya mereka tidak banayak bergerak dan kerap menghabiskan waktu hanya melakukan aktvitas tetap atau banyak duduk dan berbaring saja.

Mengapa Sebagian Wanita Malas Berolahraga? Ini Alasannya!
freepik.com

Malas berolarhaga, hanya akan membuat otot-otot pada tubuh menjadi kaku dan mungkin kamu akan mengalami kesulitan untuk mengendalikan berat badan. Lantas, apa sih alasan yang mendasari wanita malas berolahraga? Berikut Seruni telah merangkum sejumlah alasannya.

 

1. Bingung dengan Banyaknya Jenis Olahraga

Alasan pertama mengapa wanita malas berolahraga adalah karena banyaknya jenis olahraga, sehingga mereka bingung ingin memilih yang mana. Mereka juga tidak tahu harus melakukan olahraga seperti apa. Padahal, olahraga apapun, selalu lebih baik daripada tidak melakukannya sama sekali. Ketika kamu malas berolahraga karena alasan ini, maka cobalah untuk mengajak teman yang sudah memiliki rutinitas olahraga. Kalau kamu memiliki biaya lebih, cobalah meminta bantuan personal trainer agar dapat memandumu.

 

2. Aktivitas yang Terlalu Padat

Aktivitas yang cukup padat, terkadang membuat wanita tidak sempat meluangkan waktunya untuk berolahraga. Terlalu sibuk adalah alasan yang paling sering mereka lontarkan. Entah sibuk dengan urusan pekerjaan kantor maupun rumah tangga. Padahal, jika itu terjadi, sebenarnya kamu masih bisa kok mendapatkan 150 menit aktivitas fisik harian atau mingguan yang membantu mempertahankan berat badan agar lebih sehat.

 

3. Sedang Tidak Mood atau Sedang Mengalami Stres

Wanita malas berolahraga juga bisa disebabkan oleh moodnya yang kurang baik. Bukan hanya olahraga, biasanya mereka yang sedang dalam kondisi badmood, sering kali malas untuk melakukan aktivitas lainnya. Terlebih ketika stres melanda, mereka menjadi sangat malas menggunakan energinya dan mengeluarkan keringat. Mengutip dari Whateveryourdose, stres memiliki kemampuan yang mengganggu dalam mengalihkan pikiran dan membanjiri tubuh. Belum lagi membuat kamu kesulitan mencapai tujuan kebugaran.

 

4. Kelelahan

Olahraga adalah kegiatan yang mengandalkan fisik dengan otot agar mendapatkan manfaat kesehatan bagi tubuh. Namun, sebagian wanita malas berolahraga dengan alasan lelah. Padahal, salah satu penyebab fisik yang mudah lelah, adalah overtraining atau kurang tidur. Hingga akhirnya berpengaruh pada tingkat energi secara keseluruhan. Jika gaya hidup menyebabkan tubuh kelelahan, tak heran kondisi tersebut membuat kamu tidak tergoda untuk berolahraga sama sekali.

 

5. Cenderung Memperhatikan Penampilan dan Tidak Suka Berkeringat

Alasan lainnya mengapa sebagian wanita malas berolahraga adalah karena terlalu memperhatikan penampilan dan tidak suka berkeringat. Padahal, tubuh yang berkeringat merupakan salah satu sebab tubuh menjadi lebih bugar. Namun, sebagian perempuan menjadi terlatih sepenuhnya mengaktifkan kelendar keringat mereka. Alasannya karena sangat memerhatikan penampilannya, sehingga bau badan setelah berolahraga bisa jadi permasalahan besar. Itu artinya, tidak suka berkeringat adalah alasan paling umum yang membuat perempuan menghindari kegiatan yang banyak gerak. Termasuk latihan fisik atau berolahraga.

 

6. Khawatir Menjadi Korban Cat Calling

Wanita sering kali menjadi korban pelecehan seksual secara verbal atau cat calling dari orang yang tidak bertanggung jawab. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Women’s Health, 60 persen yang disurvei mengatakan, bahwa mereka telah dilecehkan ketika berlari. 25 persen melaporkan secara teratur menjadi sasaran komentar seksis atau rayuan seksual yang tidak diinginnkan, dan 6 persen mengatakan, mereka merasa terancam sedemikian rupa oleh pelecehan saat berlari sehingga mereka ditakuti untuk hidup mereka. Melihat hal ini, ternyata masih saja ada orang yang melakukan pelecehan verbal pada perempuan yang sedang berolahraga. Sehingga membuat mereka tidak nyaman dan mengurungkan niat untuk berolaharga. Apabila kejadian serupa masih sering terjadi di sekitarmu, jangan takut untuk melaporkan hal ini kepada pihak berwenang di daerahmu, ya.

Baca Juga: 6 Tips Memilih Baju Olahraga untuk Hijabers, Bikin Kamu Bebas Bergerak

Demikian 6 alasan wanita malas berolahraga. Sebenarnya ada banyak cara berbeda dalam menemukan jenis latihan fisik terbaik, loh.

  • Bagikan
seruni.id