Bacaan Doa Masuk Rumah dan Keluar Rumah Lengkap dengan Arab dan Latin

  • Bagikan
Bacaan Doa Masuk Rumah dan Keluar Rumah Lengkap dengan Arab dan Latin
kompas.com

Seruni.id – Seberapa sering kamu membaca doa masuk rumah maupun doa keluar rumah? Semoga kamu tidak pernah lupa untuk membacanya, ya. Sebab, dengan membaca doa Allah SWT akan selalu melindungi di mana pun kita berada. Pertanyaannya, sudah tahukah kamu seperti apa doanya? Jika belum berikut ini Seruni akan mengulasnya secara lengkap, mulai dari hadis, bacaan doa berupa huruf Arab maupun latin.

 

Pentingnya Membaca Doa Masuk Rumah dan Keluar Rumah

Bacaan Doa Masuk Rumah dan Keluar Rumah Lengkap dengan Arab dan Latin
ruangmom.com

Berdoa menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita. Selain salat lima waktu, umat muslim juga memanjatkan doa harian di setiap kesempatan, di antaranya seperti hendak memasuki rumah maupun saat kamu keluar. Disadari atau tidak, ketika kita memutuskan untuk keluar rumah, ada banyak kemungkinan yang akan terjadi. Entah itu hal baik maupun buruk. Maka, sebagai seorang muslim, sebaiknya kita tidak melupakan doa. Sebab, berdoa membuat kita terlindung dari segala mara bahaya. Beraharap agar Allah SWT dapat melindungi kita selama di luar rumah dan saat kembali ke dalamnya.

 

Hadits Tentang Membaca Doa Masuk Rumah

 

Dalam sebuah hadits, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam meyebutkan tentang keutamaan membaca doa masuk rumah dengan menyebut nama Allah. Hadits ini diriwayatkan oleh Jabir bin Abdillah bahwa ia pernah mendengar Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda,

إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ وَعِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ لاَ مَبِيتَ لَكُمْ وَلاَ عَشَاءَ. وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ. وَإِذَا لَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ وَالْعَشَاءَ

Artinya: “Jika seseorang memasuki rumahnya lantas ia menyebut nama Allah saat memasukinya, begitu pula saat ia makan, maka setan pun berkata (pada teman-temannya), ‘Kalian tidak ada tempat untuk bermalam dan tidak ada jatah makan’.

Ketika ia memasuki rumahnya tanpa menyebut nama Allah, maka setan pun mengatakan (pada teman-temannya), ‘Saat ini kalian mendapatkan tempat untuk bermalam’.

Ketika ia lupa menyebut nama Allah saat makan, maka setan pun berkata, ‘Kalian mendapat tempat bermalam dan jatah makan malam'”. (HR. Muslim, No. 2018)

 

Pentingnya Mengucapkan Salam Ketika Masuk Rumah

Selain membaca doa masuk rumah dengan mengucapkan nama Allah, kita juga dianjurkan untuk mengucapkan salam, baik ketika masuk maupun hendak keluar rumah. Sekalipun kondisi rumah sedang kosong, tetap kita disunnahkan untuk mengucapkannya. Mengenai perintah mengucapkan salam saat masuk rumah, dalilnya terdapat di dalam Al-Qur’an, yaitu:

لَيْسَ عَلَى الْأَعْمَىٰ حَرَجٌ وَلَا عَلَى الْأَعْرَجِ حَرَجٌ وَلَا عَلَى الْمَرِيضِ حَرَجٌ وَلَا عَلَىٰ أَنْفُسِكُمْ أَنْ تَأْكُلُوا مِنْ بُيُوتِكُمْ أَوْ بُيُوتِ آبَائِكُمْ أَوْ بُيُوتِ أُمَّهَاتِكُمْ أَوْ بُيُوتِ إِخْوَانِكُمْ أَوْ بُيُوتِ أَخَوَاتِكُمْ أَوْ بُيُوتِ أَعْمَامِكُمْ أَوْ بُيُوتِ عَمَّاتِكُمْ أَوْ بُيُوتِ أَخْوَالِكُمْ أَوْ بُيُوتِ خَالَاتِكُمْ أَوْ مَا مَلَكْتُمْ مَفَاتِحَهُ أَوْ صَدِيقِكُمْ ۚ لَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَنْ تَأْكُلُوا جَمِيعًا أَوْ أَشْتَاتًا ۚ فَإِذَا دَخَلْتُمْ بُيُوتًا فَسَلِّمُوا عَلَىٰ أَنْفُسِكُمْ تَحِيَّةً مِنْ عِنْدِ اللَّهِ مُبَارَكَةً طَيِّبَةً ۚ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمُ الْآيَاتِ لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

Artinya: “Tidak ada halangan bagi orang buta, tidak (pula) bagi orang pincang, tidak (pula) bagi orang sakit, dan tidak (pula) bagi dirimu sendiri, makan (bersama-sama mereka) dirumah kamu sendiri atau dirumah bapak-bapakmu, dirumah ibu-ibumu, dirumah saudara-saudaramu yang laki-laki, di rumah saudaramu yang perempuan, dirumah saudara bapakmu yang laki-laki, dirumah saudara bapakmu yang perempuan, dirumah saudara ibumu yang laki-laki, dirumah saudara ibumu yang perempuan, dirumah yang kamu miliki kuncinya atau dirumah kawan-kawanmu.

Tidak ada halangan bagi kamu makan bersama-sama mereka atau sendirian. Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah-rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada (penghuninya yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayatnya(Nya) bagimu, agar kamu memahaminya.” (QS. An-Nur: 61)

 

Bagaimanakah Bacaan Doa Masuk Rumah?

Bacaan Doa Masuk Rumah dan Keluar Rumah Lengkap dengan Arab dan Latin
id.theasianparent.com

Setelah membahas mengenai pentingnya membaca doa masuk rumah beserta hadisnya, berikut ini adalah doa masuk rumah yang harus kamu hafalkan dan amalkan setiap hari. Adapun doanya sebagai berikut:

 

Doa Masuk Rumah

Sebagaimana yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, setiap kali kita hendak masuk ke dalam rumah, sebaiknya bacalah doa terlebih dahulu. Tujuannya, agar Allah memberikan keberkahan, baik kepada yang mengucapkan maupun keluarganya.

اَللهُمَّ اِنّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبّنَا تَوَكَّلْنَا

“Alloohumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa ‘alallohi robbinaa tawakkalnaa”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah tuhan kami, kami bertawakkal.”

 

Doa Masuk Rumah Kosong

Salah satu sopan santun yang dilakukan ketika akan memasuki rumah orang yang dikenal maupun tidak, hendaklah mengucapkan salam terlebih dahulu. Terlebih jika rumah yang akan dimasuki adalah rumah kosong. Sebagai umat muslim, sebaiknya membaca doa masuk rumah, termasuk rumah kosong. Adapun doa yang bisa kamu baca adalah:

اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ

“Assalaamu’alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahish shoolihiina”

Artinya: “Salam bagi diri kami dan salam bagi hamba Allah yang sholeh.”

 

Bacaan Doa Keluar Rumah

Bacaan Doa Masuk Rumah dan Keluar Rumah Lengkap dengan Arab dan Latin
artikel.rumah123.com

Selain membaca doa masuk rumah, kita juga dianjurkan untuk membaca doa keluar rumah ketika hendak pergi. Membaca doa keluar rumah, adalah bentuk permohonan seorang hamba atas perlindungan dari segala bahaya. Baik berupa godaan setan, bencana, kejahatan manusia, dan hal-hal lain yang tidak diinginkan. Adapun doanya adalah:

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

“Bismillahi tawakkaltu ‘alallah la haula wa laa quwwata illaa billaah”

Artinya: “Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”

Selain itu, terdapat doa lainnya yang bisa kita baca sebagai upaya memohon kepada Allah SWT, agar diberikan keselatan ketika berada di luar rumah. Doanya yaitu:

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ، أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ، أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ، أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَليَّ

“Bismillahi tawakkaltu ‘alallahi allahumma inni a’udzu bika an adlilla au udlalla, au azilla au uzalla, au adhlima au udhlama, au ajhala au yujhala ‘alayya”

Artinya: “Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Ya Allah, aku berlindung dari berbuat sesat atau disesatkan, dari tergelincir atau digelincirkan, dari buat zalin atau dizalimi, dari kebodohan atau dibodohi.”

 

Keutamaan Membaca Doa Masuk Rumah dan Keluar Rumah

Mengapa harus membaca doa masuk maupun keluar rumah? Selain mendapatkan keberkahan, ada keutamaan-keutamaan lainnya yang harus kita tahu. Dengan begitu, kita tidak akan lupa untuk membacanya setiap saat. Lantas, apa saja keutamaannya?

 

1. Mendapatkan Keberkahan

Di dalam Al-Qur’an Allah SWT berfirman:

فَإِذَا دَخَلْتُمْ بُيُوتًا فَسَلِّمُوا عَلَى أَنْفُسِكُمْ تَحِيَّةً مِنْ عِنْدِ اللَّهِ مُبَارَكَةً طَيِّبَةً

Artinya: “Maka, apabila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah-rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada (penghuninya yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik.” (QS. An Nur: 61)

Selain dari ayat di atas, ada pula penjelasan mengenai keberkahan doa masuk rumah pada suatu hadis yan diriwayatkan dari sahabat Anas bin Malik RA saat Rasulullah SAW berkata padanya,

يَا بُنَىَّ إِذَا دَخَلْتَ عَلَى أَهْلِكَ فَسَلِّمْ يَكُونُ بَرَكَةً عَلَيْكَ وَعَلَى أَهْلِ بَيْتِكَ

Artinya: “Wahai anakku, jika engkau memasuki rumah dan menemui keluargamu, ucapkanlah salam biar datang berkah padamu dan juga pada keluargamu.” (HR. Tirmidzi)

 

2. Terlindungi dari Segala Bahaya

عَنْ أَبِى مَالِكٍ الأَشْعَرِىِّ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « إِذَا وَلَجَ الرَّجُلُ فِى بَيْتِهِ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلِجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا ثُمَّ لْيُسَلِّمْ عَلَى أَهْلِهِ

Artinya: “Dari Abu Malik Al Asy’ari, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Jika seseorang memasuki rumahnya, maka ucapkanlah ‘Allahumma inni as-aluka khoirol mawlaji wa khoirol makhroji, bismillahi walajnaa wa bismillahi khorojnaa wa ‘alallahi robbinaa tawakkalnaa’

(Ya Allah, aku memohon pada-Mu kebaikan ketika masuk dan keluar dari rumah. Dengan nama Allah, kami masuk dan dengan nama Allah kami keluar dan hanya kepada Allah Rabb kami, kami bertawakkal). Lalu hendaklah mengucapkan salam pada keluarganya.” (HR Abu Daud)

 

3. Mendapat Petunjuk-Nya

إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ، قَالَ: يُقَالُ حِينَئِذٍ: هُدِيتَ، وَكُفِيتَ، وَوُقِيتَ، فَتَتَنَحَّى لَهُ الشَّيَاطِينُ، فَيَقُولُ لَهُ شَيْطَانٌ آخَرُ: كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِيَ وَكُفِيَ وَوُقِيَ؟

Artinya: “Maka disampaikan kepadanya, ‘Kamu diberi petunjuk, kamu dicukupi kebutuhannya, dan kamu dilindungi.’ Seketika itu setan-setan pun menjauh darinya. Lalu salah satu setan berkata kepada temannya, ’Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi.’” (HR Abu Daud dan Tirmudzi)

 

4. Mendapat Rezeki yang Tak Terduga

وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُۗ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ ۗاِنَّ اللّٰهَ بَالِغُ اَمْرِهٖۗ قَدْ جَعَلَ اللّٰهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

Artinya: “Dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.”

 

5. Allah Mencukupi Kebutuhannya

وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ

Artinya: “Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (segala keperluan)-nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki)-Nya.” (QS Ath-Thalaaq: 3)

Baca Juga:

Itulah doa masuk rumah dan keluar rumah beserta lafaz Arab, latin, dan artinya. Semoga dengan adanya artikel ini, kamu tidak akan lupa untuk mengamalkannya setiap hari, ya.

  • Bagikan