7 Doa untuk Ibu Hamil yang Bisa Diamalkan Setiap Hari

  • Bagikan
7 Doa untuk Ibu Hamil yang Bisa Diamalkan Setiap Hari
istockphoto.com

Seruni.id – Kehamilan menjadi anugerah terindah bagi seorang wanita yang telah menikah. Saat sedang mengandung, tidak cukup hanya menjalani hidup sehat saja. Namun, di dalam Islam, dianjurkan agar membaca doa untuk ibu hamil yang bisa diamalkan setiap hari.

7 Doa untuk Ibu Hamil yang Bisa Diamalkan Setiap Hari
productivemuslim.com

Meski tidak ada doa khusus yang diperuntukan bagi ibu hamil, tapi dengan berdoa setidaknya dapat membuat hati lebih tenang, terlebih saat hendak menjalankan persalinan nanti. Selain itu, berdoa juga penting dilakukan agar bayi yang dilahirkan kelak dapat tumbuh sehat serta menjadi anak yang soleh dan solehah. Lalu, bagaimana bacaan doa untuk ibu hamil? Berikut Seruni telah merangkumnya.

 

1. Surat Al Fatihah

Surat Al Fatihah adalah surat istimewa yang selalu dibaca saat mengerjakan shalat. Al Fatihah, juga merupakan surat pembuka yang ada di dalam Al-Qur’an. Membaca surat tersebut, diyakini dapat menenangkan hati dan menguatkan daya ingat seseorang. Maka dari itu, surat Al Fatihah dijadikan salah satu doa untuk ibu hamil yang sangat dianjurkan. Agar kelak anak yang dikandung memiliki ketenangan hati dan daya ingat yang kuat, seorang ibu harus membaca surat tersebut.

 

2. Membaca Ayat Kursi

Doa untuk ibu hamil berikutnya adalah dengan membaca ayat kursi. Ayat ke-255 dalam surat Al Baqarah ini, sangat dianjurkan untuk dibaca oleh setiap muslim. Sebab, di dalam surat tersebut, berisikan puji-pujian tentang betapa agungnya Sang Pencipta. Bagi ibu hamil maupun calon ayah, rutinlah membaca ayat kursi. Terutama di waktu pagi dan petang. Adapun bacaan doanya adalah sebagai berikut:

“Allahu la ilaha illa huw, al-hayyul-qayyum, la ta khuzuhu sinatuw wa la na ‘um, lahu ma fis-samawati wa ma fil-ard man zallazi yasyfa’u indahu illa bi iznih, ya’lamu ma baina aidihim wa ma khalfahum, wa la yuhituna bisyai’im min ilmihi illla bima sya, wasi’a kursiyyuhus-samawati wal-ard, wa la ya’uduhu hifzuhuma, wa huwal-aliyyul-azim.”

Artinya: “Ya Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup Kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

 

3. Surat Yusuf

Pernah mendengar kisah Nabi Yusuf? Ya, beliau adalah Nabi yang dikenal dengan paras yang rupawan dan memiliki akhlak yang mulia. Dalam banyak riwayat disebutkan bahwa, paras rupawan Nabi Yusuf membuatnya dikagumi. Tentu, setiap orangtua menginginkan anak yang tidak hanya baik parasnya saja, tapi juga akhlaknya kan? Karenanya, membaca surat Yusuf saat sedang mengandung, dipercaya membuat bayi di kandungan bisa serupawan dan memiliki akhlak mulia seperti Nabi Yusuf AS.

 

4. Surat Maryam

Salah satu doa untuk ibu hamil yang bisa diamalkan setiap hari adalah surat Maryam. Sebab, surat ke-19 yang terdiri dari 89 ayat ini, mengisahkan tentang perjuangan Siti Maryam dalam melahirkan Nabi Isa AS, mulai dari proses persalinan hingga doa-doa yang dipanjatkan. Tak heran jika surat Maryam diyakini dapat memudahkan ibu hamil saat menjalani proses persalinan. Selain itu, di dalam Surah Maryam juga terdapat doa agar anak kelak bisa berbakti kepada orang tuanya.

 

5. Surat Al Hasyr

Surat Al Hasyr adalah surat ke-59 di dalam Al-Qur’an. Ada banyak sekali manfaat yang akan dirasakan apabila kita rutin membacanya. Di antaranya adalah terhindar dari gangguan jin, serta didoakan oleh 70.000 tentara malaikat yang dikirim Allah SWT. Surat Al Hasyr, juga baik dibaca ketika hamil sambil mengusap perut.

 

6. Dua Ayat Terakhir Surat Al Baqarah

Dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim, diriwayatkan Ibnu Mas’ud Al Anshari dari Rasulullah bersabda,

“Barangsiapa yang membaca dua ayat terakhir surat Al Baqarah pada malam hari, maka kedua ayat ini akan mencukupiya (dari segala keburukan, godaan setan, gangguan jin, dan manusia).”

Dua ayat terakhir surat Al Baqarah ini, juga sangat dianjurkan dibaca oleh calon orangtua di masa kehamilan. Keutamaannya adalah untuk memohon perlindungan dari segala keburukan, sehingga proses kehamilan lancar dan selamat hingga persalinan nanti.

 

7. Tiga Surat Terakhir dalam Al-Qur’an

Apa saja tiga surat terakhir yang ada di dalam Al-Qur’an? Di antaranya adalah An Nas, Al Falaq, dan Al Ikhlas. Ketiga surat tersebut, memiliki keutamaan sebagai penjaga umat muslim sekaligus membuat diri mudah merasa cukup. Tiga surat tersebut, juga dianjurkan dibaca oleh calon orangtua di masa kehamilan.

Baca Juga: Risiko dan Manfaat Hamil di Usia 35 Tahun ke Atas

Itulah sejumlah doa untuk ibu hamil yang dapat diamalkan setiap hari. Bagi kamu yang sedang merencanakan kehamilan, boleh loh menyimpan doa-doa di atas. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan