7 Cara Agar Lebih Nyaman Menjadi Diri Sendiri

  • Bagikan
6 Cara Agar Lebih Nyaman Menjadi Diri Sendiri
freepik.com

Seruni.id – Menjadi diri sendiri, berarti tidak ada kepura-puraan yang dilkukan. Seharusnya dengan menjadi diri sendiri, kamu bisa lebih nyaman menjalani hari. Namun, seringnya kamu masih bertarung dengan rasa tidak nyaman pada diri sendiri. Jika dibayangkan, seperti ada dorongan kuat untuk melepaskan diri dari tubuh dan kehidupan.

6 Cara Agar Lebih Nyaman Menjadi Diri Sendiri
klubwanita.com

Bahkan, tak jarang, hal tersebut membuat kamu membenci diri sendiri. Jika ditanya alasannya, mungkin kamu akan sulit menjawabnya dengan jelas. Namun tenang saja, Seruni akan memberikan cara agar kamu lebih nyaman menjadi diri sendiri. Tentunya dimulai dari hal yang paling mudah terlebih dahulu, apa saja?

 

1. Percayalah Bahwa Dirimu Pantas Dicintai

Seperti yang tertulis dalam buku ‘How to Respect Myself’, tahu bahwa diri pantas dicintai adalah konstruksi dasar agar cinta dapat terus berjalan. Cinta tak akan bisa sempurna jika konstruksi patas. Jadi, cobalah sadari dan yakini bahwa kamu pantas untuk dicintai. Ketika kamu sudah meyakini hal ini, maka kamu bisa memiliki keteguhan hati yang lebih kuat. Sehingga tidak menggantungkan diri selama pada orang lain hanya untuk dicintai.

 

2. Maafkan Kesalahan Diri di Masa Lalu

Agar kamu lebih nyaman menjadi diri sendiri, maafkanlah segala kesalahan yang terjadi di masa lalu. Entah yang diperbuat oleh diri sendiri pun orang lain. Sebab, jika tidak memafkan kesalahan orang lain saja sudah membuat hidup tidak tenang, lantas bagaimana jika tidak memaafkan diri sendiri? Jadi, berhentilah menghakimi diri sendiri atas segala yang telah terjadi di masa lampau. Ingatlah, semua berawal dari ketidaktahuan. Seandainya sejak awal kita selalu tahu mana yang benar dan salah, kita tentu tidak akan melakukan kekeliruan.

 

3. Jangan Biarkan Sikap Buruk Orang Menentukan Kebahagiaanmu

Dalam konteks ini, bukan berati kamu harus selalu kebal dengan sikap buruk orang lain. Namun, jangan pula cepat terluka atas perlakuan buruk mereka. Meski terkadang sikap mereka keterlaluan, tapi kamu perlu membangun pertahanan diri. Kaget sedikit adalah hal yang otomatis kamu rasakan. Akan tetapi, agar kamu tidak terlalu memikirkannya, katakan pada diri sendiri, bahwa sikap buruk mereka tidak menentukan kebahagian dirimu.

 

4. Sadari Bahwa Setiap Orang Memiliki Stresor yang Berbeda

Kamu tidak perlu merasa rendah diri di saat kamu mudah sekali stres terhadap sesuatu yang terlihat sepele di mata orang lain. Sebab, setiap orang memiliki toleransi stres yang berebeda. Apa yang membuat kita stres, bisa jadi adalah hal yang biasa bagi orang lain, begitu sebaliknya.

Manakala kita tidak bisa menghindari situasi yang membuat stres, kita tidak perlu mencemaskan secara berlebihan. Karena tanpa kehadiran stres, mungkin kita tidak akan menjadi manusia yang lebih dewasa yang mampu berpikir secara bijak. Jadi, anggaplah hal tersebut sebagai proses pendewasaan.

 

5. Menghargai Apa yang Telah Kamu Lakukan Selama ini

Kamu tidak perlu menjadi wonder woman untuk terlihat bahwa kamu hebat. Kamu adalah orang yang hebat tanpa perlu menjadi orang lain. Sebab, kamu telah mampu melalui berbagai hal yang kamu anggap itu berat. Apresiasilah diri sendiri, sekecil apapun hal yang telah kamu lakukan. Bahkan, setiap niat baik yang belum terlaksana pun harus tetap kamu apresiasi karena paling tidak, kamu tidak memiliki niat yang buruk.

 

6. Tampil Sesuai dengan Keinginan

Agar kamu lebih nyaman menjadi diri sendiri, perhatikanlah setiap penampilanmu. Pastikan kamu mengenakan pakaian yang menurutmu nyaman dan jangan lupa untuk merawat diri sebaik mungkin. Tak perlu mempedulikan apa yang dikatakan oleh orang lain tentang penampilanmu, karena hanya kamu yang tahu mana yang terbaik untuk dirimu. Selain itu, lakukanlah kebiasaan-kebiasaan yang bisa membantu menjaga kondisi tubuhmu agar tetap sehat. Sehingga kamu akan lebih nyaman menjadi diri sendiri.

 

7. Mencoba Berani Mengutarakan Pendapat

Sering merasa takut untuk mengutarakan ide di forum diskusi? Coba deh katakan pada diri sendiri bahwa kesempatan tidak akan datang dua kali, kamu tidak akan tahu kalau belum mencobanya. Agar kamu lebih nyaman menjadi diri sendiri, kesampingkanlah rasa takut ide ditolak atau pendapatmu berbeda dengan yang lain.

Baca Juga: 6 Cara Mengapresiasi Diri Atas Kerja Keras yang Dilakukan

Jadi, itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar lebih nyaman menjadi diri sendiri. Yuk mulai hadirkan cinta yang lebih banyak lagi untuk diri sendiri. Belum terlambat kok untuk kembali mencintai dirimu lebih utuh lagi. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan