6 Fakta unik Seputar Anak Kembar

6 Fakta unik Seputar Anak Kembar

Seruni.id – Anak kembar kerap dianggap lebih spesial. Bagaimana tidak, wajah mereka yang serupa, hingga ke suaranya yang hampir mirip, membuat mereka sulit dibedakan satu sama lain. Menariknya, ada beberapa hal unik yang hanya bisa dialami oleh mereka.

6 Fakta unik Seputar Anak Kembar

Sebagai contoh, ada yang mengatakan bahwa mereka memiliki kemampuan telepati satu sama lain. Selengkapnya kamu bisa menyimak beberapa fakta unik seputar anak kembar yang sudah diteliti dan terbukti ilmiah, sebagai berikut:

1. Memiliki Sidik Jari yang Berbeda

Kita kerap dibuat kesulitan untuk membedakan antara satu dengan yang lain. Sebab, kebanyakan dari mereka memiliki banyak persamaan. Selain wajah, postur tubuh atau suara, mereka juga sering kali mengenakan pakaian serupa, hingga membuat orang sulit untuk membedakannya.

Meski demikian, ada satu dari bagian tubuh mereka yang tidak sama, yakni sidik jari. Faktanya setiap orang memiliki sidik jari yang unik dan berbeda satu sama lain. Dan hal yang sama juga berlaku bagi saudara kembar. Walaupun mereka memiliki wajah dan penampilan yang sama, tapi sidik jari mereka tidak akan pernah sama.

2. Sudah Mulai Melakukan Interaksi Ketika Usianya Masih Belasan Minggu

Pada tahun 2011 silam, peneliti di Umberto Castiello, University of Pdaova di Italia mempelajari video 3D, di mana video tersebut memperlihatkan bayi yang serupa di dalam kandungan.

Pada minggu ke-14 kehamilan, bayi kembar tersebut tampak meraih satu sama lain, kemudian pada minggu ke-18, mereka lebih sering menyentuh saudaranya daripada tubuh mereka sendiri. Bahkan, menurut analisis yang dilakukan, janin tersebut akan jauh lebih lembut ketika menyentuh bagian mata saudaranya.

3. Cerminan Satu Sama Lain

Walaupun mereka tampak sama, tapi mereka sebenarnya adalah cerminan satu sama lain. Hal ini karena 25% anak kembar berkembang secara berhadapan selama di dalam kandungan, inilah yang kemudian menjadi cerminan satu sama lain. Contohnya, jika si kakak memiliki tanda lahir di tangan kanan maka adiknya mungkin akan memiliki tanda lahir dengan bentuk persis sama di tangan kiri.

4. Bicara dengan Bahasa Mereka Sendiri

Kalian mungkin pernah melihat anak kembar yang sedang “mengobrol”, kan? Meski sekilas terdengar seperti ocehan tanpa arti, tapi pada kenyataannya 40% dari mereka bicara dengan bahasa mereka yang hanya dipahami oleh satu sama lain. Bahasa ini dikenal dengan istilah cryptophasia. Bahasa ini bertahan hingga keduanya mulai bicara dalam bahasa ibu mereka.

5. Gen Kembar dalam Keluarga Bisa Menurun

Banyak yang mengatakan, bahwa jika salah satu keluarga ada yang memiliki anak kembar, maka kamu pun memiliki peluang untuk melahirkan anak kembar juga, loh. Ternyata hal ini bukan hanya sekadar mitos belaka, melainkan sebuah fakta. Bukan hanya itu, mereka yang kembar pun berpotensi dua kali lebih besar untuk memiliki anak kembar.

6. Anak Kembar Belum Tentu Bisa Telepati

Banyak orang menganggap bahwa anak kembar memiliki kemampuan telepati. Bahkan terkadang, salah satu kembar mengalami sensasi fisik yang mencerminkan apa yang sedang terjadi pada kembar lainnya (seperti nyeri persalinan atau serangan jantung). Di lain waktu, mereka menemukan bahwa mereka melakukan tindakan yang sama ketika mereka terpisah, seperti membeli barang yang sama, memesan makanan yang sama di sebuah restoran, atau mengangkat telepon untuk membuat panggilan pada saat yang sama.

Mereka seperti tahu isi pikiran satu sama lain, dengan berbicara bersamaan atau menyelesaikan kalimat masing-masing. Namun, puluhan tahu lalu, para pakar dan ilmuan membuktikan, bahwa tidak ada bukti ilmiah kuat dan terpercaya mengenai telepati ini. Baik di populasi manusia umum atau khusus di antara anak kembar. Meski bukti-bukti ilmahnya tak memadai, pengalaman-pengalaman pribadi tetap tidak bisa dipungkiri. “Telepati” antar anak yang serupa terjadi untuk alasan yang tidak jelas, beberapa percaya kalau itu hanyalah insting alami kakak-adik yang jauh lebih kuat.

Baca Juga:7 Faktor Utama yang Menjadi Peluang Hamil Anak Kembar

Selain dua orang yang memiliki kemiripan saat dilihat, ternyata anak yang sarupa juga menyimpan banyak rahasia unik di baliknya, ya. Bahkan, kalau kamu belum tahu, kembar itu sendiri masih dibagi ke dalam beberapa jenis yang berbeda loh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.