7 Amalan Sederhana untuk Meraih Pahala di Bulan Ramadhan

  • Bagikan
7 Amalan Sederhana untuk Meraih Pahala di Bulan Ramadhan
islami.co

Seruni.id – Memasuki bulan Ramadhan, segala ibadah yang kita lakukan akan dilipatgandakan pahalanya, loh. Termasuk beberapa amalan sederhana. Karena bulan yang penuh dengan keberkahan ini hanya datang satu kali dalam setahun, maka dari itu kita harus memanfaatkan momen ini sebaik-baiknya.

7 Amalan Sederhana untuk Meraih Pahala di Bulan Ramadhan
liputan6.com

Sebab, kita tidak pernah tahu, apakah di tahun yang akan datang kita masih bisa bertemu dengan bulan Ramadhan atau tidak. Adapun amalan sederhana untuk meraih pahala di bulan Ramadhan yang bisa kita lakukan adalah sebagai berikut:

1. Memperbanyak Zikir dan Shalawat

Sebenarnya berzikir bisa dilakukan kapan pun, tapi ketika kita memperbanyak zikir atau menyebut asmaul husna dan kalimat toyibah di bulan Ramadhan, maka Allah akan lebih menyukainya. Kamu bisa melakukan zikir pagi dan petang setiap hari. Apalagi zikir tersebut bisa dilakukan kurang dari 5 menit, kamu bisa melantunkan ucapan yang memuji Allah dan mendapatkan pahala yang berlipat-lipat ganda. Selain berzikir, jangan lupa bershalawat pada Nabi Muhammad saw yang bisa dibalas berkali lipat pahalanya. Bahkan, amalan ini bisa dilakukan saat sedang bersantai, loh.

2. Tadarus

Amalan sederhana untuk meraih pahala di bulan Ramadhan berikutnya adalah tadarus Al-Qur’an. Kalau selama ini kamu tidak memiliki banyak waktu untuk membaca Al-Qur’an, maka di bulan yang penuh berkah ini ada baiknya dimanfaatkan untuk bertadarus, ya. Jika memungkinkan, kamu bisa mengkhatamkannya, karena di bulan ini menjadi momen yang paling pas untuk menyelesaikan bacaan Al-Qur’an hingga juz paling akhir. Seorang muslim yang dapat menyelesaikan bacaan Al-Qur’an di kala bulan Ramadhan akan memiliki keistimewaan, yakni Allah SWT akan melipatgandakan pahalanya. Tentu saja, khatamkan bacaan Al-Qur’an dengan cara yang baik dan benar.

3. Sedekah

Sebenarnya amalan sederhana ini sangat dianjurkan untuk dilakukan, sekalipun di luar bulan Ramadhan. Namun, ketika kamu melakukannya di bulan Ramadhan, maka pahalanya akan berlipat. Sedekah tak melulu berbentuk materi, bisa dengan hal lainnya. Berdasarkan hadist, sedekah dapat dilakukan dengan tersenyum kepada sesama, menjalin silaturahmi dengan kerabat, menjauhkan pikiran dari prasangka buruk, memberikan informasi, dan memberikan sumbangan pemikiran kepada yang membutuhkan.

Rasulullah adalah suri tauladan yang patut dicontoh oleh umat muslim, sebab beliau semakin dermawan saat bulan Ramadhan. (HR. Al-Bukhari No. 4771 dan Muslim No. 2307). Anda dapat mencontoh Rasulullah dengan memberikan hidangan berbuka puasa kepada orang yang membutuhkan.

4. Perbanyak Berdoa

Doa tidak hanya saat selesai shalat saja, ya. Kita bisa melakukannya kapan saja, apalagi dalam keadaan berpuasa. Seperti sabda Rasulullah SAW yang berbunyi,

“Ada tiga manusia yang doa mereka tidak akan ditolak: Doa orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil dan doa orang yang teraniaya.” (HR At Tirmidzi)

Kamu bisa memperbanyak doa saat masih puasa. Jangan lupa untuk berdoa agar terhindar dari siksa api neraka dan agar amal ibadah yang selama ini dilakukan bisa diterima Allah SWT.

5. Memberi Makanan untuk Berbuka

Menurut HR Tabhrani, Nabi SAW pernah bersabda,

“Barangsiapa memberi makanan atau minuman untuk berbuka puasa kepada orang yang berpuasa dari harta yang halal, maka para malaikat mendoakannya di jam-jam bulan Ramadan dan Jibril juga mendoakannya di malam Lailatul Qadar.”

Tak heran kalau banyak orang yang berlomba-lomba memberikan makanan untuk berbuka kepada mereka yang berpuasa. Jika dirasa buka on the road cukup merepotkan, tak ada salahnya untuk memberikan kepada tetangga terdekat dan tukang makanan yang sedang keliling di sekitaran rumah. Kalaupun tak ada menu bukaan yang lengkap, sekadar takjil dan air mineral pun tetap berguna dan pastinya, dihitung banyak pahala.

6. Perbanyak Shalat Sunnah

Shalat sunnah adalah salah satu amalan sederhana dan ibadah yang menjadi sumber pahala berikutnya. Walaupun tidak wajib, tapi melaksanakan shalat sunnah akan menambah pahalamu di bulan puasa. Sebab, segala amal dan ibadah yang dilakukan selama bulan Ramadhan akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Salah satu shalat sunnah yang menjadi ciri khas dari bulan Ramadhan adalah shalat tarawih. Shalat tarawih merupakan shalat sunnah yang dapat dilakukan secara berjamaah ataupun sendiri di rumah. Namun, pada umumnya shalat tarawih ini merupakan ibadah sunnah yang dikerjakan secara berjamaah di masjid.

7. Zakat

Zakat adalah salah satu amalan sederhana dan ibadah yang menjadi sumber pahala saat bulan Ramadhan. Selain menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan, umat muslim juga diwajibkan untuk membayar zakat. Amalan yang satu ini merupakan amalan yang dapat menyempurnakan ibadah Anda di bulan Ramadhan. Sesuai hukumnya, zakat ini dapat dibayarkan sebanyak 2,5 persen dari harta yang tersimpan selama satu tahun.

Baca Juga: 8 Manfaat Tadarus Al-Qur’an di Bulan Ramadhan

Itulah beberapa amalan sederhana untuk meraih pahala di bulan Ramadhan. Yuk berlomba-lomba untuk meraih pahala di bulan penuh berkah ini.

  • Bagikan
seruni.id