Gong Li Artis Tiongkok Pemeran dalam Film Mulan

Gong Li Artis Tiongkok Pemeran dalam Film Mulan

Seruni.id – Gong Li adalah salah satu aktris senior asal Republik Rakyat Tiongkok yang telah membintangi sejumlah judul film. Bagi pencinta drama Tiongkok, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan sosoknya. Wanita kelahiran 31 Desember 1965 ini, cukup populer di khalayak luas berkat perannya sebagai seorang geisha Jepang tahun 1930-an dalam film Memories of a Geisha (2005).

Gong Li Artis Tiongkok Pemeran dalam Film Mulan

Belum lama ini, Gong Li diketahui membintangi film live-action berjudul ‘Mulan’ yang disutradarai oleh Niki Caro. Di mana dalam film tersebut Gong Li berperan sebagai Xian Lang, yakni seorang penyihir yang kuat. Untuk kamu yang ingin tahu lebih jauh mengenai Gong Li, berikut Seruni akan mengulas profilnya secara lengkap. Simak di bawah ini, yuk!

Biodata

Nama: Gong Lie (Hanzi Sederhana: 巩俐; Hanzi tradisional: 鞏俐; pinyin: Gǒng Lì)

Tanggal Lahir: Shenyang, Liaoning, 31 Desember 1965 (usia 55 tahun)

Profesi: Aktris

Tahun Aktif: 1987-sekarang

Pasangan: Jean Michel Jarre (menikah tahun 2019), Ooi Hoe Soeng (menikah tahun 1996-2009)

Anak: Mamoru Yuki Chung Li

Perjalanan Karier Gong Li

Gong Li adalah anak bungsu dari lima bersaudara. Ia terlahir dari pasangan ekonom dan guru. Perjalanan kariernya bermula ketika ia melanjutkan pendidikannya di Akedemi Drama Pusat bergengsi di Beijing, pada tahun 1985. Dua tahun kemudian Gong Li tak sengaja bertemu dengan seorang sutradara bernama Zhang Yimou dalam pementesan yang drama di sekolahnya.

Pertemuan itulah yang menjadi jalan pembuka baginya hingga menjadi aktris populer hingga saat ini. Pada saat itu, Gong Li mendapatkan pengakuan internasional melalui debutnya di film Red Sorghum (1987). Dalam film itu, Gong Li berperan sebagai wanita perkasa yang harus berusaha sekuat mungkin untuk mengambil alih kekuasaan yang dirampas oleh musuh dari suaminya yang telah meninggal.

Gong Li telah banyak membintangi sejumlah film garapan Sineas China. Namun, ia semakin berjaya dan menempatkan dirinya sebagai bintang dunia dan menempatkan filmnya The Emperor And the Assassin (1999), menjadi film termahal di Asia. Film epik bersetting masa feodal China pada 3 SM itu, menceritakan penguasa pertama di China (Li Xuejian) yang akan membunuh sang penguasa (Zhang Fengyi) dan wanita yang dicintainya, yang diperankan Gong Li.

Tahun 2003, kariernya semakin melesat, Gong Li benar-benar mendunia, sehingga ia banyak dilirik oleh sutradara ternama. Film Zhou Yu’s Train (2003), The Hand (2003) dan Eros (2004), digarap Wong Kar Wai, Steven Sodenbergh dan Michelangelo Antonioni yang notabenenya sutradara sekaliber dunia. Gong Li juga bekerja bersama dengan Wong Kar Wai dalam film epik berjudul 2046 (2005), In The Mood For Love (2001) dan film terkenalnya Memories of a Geisha (2005), yaitu film kontroverisal yang bercerita tentang gadis Jepang miskin yang menerima banyak pendidikan untuk memikat para pria.

Li seperti menjadi cahaya bagi Asia dan menyusul bintang-bintang Asia yang bersinar di Hollywood, bersama aktor Jamie Foxx dan Colin Ferrell membintangi film Miami Vice (2006) dan Behind The Mask (2006).

Pindah Kewarganegaraan

Sejak November 2008 lalu, Gong Lie ternyata sudah berganti status kewarganeraannya menjadi warganeraga Singapura. Perpindahan kewarganegaraannya ini, ia lakukan lantaran suaminya, Ooi Hoe Seong yang dinikahinya pada 1996 silam merupakan warga negeri kecil itu. Karena suaminya adalah seorang pengusaha ternama, sehingga mau tidak mau Gong Li harus ikut dengan sang suami, hingga berpindah kewarganegaraan.

Namun, hal ini justru memicu amarah warga China. Bahkan, saat itu Gong Li disebut-sebut sebagai pengkhianat. Ungkapkan kekecewaan itu dilontarkan publik antara lain melalui situs internet. “Bukankah dia selama ini mendapatkan uang dari China,” tulis seorang warganet saat itu.

Bahkan, di Singapura pun, awalnya ia juga sempat memancing amarah publik. Sebab, ia tidak hadir dalam upacara pemberian kewarganegarannya. Banyak yang berpikir bahwa Gong Li tidak menghormati tanah air barunya.

Menikah dengan Komposer Gaek Asal Perancis

Pernikahannya dengan pengusaha asal Singapura hanya bertahan selama 13 tahun. Namun, kabarnya Gong Li sekarang sudah memiliki pendamping lagi, loh. Menurut sumber terpercaya, kini Gong Li telah menikah dengan komposer asal Perancis, Jean Michel (70). Ini menjadi pernikahan kedua baginya.

Deretan Film Terbaik yang Pernah Diperankan oleh Gong Li

Aktirs berkharisma ini sudah membintangi sederet film China klasik dengan peran realistik. Aktingnya di layar kaca, sepertinya tak perlu diragukan lagi. Nah, berikut ini ada sederet judul fim terbaik yang pernah diperankannya.

Memoirs of a Geisha

Film yang diperankan oleh Gong Li ini sempat booming pada tahun 2005 lalu. Bahkan, ia berhasil meraih sederet penghargaan, loh. Di antaranya Golden Globe Award for best original score dan BAFTA Award for best original music. Dalam film Memories of a Geisha, Gong Li beradu akting dengan aktris tenar Asia lainnya, seperti Michelle Yeoh, Zhang Ziyi, dan Ken Watanabe.

Chiyo Sakamoto, gadis berusia 19 tahun dijual oleh keluarganya ke rumah geisha. Keluarganya sengaja menjual Chiyo untuk mendapatkan uang sebagai bekal menjalani hidup sehari-hari. Chiyo dipaksa untuk menjalani hari-hari yang aneh dan tidak menyenangkan. Namun, nasibnya mulai berubah ketika bertemu dengan Mameha.

Curse of the Golden Flower

Film Curse of the Golden Flower dirilis di bioskop pada tahun 2006. Melalui film ini, ia memenangkan penghargaan Hong Kong Film Award for best actress. Dalam film yang disutradarai Zhang Yimou ini, ia beradu akting dengan Jay Chou, Chow Yun-fat, Liu Ye, dan Li Man. Hidup Phoenix, istri Kaisar Ping tidaklah semenyenangkan ratu lainnya. Phoenix harus rela menerima siksaan saban harinya dari sang kaisar. Aksi diamnya tidak berarti kalah! Phoenix menyusun strategi untuk menggulingkan posisi suaminya dari tahtah kerajaan.

Raise the Red Lantern

Kamu penasaran dengan aksinya saat masih muda? Kamu bisa menyaksikan film Raise the Red Lantern. Film ini dirilis pertama kali di bioskop pada tahun 1991. Melalui film ini ia berhasil menyebet penghargaan Hundred Flowers Award for best actress. Dalam film ini dia berperan sebagai Songlian. Keluarga Songlian mulai menjalani kehidupan yang berat pasca meninggalnya sang ayah. Berparas cantik, Songlian pun menjadi selir Mr.Chen yang kaya raya. Sayang, Songlian bukalah selir satu-satunya. Ia harus bersaing dengan para selir lainnya untuk mendapatkan kasih sayang Mr.Chen.

God of Gamblers III: Back to Shanghai

Film ini merupakan serial dari franchise film God of Gamblers. Film ini tayang perdana di bioskop pada tahun 1991. Dalam film ini ia bermain dengan aktor tenar Stephen Chow, Ng Man-tat, dan Charles Heung. Film ini berhasil menembus box office dengan membukukan pendapatan sekitar HK$31,36 juta.

Baca Juga: Kisah Cinta yang Dipisahkan Oleh Komunis China

Itulah profil lengkap Gong Li besrta deretan film terbaiknya selain “Mulan,” yang bisa Seruni rekomendasikan untuk ditonton. Nah, menurut kebanyakan orang, ia memiliki wajah yang hampir mirip penyanyi Indonesia bernama Inna Kamarie, loh. Bahkan, tak sedikit pula yang mengatakan kalau wajahnya mirip dengan chef Renata. Bagaimana menurutmu? Bagi kamu yang penasaran dengan sosoknya, kamu bisa mengunjungi laman Instagram Gong Li di @officialgongli. Di sana kamu akan menemukan potret dirinya yang begitu memukau.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.