Titik Pijat pada Tubuh yang Efektif Redakan Sakit Kepala

  • Bagikan
Titik Pijat pada Tubuh yang Efektif Redakan Sakit Kepala
health.kompas.com

Seruni.id – Setiap orang tentunya pernah merasakan sakit kepala. Ketika merasakan ini, mungkin kita akan segera minum obat untuk meredakannya. Namun, jika pusing tak kunjung hilang, kamu tidak perlu khawatir. Karena kamu bisa mengatasinya dengan memijatnya. Yakni dengan menemukan titik pijat pada tubuh, yang dipercaya efektif untuk meredakan sakit kepala.

Titik Pijat pada Tubuh yang Efektif Redakan Sakit Kepala
yakinsehat.id

Meski demikian, tidak semua orang mengerti teknik memijat yang benar, maka dari itu Seruni akan merangkum beberapa titik pijat yang bisa mengatasi sakit kepala beserta caranya.

1. Pergelangan Kaki

Untuk meredakan sakit kepala yang tak kunjung hilang, kamu bisa memijat pergelangan kaki, pada bagian kanan atau kiri. Meredakan sakit kepala pada titik pijat yang satu ini, bisa kamu lakukan dengan mudah. Kamu cukup menekan bagian pergelangan kaki selama 4-5 detik saja, lalu pijatlah dengan gerakan memutar perlahan tapi kuat. Meski sederahan, tapi cara ini dipercaya ampuh untuk menghilangkan stres penyebab sakit kepala.

2. Telapak Tangan

Titik pijat yang satu ini juga dipercaya ampuh untuk mengatasi sakit kepala. Cara melakukannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menekan daerah tersebut hingga terasa sakit selama 10 detik dan lepaskan. Lakukan secara berulang pada bagian tersebut sambil memutarkannya searah jarum jam selama 10 detik dan ke arah sebaliknya selama 10 detik juga. Setelah itu, ulangi cara yang sama pada tangan yang satunya.

3. Tulang Hidung di Antara Kedua Mata

Titik pijat selanjutnya yakni berada di tulang hidung di antara kedua mata. Untuk memijatnya, cukup gunakan ibu jari dan telunjuk, kemudian tekan secara perlahan tapi kuat pada tulang hidung bagian atas, tak perlu lama-lama hanya sekitar 10 detik saja. Setelah itu, lepaskan dan ulangi cara yang sama dengan pijatan kecil secara bersamaan. Pijatan pada tulang hidung ini, diklaim mampu meredakan rasa sakit kepala akibat sinusitis atau mata lelah karena terlalu lama menatap gadget.

4. Bahu atau Pangkal Leher

Banyak sekali titik pijat yang ampuh untuk meredakan sakit kepala, salah satunya pada bagian bahu atau pangkal leher. Untuk memijat bagian ini, mintalah bantuan orang lain agar lebih mudah. Kemudian tekan kedua bahu atau pangkal leher selama 1 menit sambil memijatnya perhalan. Lakukan teknik pemijatan ini secara berulang, untuk meredakan sakit kepala sekaligus mengurangi ketegangan leher dan bahu.

5. Tengkuk Leher

Jika dirasa cara di atas belum juga meredakan pusing, kamu juga bisa mennggunakan kedua jari telunjuk untuk memijat bagian tengkuk leher atau tepat batas kulit kepala bagian belakang. Tekan bagian tengkuk leher tersebut selama sekitar 10 detik lalu lepaskan dan lakukan berulang kali karena cara ini mampu meredakan migrain dan leher tegang.

6. Pijat Memutar di Pelipis

Cara yang berikut ini mungkin sudah sering dilakukan oleh banyak orang, yakni pijat memutar di bagian pelipis. Meski sudah sering dilakukan, mungkin saja cara yang kamu gunakan kurang tepat. Dan cara terbaiknya adalah tekan dan pijat memutar kedua pelipis menggunakan jari telunjuk secara bersamaan. Titik pijat yang satu ini dipercaya ampuh untuk meredakan sakit kepala akibat migrain.

Baca Juga: Jangan Keliru! Inilah Perbedaan Pusing dan Sakit Kepala

Jadi, itulah beberapa titik pijat yang ampuh untuk mengatasi sakit kepala. Jika suatu saat kamu mengalami sakit kepala, cobalah terapkan pijatan pada titik tersebut, ya. Yakinlah kamu akan terbebas dari rasa sakit kepala tanpa perlu minum obat. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan
seruni.id