Hanya Dua Bahan, Ini Cara Membuat Shampo Homemade Atasi Rontok

Hanya Dua Bahan, Ini Cara Membuat Shampo Homemade Atasi Rontok

Seruni.id – Shampo homemade untuk mengatasi rambut rontok kini bisa kamu buat sendiri di rumah, dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan cara pembuatannya yang simpel sekali.

Hanya Dua Bahan, Ini Cara Membuat Shampo Homemade Atasi Rontok

Shampo Homemade untuk Rambut Rontok

Rambut rontok menjadi masalah yang susah-susah gampang diatasi. Meski banyak produk yang menawarkan cara mengatasi rambut rontok, tapi nyatanya tidak smua orang berhasil dengan satu produk yang sama.

Sebab, kulit kepala manusia dan penyebab kerontokan itu sendiri berbeda-beda. Namun, kamu bisa membuat shampo homemade untuk mengatasinya. Dijamin ampuh, apalagi kamu hanya memerlukan dua bahan alami. Yakni santan dan minyak zaitun.

Perlu kamu tahu, bahwa santan kaya akan nutrisi, dengan kandungan asam laurat, vitamin B12, zat besi, seng, protein, magnesium, vitamin C, fosfor, dan kalium. Sebuah penelitian menunjukkan kekurangan nutrisi mikro seperti vitamin dan mineral bisa menyebabkan rambut rontok. Maka, santan dapat mengatasi masalah tersebut.

Untuk bisa mendapatkan santan tersebut, kamu bisa membuatnya dari parutan kelapa kemudian memerasnya hingga menghasilkan cairan yang dinamakan santan. Atau kalau kamu tidak ingin repot memarut kelapa, kamu bisa menggunakan santan kemasan siap pakai atau bubuk santan yang sudah banyak tersedia di pasaran.

Cara Membuat Sampo Anti Rontok

Shampo homemade tersebut tidak hanya berbahan santan saja, ya. Perawatan rambut yang satu ini bisa kamu padukan dengan minyak zaitun secukupnya. Seperti yang kita tahu, minyak zaitun memiliki segudang manfaat yang luar biasa. Minyak zaitun mengandung oleuropein yang ditemukan dapat menginduksi pertumbuhan rambut. Perpaduan santan dan zaitun dalam shampo untuk rambut rontok akan membuat rambut lembut dan mudah mengaturnya. Langsung saja yuk simak cara membuat shampo homemade anti rambut rontok dari bahan-bahan alami:

Bahan-bahan:

  • 1 sendok makan madu
  • 1 sendok makan minyak zaitun atau secukupnya
  • 4 sendok makan santan
  • Topi mandi

Cara membuat:

  • Pertama-tama, siapkan wadah denagn ukuran sedang, kemudian masukkan empat sendok makan santan, minyak zaitun, serta madu.
  • Kemudian, ketiga bahan tersebut dipanaskan terlebih dahulu, kurang lebih selama dua menit.
  • Jika sudah hangat, barulah kamu bisa mengoleskan pada rambut sambil memijatnya perlahan, mulai dari kulit hingga ujung rambut.
  • Biarkan selama satu jam, dan tutupi rambutmu dengan topi mandi.
  • Bilas campuran dengan shampo homemade dan selesaikan dengan kondisioner.
  • Agar hasilnya lebih maksimal, ulangi cara ini seminggu sekali, ya.

Baca Juga: 10 Makanan yang Dapat Menutrisi Rambut Rontok

Ternyata untuk mengatasi rambut rontok tidaklah sesulit yang kita bayangkan selama ini. Hanya dengan membuat shampo homemade dengan bahan alami, rambut rontok pun menghilang. Nah, buat kalian yang memiliki masalah rambut rontok dan bercabang, coba yuk lakukan cara ini. Setelah itu, tulis hasilnya di kolom komentar. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.